Asuransi Jiwa

Pentingnya Asuransi Jiwa & Asuransi Umum Untuk Finansial Di Masa Depan

 Asuransi Jiwa

Meskipun saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi, namun tidak semua orang mengetahuinya dengan jelas. Banyak juga yang masih menyangka jika asuransi ini cukup mahal dengan manfaat yang tak begitu banyak diketahui. Padahal asuransi akan memberikan perlindungan jika kita mengalami sebuah risiko. Untuk anda yang masih ragu, yuk simak pentingnya asuransi jiwa & asuransi umum di masa depan baik finansial maupun lainnya.

Berkenalan Dengan Asuransi Lebih Dekat Beserta Pentingnya Asuransi

  1. Apa Itu Asuransi

Sebelum mengenal bagaimana asuransi ini penting, maka ada baiknya jika anda memahami dengan jelas apa itu asuransi. Asuransi merupakan suatu kontrak antara individu dengan suatu perusahaan asuransi. Dimana nantinya individu atau orang yang tertanggung akan mendapatkan perlindungan secara finansial atau penggantian kerugian ketika mengalami kejadian tertentu. Dan pihak individu harus membayar iuran atau yang dikenal dengan premi setiap bulannya.

Dan asuransi ini cukup banyak jenisnya, ada yang untuk perlindungan jiwa, pendidikan anak, kesehatan dan juga asuransi lainnya. Tujuannya tentunya menghindarkan kita dari risiko yang tidak terduga jika suatu saat datang tiba tiba. Misalnya ketika seseorang tiba tiba membutuhkan biaya pengobatan darurat yang tidak sedikit. Dan untuk mengatasi hal tersebut maka peranan asuransi akan sangat membantu di kondisi seperti ini.

Bukan hanya kesehatan saja, asuransi jiwa & asuransi umum juga sangat dibutuhkan. Intinya asuransi akan memberikan perlindungan dan menjamin kita, jika ada risiko yang terjadi dengan ketentuan dan syarat tertentu. Dan semakin hari semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya asuransi ini, sehingga pertumbuhan perusahaan asuransi juga semakin pesat. Hanya saja anda tetap harus memilih perusahaan asuransi yang terpercaya.

  1. Istilah Penting Dalam Asuransi

Pentingnya Asuransi JiwaTidak hanya mengenal pentingnya asuransi saja, anda juga harus tahu istilah istilah yang ada pada asuransi. Sebab jika anda tidak memahaminya maka akan membuat anda bingung. Beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi salah satunya adalah polis asuransi. Polis Asuransi merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan surat perjanjian. Surat perjanjian inilah yang nanti memuat ketentuan dan persyaratan anda membeli asuransi.

Istilah selanjutnya premi, premi sama dengan iuran atau sejumlah dana yang harus disetorkan setiap bulannya. Besarannya dana yang dibayarkan akan disamakan dengan polis yang telah disetujui bersama. Ada juga istilah Risk Based capital yang merupakan rasio untuk mengukur keamanan dan kesehatan perusahaan asuransi didasarkan pada modal mereka. Semua istilah ini tentunya akan digunakan pada asuransi jiwa & asuransi umum lainnya.

Tertanggung merupakan istilah untuk orang yang menjadi objek dalam pertanggungan sebuah asuransi. Secara sederhana bisa diartikan sebagai orang yang ditanggung atau yang diasuransikan jika terjadi sesuatu pada orang tersebut. Namun arti ini bisa tak sama untuk asuransi jiwa. Sebab tertanggung yang dimaksudkan merupakan orang yang terkena dampaknya, jika seseorang pemegang polis mengalami suatu kejadian tak terduga.

Uang Pertanggungan atau yang sering disingkat UP, merupakan nilai uang yang dicantumkan dalam polis asuransi dan akan dibayarkan penanggung (perusahaan asuransi) kepada pemegang polis. Istilah sederhananya merupakan uang ganti rugi apabila terjadi risiko. Polis Lapse istilah yang digunakan untuk penghentian penanggungan asuransi yang terjadi karena tidak membayar premi seperti yang sudah disepakati bersama.

