Asuransi Pendidikan

Mengulik Asuransi Pendidikan Anak Dan Cara Memilih Yang Terbaik

Mengulik Asuransi Pendidikan Anak Dan Cara Memilih Yang TerbaikGenerasi millenials saat ini semakin sadar bahwa pendidikan itu merupakan hal yang sangat penting. Sehingga tidak heran jika banyak orang tua yang sudah menyiapkan biaya khusus untuk pendidikan anak anaknya. Apalagi biaya pendidikan setiap tahunnya juga akan mengalami kenaikan. Namun kini asuransi dana pendidikan juga banyak dipilih selain Asuransi Jiwa & Asuransi Umum yang lebih dahulu tenar. Yuk simak ulasan mengenai asuransi pendidikan berikut.

Asuransi Pendidikan, Asuransi Yang Berbeda Dengan Tabungan Pendidikan

  1. Apa Itu Asuransi Pendidikan?

Jika dijelaskan secara harfiah, asuransi pendidikan merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan sekaligus investasi untuk pihak yang terjamin yang juga menjadi ahli waris. Dan premi setiap bulan atau tahunnya akan dibayarkan oleh pemegang polis. Tak jarang asuransi pendidikan ini sudah mencakup dalam asuransi jiwa. Dan anda juga harus tahu jika asuransi pendidikan ini berbeda dengan tabungan pendidikan.

Karena asuransi pendidikan bentuknya investasi, dari premi yang anda bayarkan akan dikelola dan diinvestasikan oleh pihak perusahaan asuransi. Baik dalam instrumen investasi reksa dana maupun permainan saham. Inilah mengapa asuransi pendidikan ini bisa berkembang dalam jangka waktu tertentu. Umumnya akan berkembang di tahun ke 6 dari asuransi di mulai. Namun sistem satu ini juga sangat berisiko sehingga harus dipahami dengan baik.

Berbeda dengan Asuransi Jiwa & Asuransi Umum, yang dananya akan tetap ada. Sementara untuk asuransi pendidikan, dana yang anda miliki bisa berkurang atau bahkan bisa hilang. Karena semuanya tergantung pada bagaimana kondisi dari investasi anda. Di sisi lain asuransi pendidikan ini juga sangat menguntungkan. Sebab sudah mencangkup asuransi jiwa di dalam produk asuransi satu ini dan akan menerima uang pertanggungan jika pemegang polis meninggal.

  1. Jenis Asuransi Pendidikan

Secara umum, asuransi pendidikan ini dibagi menjadi dua jenis yakni Dwiguna dan juga unit link. Dwiguna merupakan asuransi pendidikan yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan menjadi favorit sejak lama. Di dalam jenis asuransi pendidikan dwiguna ini juga ada tabungan di dalam asuransinya. Sehingga asuransi ini bisa menjamin pendidikan buah hati ketika orang tua sudah tidak mampu untuk mencari nafkah atau meninggal.

Kelebihan dari asuransi pendidikan satu ini adalah bisa dicairkan pda jangka maupun periode tertentu. Tentunya sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati, begitu juga dengan jumlah besarnya. Bisa dikatakan jika asuransi dwiguna ini sangat mirip dengan tabungan berjangka. Sama halnya dengan Asuransi Jiwa & Asuransi Umum yang memberikan perlindungan untuk keluarga tersayang atau yang tertanggung.

Untuk jenis yang selanjutnya yaitu asuransi pendidikan unik link. Unit link tidak hanya bisa ditemui pada asuransi jiwa saja namun di asuransi pendidikan juga ada. Jenis satu ini menggabungkan asuransi dan juga investasi. Sehingga setiap premi yang masuk tidak hanya untuk pendidikan anak di masa depan, namun juga akan diputar dalam instrumen investasi yang dikelola oleh perusahaan asuransi ataupun produk perbankan.

Umumnya keuntungan dari investasi ini akan diberikan saat anak mulai masuk sekolah, Baik saat masuk SD, SMP atau SMA Sekalipun. Dengan jenis ini maka pemilih asuransi akan memiliki dua manfaat sekaligus. Yakni bisa mendapatkan perlindungan pendidikan anak dan juga keuntungan dari investasi yang dijalankan. Dari kedua jenis ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus anda pikirkan dengan matang sebelum memilihnya.

