fbpx

Asuransi bukan kesehatan saja

Saya menemukan bahwa hampir 95% masyarakat memandang asuransi hanya sebatas asuransi kesehatan. Ini pandangan yang sangat normal karena dari dahulu, para pelaku asuransi hanya menekankan pada hal ini. Namun sebenarnya ada hal yang jauh lebih mahal dibanding biaya rumah sakit!

Memiliki platform asuransi kesehatan yang tinggi adalah hal yg baik, namun yang perlu diperhatikan adalah seberapa tinggi. Karena apabila terlalu tinggi juga kurang bijak apabila kita juga tidak akan menggunakan sampai setengah dari platform maksimal tersebut. Disisi lain, biaya untuk memilik platform yang tinggi juga tidaklah rendah. Disini saya melihat jikalau memiliki platform asuransi kesehatan yang tinggi bukan lah prioritas utama dalam memilih asuransi pertama kali.

Saat menentukan asuransi yang tepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang kita butuhkan dan manfaat mana yang menjadi prioritas. Mari kita coba pikirkan, disaat kita berbicara mengenasi resiko hidup, resiko besar (kanker, jantung, stroke) yang kita lebih takutkan atau resiko kecil (DBD, usus buntu)? Tentu jawaban nya adalah resiko besar! Coba kita ambil contoh seorang pilot. Apabila dia terkena stroke, dia akan kehilangan kemampuan nya untuk menerbangkan pesawat. Ia bahkan tidak dapat beraktifitas normal lagi. Apabila dia tidak dapat menerbangkan pesawat, Menurut anda apakah maskapai tempat ia bekerja akan tetap membayar gaji sang pilot seperti normal? TENTU TIDAK! Asuransi kesehatan akan membayarkan seluruh perawatan beliau di rumah sakit, namun bagaimana dengan penghasilan nya? Penghasilan sang pilot yang membuat beliau mampu membayar biaya hidupnya sehari-hari, cicilan rumah, cicilan mobil, pendidikan anak bahkan asuransi kesehatan. Bagaimana sang pilot menutupi biaya – biaya tersebut? Pada akhirnya ia akan menggunakan asset yang ia miliki. Namun apakah menurut anda saat ia membeli sebuah properti peruntukan nya untuk dijual saat ia terkena resiko hidup? TENTU TIDAK!

Saya ambil contoh lagi seorang pengusaha. Sejauh ini, saya belum menemukan pengusaha yang memegang uang kas dalam jumlah besar untuk didiamkan di rekening. Pada umumnya, para pengusaha akan memutarkan uang tersebut untuk membersarkan usahanya atau untuk diinvestasikan. Lahan investasinya tersebut juga bukan lah yang jangka pendek, melainkan investasi jangka panjang (property, saham dll). Apabila resiko datang, apakah seluruh komponen biaya dapat menunggu sebuah property untuk terjual? TENTU TIDAK! Banyak yang perpikir dengan memiliki banyak property, aset mereka tersebut dapat dipakai dalam keadaan darurat. Sedangkan untuk menjual sebuah property tidaklah cepat apalagi jika ingin mendapat harga bagus. Usaha mereka pun akan terganggu dengan ketidak hadiran sang pemilik, sang pemilik hanya bisa berharap pada dividen yang didapat dari saham yang mereka miliki. Itupun apabila usaha tersebut sudah di tahap dewasa dimana sang pemilik tidak banyak kontribusi. Masalah kebutuhan uang kas keras saat resiko datang tidak dapat dihindari!

Biaya rumah sakit memang besar, tapi disisi lain ada biaya lain yang jauh lebih besar yaitu potensi hilangnya penghasilan saat produktifitas kita terganggu! Hanya ada 3 hal yang dapat mengganggu produktifitas kita, yaitu sakit keras, kecelakaan dan meninggal. Apabila kita mengambil proteksi terhadap hal-hal tersebut, maka itu adalah proteksi yang tepat! Kita juga harus tau berapa yang kita mau diproteksi saat resiko tersebut datang! Uang tersebut harus sesuai dengan potensi hilangnya penghasilan kita. Dengan uang tunai dalam jumlah besar, kita dapat menggunakan nya untuk begitu banyak hal! Beda dengan asuransi kesehatan yang membayar ke rumah sakit, Asuransi penghasilan membayar ke rekening kita sehingga kita dapat menentukan sendiri kegunaan uang tersebut! Ayo kita mulai lebih cerdas dalam menentukan asuransi yang kita butukah! #sadarasuransi

 

Michael Jonathan

Buss Consultant

2018-07-13T09:54:01+00:00

Leave A Comment

eight + 5 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link