Asuransi Motor

Agar Tidak Salah Pilih, Berikut Tips Memilih Asuransi Motor

Kendaraan pribadi merupakan satu dari sekian jenis aset berharga yang memiliki nilai jual tinggi. Dengan kata lain, sudah menjadi tugas sang pemilik untuk menjaganya tetap terawat dan memberikan perlindungan maksimal. Membeli asuransi jiwa & asuransi umum, disebut sebagai salah satu cara terbaik untuk memberikan perlindungan kepada aset yang dimiliki. Banyaknya perusahaan yang menawarkan asuransi serupa, berikut tips memilihnya.

Tips Sederhana Memilih Asuransi Bagi Kendaraan Roda Dua

  1. Mengetahui Kredibilitas Perusahaan

Tidak ada yang lebih penting dari mengetahui seberapa kredibilitas perusahaan asuransi sebelum menggunakan produknya. Sebab kian bertambahnya tahun, jumlah perusahaan di bidang asuransi ikut meningkat yang diimbangi dengan tingginya kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi. Sebagai calon pengguna asuransi cerdas, silahkan pilih perusahaan dengan kredibilitas serta reputasi yang baik di mata masyarakat luas.

Cara sederhana untuk melihat tingkat kredibilitas yang dimiliki, terlihat dari kinerja serta cara melayani klaim yang diajukan oleh setiap pelanggannya. Sedangkan reputasinya sendiri, dapat dipantau dari website resminya atau bahkan media sosialnya. Sebab disanalah para pelanggan akan memberikan testimoni usai menggunakan produk yang ditawarkan. Jika lebih banyak komentar positif, tampaknya perusahaan asuransi tersebut wajib untuk dipertimbangkan.

Selain mencari informasi dari internet, memintalah rekomendasi dari kerabat terdekat maupun keluarga yang telah menggunakan layanan dari perusahaan asuransi jiwa & asuransi umum yang diincar sebelumnya. Secara tidak langsung, anda dapat mengecek rasio penyelesaian klaim yang sudah dilakukan oleh perusahaan tersebut sekaligus melihat bagaimana kinerjanya dari orang yang terpercaya.

Sebagai calon pengguna produk asuransi cerdas, penting untuk memastikan kembali rasio klaim perusahaan yang ingin anda pilih. Jika sudah cukup baik, kemungkinan setiap aduan dan proses klaim akan ditangani dengan secepat mungkin. Semakin cepat layanan yang diberikan, tentu saja berdampak pada rasa nyaman dan mempermudah pelanggannya ketika ingin melakukan klaim di masa mendatang.

  1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum memutuskan ingin menggunakan layanan asuransi motor impian, tampaknya penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perlindungan yang ingin didapatkan. Selain itu, ada beberapa hal penting yang wajib untuk dipertimbangkan. Beberapa hal yang dimaksudkan disini seperti kondisi kendaraan secara menyeluruh mulai dari jenis, usia, hingga nilai jual yang dimilikinya. Dengan informasi tersebut, membantu anda menentukan jenis asuransi tepat.

Khusus asuransi kendaraan, dihadirkan dalam dua jenis yang terdiri dari asuransi gabungan dan asuransi total lost only (TLO). Tentu saja keduanya memiliki kelebihan yang berbeda, oleh karena itu pilihlah sesuai kebutuhan agar mendatangkan keuntungan berlipat. Bahkan jika memungkinkan, miliki saja asuransi jiwa & asuransi umum sekaligus. Lalu apa yang membedakan antara kedua jenis asuransi tersebut ?

Asuransi gabungan atau biasa disebut asuransi all risk, merupakan layanan asuransi yang siap menjamin kerusakan berat akibat kecelakaan kecil maupun besar. Tentu saja akan ada syarat tertentu agar mendapatkan klaim yang diinginkan. Sedangkan asuransi TLO hanya akan memberikan perlindungan ketika terjadi kerusakan hingga mencapai 75% ke atas. Dengan kata lain, asuransi jenis ini tidak akan menjamin kerusakan akibat kecelakaan kecil.

  1. Aneka Fitur Layanan yang Diberikan

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membeli asuransi kendaraan yaitu banyaknya fitur layanan yang ditawarkan. Mungkin terdengar sepele, namun kehadiran fitur lengkap bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan produk asuransi tersebut. Sebab tidak ada yang tahu kapan bencana akan datang, sehingga penting mendapatkan pelayanan terbaik dan maksimal kapanpun dan dimanapun ketika dibutuhkan.