  1. Pentingnya Asuransi

Masa depan merupakan sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Sehingga dengan menggunakan asuransi kita bisa mengurangi risiko yang bisa terjadi kapan saja. Baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa & asuransi umum lainnya bisa membantu untuk mengurangi risiko keuangan. Untuk mengumpulkan sejumlah uang yang jumlahnya mencapai ratusan atau milyaran. Sementara jika anda tergabung dalam sebuah asuransi maka tidak perlu khawatir.

Sebab jika terjadi risiko maka akan ditanggung oleh pihak asuransi. Misalnya ketika ada terjadi kecelakaan, tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar. Maka segala hal yang dibutuhkan dalam kecelakaan ini akan ditanggung oleh asuransi sekalipun anda baru saja bergabung. Inilah mengapa asuransi penting untuk menjaga agar keuangan anda tetap stabil ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan sesuai dengan perjanjian awal di polis.

Tidak hanya itu, asuransi juga akan melindungi keluarga anda. Terutama untuk anda yang merupakan tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa sungguh dibutuhkan. Jika sewaktu waktu anda harus meninggalkan keluarga selamanya, maka keuangan keluarga akan tetap terjamin. Sebab asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada keluarga yang akan menjadi pihak tertanggung agar bisa melanjutkan hidup.

Bukan hanya keluarga, asuransi juga bisa melindungi aset yang anda miliki. Aset atau barang berharga ini bisa berupa mobil, rumah, atau bangunan yang anda miliki. Sekali lagi kita tidak bisa menebak jika sewaktu waktu ada bencana atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Dengan adanya asuransi maka anda bisa melindungi semua aset yang anda miliki dari kerusakan atau kehilangan. Mengingat untuk mengumpulkan aset membutuhkan kerja keras yang luar biasa.

Asuransi jiwa & asuransi umum maupun asuransi lainnya juga bisa memberikan fungsi investasi untuk anda.Sehingga dana yang anda setorkan, tidak hanya untuk membayarkan premi namun juga untuk diinvestasikan oleh pihak asuransi. Apabila investasi yang dijalankan mengalami keuntungan, anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Dengan alasan ini, maka anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam berasuransi.

Membuat hati menjadi lebih tenang, merupakan tujuan utama mengapa anda harus memiliki asuransi. Ketenangan akan masa depan yang tidak bisa anda prediksi bisa anda dapatkan. Entah menyangkut kesehatan anda, aset, keluarga hingga hal hal lainnya. Mengingat ada juga asuransi untuk perjalanan anda, sehingga kemanapun anda melangkah dan menjalani hidup tidak perlu merasakan perasaan was was atau khawatir.

  1. Harus Asuransi Yang Terpercaya

Kini, perusahaan asuransi begitu menjamur di Indonesia. Anda bisa Asuransi Jiwa Dana warisanmenemukan dimana dimana dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Hanya saja anda tidak bisa begitu saja memutuskan untuk membeli asuransi tanpa melihat bagaimana kredibilitasnya. Mengingat tidak sedikit kasus penipuan yang ada di bidang asuransi. Sehingga anda harus berhati hati ketika menentukan untuk bergabung sebagai nasabah dalam perusahaan asuransi.

Langkah yang paling mudah untuk menentukan apakah perusahaan asuransi jiwa & asuransi umum atau lainnya sudah benar adalah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Anda juga bisa menentukan berdasarkan lama berdiri serta kekuatan yang dimiliki atau risk based capitalnya. Dengan begitu anda bisa menghindari hal hal yang tidak diinginkan dan juga bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Asuransi mungkin menjadi jalan keluar yang cerdas untuk mempersiapkan masa depan. Keuntungan yang berlipat bisa didapatkan terutama jika bergabung sejak masih muda.