  1. Manfaat Asuransi Pendidikan

Tidak hanya mengenal jenisnya, anda juga harus mengetahui manfaat apaAsuransi Pendidikan Terbaik saja yang didapatkan dari asuransi pendidikan ini. Yang paling utama adalah menjamin dana untuk pendidikan anak nantinya. Sebagian asuransi akan menjamin dengan memberikan dana tertentu untuk pendidikan anak. Sebagian juga akan memberikan hingga anak selesai menempuh pendidikannya. Asuransi pendidikan juga membantu mengelola keuangan anda.

Tujuan dari adanya Asuransi Jiwa & Asuransi Umum maupun pendidikan anak ini memang untuk membantu merencanakan keuangan. Beberapa orang beranggapan jika menabung dalam jangka waktu tertentu membutuhkan banyak waktu. Sementara dengan asuransi, kita tidak akan terasa menabungnya. Perusahaan asuransi juga akan memberikan perencanaan biaya untuk pendidikan hingga nanti sang buah hati lulus bangku perkuliahan.

  1. Cara Memilih Produk Asuransi Pendidikan Yang Terbaik

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi pendidikan ini tidaklah sedikit. Sehingga untuk memilih yang paling baik dibutuhkan ketelitian dan kejelian. Karena setiap perusahaan juga akan menawarkan fasilitas dan juga manfaat yang berbeda. Cara untuk memilih produk yang terbaik adalah dengan melihat track record dari perusahaan asuransi tersebut. Selain itu juga anda harus benar benar memperhatikan produk yang mereka tawarkan.

Apakah sesuai dengan kebutuhan anda dan juga kemampuan anda. Perusahaan yang baik akan dalam pengawasan OJK secara langsung. Anda juga bisa melihat review dari para pelanggannya yang tergabung dengan produk tersebut. Perusahaan baru tak selalu buruk dan perusahaan yang sudah lama juga belum tentu baik. Sehingga anda harus memperhatikannya dengan baik, jangan sampai mengalami kerugian nantinya.

Besaran premi juga menjadi penentu dalam sebuah Asuransi Jiwa & Asuransi Umum maupun asuransi pendidikan. Karena nantinya anda akan membayar premi ini dalam jangka waktu tertentu. Sebaiknya anda memilih sesuai dengan kemampuan anda, yang terlalu rendah juga belum tentu memiliki fasilitas yang anda butuhkan. Begitu juga yang mahal, akan lebih bijak jika ditentukan berdasarkan skala prioritas dari keuangan anda.

Periode pembayarannya juga harus anda perhatikan. Umumnya asuransi pendidikan memberikan waktu minimal 10 tahun. Sehingga dalam hal ini anda harus menghitung usia dari anak anda sampai ia masuk perguruan tinggi. Apabila anda memiliki anak yang lebih dari satu dan jeda sekolahnya tak jauh dan ingin diproteksi dengan asuransi kesehatan. Maka anda harus memahami skemanya, tidak semau anak harus mendapatkan jangka premi yang seragam.

Langkah yang paling penting dalam menentukan asuransi pendidikan adalah tidak terburu buru. Anda harus mengumpulkan semua informasi sejelas mungkin dan tentunya anda memahaminya. Begitu juga dengan agen asuransinya apakah mengantongi AAUI. Dengan kartu ini maka bisa dijamin jika agen tersebut memang sudah profesional dalam melayani nasabahnya. Jika agen tidak memiliki kartu lisensi, sebaiknya segera abaikan saja.

Anda juga bisa membandingkan produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh berbagai perusahaan asuransi. Minimal anda membandingkan 3 produk sehingga anda bisa menentukan yang paling baik. Sebenarnya cara ini juga berlaku untuk asuransi lain seperti Asuransi Jiwa & Asuransi Umum yang juga tidak boleh buru buru. Jangan pula mudah tergoda dengan bujuk rayu agen ketika menawarkan asuransi satu ini.

Meskipun terdengar menggiurkan, namun setiap asuransi juga memiliki risiko yang harus anda pikirkan dengan matang. Jangan gegabah membeli asuransi, sekalipun anda memiliki dana yang berlebih. Tidak hanya menggantungkan dana pendidikan pada asuransi, anda juga bisa memulai merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik sejak dini. Investasi maupun menabung juga akan membantu untuk biaya di masa depan.