Jika memungkinkan pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki layanan selama 24 jam penuh, tersedianya ambulance, mobil derek, atau berbagai jenis layanan lainnya yang mungkin saja sewaktu waktu dibutuhkan disaat genting. Namun perlu untuk diketahui bahwa tidak semua perusahaan asuransi menyediakan semua fitur tersebut. Dengan begitu, sudah menjadi tugas anda untuk memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana jika asuransi jiwa & asuransi umum tidak memiliki fitur yang dibutuhkan ? Jika memang sudah terlanjur, tidak ada salahnya untuk menambah jumlah premi demi mendapatkan semua layanan yang diinginkan. Tentu saja hal ini akan memakan biaya lebih tinggi dibandingkan dengan layanan standar biasa. Agar tidak mengalami kerugian seperti ini, cermati terlebih dahulu semua fitur yang diberikan hingga dapat menekan jumlah premi yang harus dibayarkan.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Mengetahui besaran premi yang harus dibayarkan serta banyaknya benefit yang didapatkan memang penting dilakukan. Namun sebelum mengulik lebih dalam, ada hal lebih penting yang harus diperhatikan. Hal penting yang dimaksudkan, berkaitan dengan erat dengan kemampuan finansial untuk membayarkan premi tersebut. Apabila perusahaan asuransi yang ditaksir memiliki premi yang tinggi, sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan anda.

Semakin besar premi yang ditawarkan, tidak terlalu menentukan seberapa baik kualitas dan layanan yang diberikan. Daripada memaksakan keadaan, akan lebih baik jika anda mengambil asuransi yang memiliki premi rendah namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Membeli asuransi kendaraan yang disesuaikan dengan kondisi finansial merupakan keputusan tepat, lantaran tidak akan mengganggu kestabilan pengeluaran keuangan.

  1. Mengetahui Bengkel Rekanan

Sudah menjadi sebuah kewajiban anda untuk merawat serta memberikan perlindungan terbaik bagi kendaraan pribadi. Dengan kata lain, anda harus servis kendaraan ke bengkel terdekat secara rutin sebagai langkah perawatan terbaik. Sedangkan dari segi perlindungan, serahkan saja kepada asuransi jiwa & asuransi umum yang dimiliki. Oleh karenanya, penting untuk memilih perusahaan yang bekerja sama dengan bengkel rekanan dalam jumlah besar.

Semakin banyak bengkel rekanan, tentu saja memudahkan anda untuk mengakses lokasi serta melakukan perbaikan tanpa mengeluarkan biaya besar. Bahkan banyaknya bengkel rekanan, secara tidak langsung memudahkan anda untuk mendapatkan pelayanan serta klaim atas kendaraan yang memang sangat membutuhkan perbaikan saat itu juga. Mendatangkan segudang keuntungan, inilah alasan mengapa tidak bisa memilih asuransi sembarangan.

  1. Mempertimbangkan Rekomendasi Asuransi dari Dealer

Asuransi Motor TerbaikKetika membeli kendaraan bermotor, umumnya pihak dealer akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang bisa digunakan. Hal ini biasa dilakukan, karena baik perusahaan asuransi maupun pihak dealer menjalin hubungan bisnis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Bahkan kebanyakan dari rekomendasi yang diberikan dianggap memiliki kualitas terbaik dan dapat dipercaya.

Meski pihak dealer telah menawarkan rekomendasi, keputusan tetap berada ditangan anda sendiri. Apabila tidak yakin menggunakan asuransi yang ditawarkan, ada baiknya untuk menolak dengan sopan dan berusaha menemukan sendiri perusahaan asuransi jiwa & asuransi umum yang mampu memenuhi segala kebutuhan. Sebab, tidak ada yang lebih mengerti akan kebutuhan anda daripada diri anda sendiri.

Seusai dengan nama yang dimilikinya, asuransi satu ini akan memberika perlindungan sekaligus menjamin dari resiko ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk mendapatkan klaim yang diinginkan, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain mengandalkan asuransi kendaraan, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri untuk menyisihkan uang dan menjadikannya sebag