fbpx

Cara Cerdas Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Bisnis Sampingan

Menjadi karyawan dan bekerja di sebuah perusahaan memang kerap kali membuat Anda masih ingin memiliki penghasilan tambahan selain dari gaji yang Anda terima tiap bulannya. Apalagi seperti yang kita tahu bersama bahwa sekarang ini sudah semakin tinggi pula biaya hidup di perkotaan besar. Sehingga yang demikian tersebut juga menjadikan kebutuhan hidup sehari – hari semakin meningkat jumlahnya. Oleh sebab itu, tak sedikit dari karyawan sebuah perusahaan atau pun lembaga yang pada akhirnya mencari penghasilan tambahan untuk sekadar penuhi kebutuhan sehari – harinya.

Bahkan ada banyak pula karyawan yang beranggapan bahwasannya untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan ini harus punya modal yang tak sedikit. Tidak heran jika pada akhirnya ada beberapa dari mereka yang memutuskan untuk melakukan pinjaman modal bisnis ke bank. Akan tetapi ada hal yang mesti diingat, apabila bisnis yang Anda jalankan nanti tidak dikelola dengan baik, maka pinjaman tersebut pastinya akan sangat membebani bisnismu. Di bawah ini ada beberapa cara cerdasnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamamu. Simak ulasannya dengan baik, ya!

Cara Cerdas Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Bisnis Sampingan

Menjadi reseller

Bisa dibilang ini adalah salah satu pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk dapatkan penghasilan tambahan sebagai karyawan sebuah perusahaan atau lembaga. Untuk menjalankan bisnis tersebut pastinya sangat mudah sekali dan tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Menjadi reseller bahkan bisa dikatakan jadi yang paling diminati sebab Anda bisa berjualan kapan pun dan di mana pun, juga tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa menjual produk milik orang lain, baik itu melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkannya secara langsung ke keluarga, kerabat, maupun teman – teman Anda.

Memberikan les privat

Apabila Anda salah satu orang yang punya kemampuan lebih dalam bidang ilmu pengetahuan atau pun kesenian, maka tidak ada salahnya untuk mengajarkan ilmu yang Anda miliki dan kuasai tersebut. Karena bagi banyak siswa, sejumlah mata pelajaran seperti bahasa asing atau matematika membutuhkan metode pembelanjaran khusus. Ini artinya Anda bisa jadi seorang guru les private yang bisa berikan penjelasan yang lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan ketika para siswa tersebut diajar oleh gurunya sendiri di sekolah.

Menjadi agen travel

Cara cerdas lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis sampingan adalah dengan menjadi agen travel. Ini merupakan ide bisnis sampingan yang sangat menjanjikan seiring dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang berwisata. Banyak sekali perushaan tour and travel yang sekarang ini tawarkan kerjasama bisnis sampingan untuk jualan tiket pesawat maupun paket perjalanan dan juga bisa dilakukan serta dijalankan via online. Anda bahkan bisa memulai bisnis ini dengan sistem reservasi online yang bisa diakses selama 24 jam.

Freelance writer

Freelance writer juga jadi bisnis yang saat ini lagi trend. Anda yang punya hobi dalam tulis menulis, sebaiknya menyalurkan kegemaran Anda tersebut dengan baik agar bisa jadi sumber penghasilan, apalagi sekarang sudah ada banyak sekali situs marketplace yang sediakan berbagai lowongan pekerjaan khusus untuk para pekerja freelance, salah satunya adalah jadi seorang penulis. Ada pula beberapa media yang mencari freelance writer khusus untuk isi informasi di media online, media cetak, atau bahkan media elektronik.

Jasa penerjemahan

Apabila Anda adalah salah seorang karyawan yang punya keterampilan dalam berbahasa asing, seperti halnya bahasa Inggris, Jepang, China, Korea, dan lain – lain, maka Anda bisa menghasilkan uang tambahan dengan cara membuka jasa penerjemahan. Bisnis sampingan yang satu ini relatif tidak merepotkan sebab memang Anda bisa melakukannya sebelum maupun sesudah kerja.

Jual kerajinan dari barang bekas

Anda pastinya sudah sangat sering kan melihat adanya sampah – sampah yang berserakan begitu saja di jalanan? Baik itu sampah plastik atau pun sampah bekas lainnya. Apabila Anda bisa melihat peluang, maka sampah – sampah ini bisa jadi salah satu sumber pengasilan tambahanmu. Anda bisa ubah sampah tersebut jadi barang yang memiliki nilai dan pastinya juga bermanfaat. Sebagai contohnya seperti hiasan lampu, tas, dompet, maupun berbagai kerajinan tangan yang lainnya. Berjualan dengan menggunakan sampah maupun barang bekas pasti tidak butuh modal yang banyak, sehingga Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cerdas mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis sampingan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

2018-10-30T00:00:38+00:00

Leave A Comment

seventeen + five =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link