fbpx

Cara Investasi Emas: Panduan Lengkap 2018

Panduan Investasi Emas Lengkap 2

Jika Anda sedang mencari panduan lengkap cara investasi emas bagi pemula, ini adalah artikel yang wajib Anda baca. Langsung saja simak penjelasan berikut ini!

Apa itu Investasi Emas?

Investasi emas adalah alternatif dari menabung uang di bank. Jadi, Anda membeli emas lalu jika suatu waktu nanti Anda butuh, Anda dapat menjualnya kembali dengan tujuan mendapat keuntungan uang lebih dari harga beli atau, bisa juga sekadar untuk menabung saja.

Keuntungan Investasi Emas

Ada banyak keuntungan investasi emas yang sebenarnya bisa sangat bermanfaat buat Anda. Mari simak apa saja keuntungan dari berinvestasi emas!

  • Investasi Jangka Panjang dengan Risiko Minim
  • Investasi Mudah dan Murah
  • Investasi Mudah dicairkan Kapan Saja
  • Investasi Menguntungkan

Bagaimana Cara Investasi Emas?

Mengingat ada banyak sekali tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi emas, kami hanya akan mengulas tiga diantaranya yang paling banyak dipakai orang. Anda tak melulu harus membeli emas langsung ke toko emas di dekat pasar dan menyimpannya sendiri di rumah (yang bisa juga jadi beresiko bagi keamanan), kini bahkan Anda bisa berinvestasi emas lewat handphone Anda dengan layanan online aplikasi tertentu.

Nah, berikut adalah cara investasi emas lengkap di Pegadaian, Antam dan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak. Mari cermati caranya!

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Jika Anda ingin menitipkan emas di Pegadaian, Anda bisa langsung datang ke sana. Lalu emas Anda akan disimpan dengan aman dan bisa juga diambil sewaktu-waktu. Nah, soal harga beli dari Pegadaian, tentu saja disesuaikan dengan harga pasar yang naik-turun. Anda perlu menjual emas Anda di saat harga emas sedang bagus tentunya. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai investasi emas di Pegadaian:

  • Persiapkan syarat serta ketentuan yang diperlukan untuk membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian terdekat
  • Isilah formulir buka rekening yang tersedia di sana dan bayarlah biaya administrasi sesuai dengan ketentuan harga
  • Setelah Anda mengisi formulir serta membayar biaya administrasi, Anda nantinya menerima rekening Tabungan Emas dan Anda bisa pilih atau beli produk emas dari program Tabungan Emas (mulai dari kelipatan 0.01 gram s/d 100 gram dengan minimal saldo rekeningnya yaitu 0.1 gram)
  • Apabila Anda menghendaki fisiknya berupa emas batangan, Anda bisa melakukan order cetak dengan pilihan berupa kepingan (beratnya 5gr, 10gr, 25gr, 50gr dan100gr). Caranya? Bayarlah biaya cetak sesuai dengan berapa berat dan jumlah kepingan yang sudah Anda pilih sebelumnya
  • Bagi pelaksanaan transaksi jual emas ke Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya bisa dilakukan di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening yang sudah kami sebutkan di poin sebelumnya. Jangan lupa menunjukkan buku tabungan yang sudah Anda miliki dan identitas diri yang asli (KTP dsb)

Cara Investasi Emas di Antam

PT Antam adalah perusahaan tambang di Indonesia. Antam juga memproduksi emas batangan yang sudah diakui oleh negara. Terkait investasi emas, Antam tidak hanya membuat emas batangan yang bersertifikat tetapi juga menjual  jasa investasi emas. Anda bisa jadi salah satu investornya.

Cara penyimpanan emas batangannya adalah dengan metode brankas. Nah untuk memiliki emas batangan tersebut Anda bisa memesan secara online. Anda sebagai Investor bisa periksa berapa nilai saldo emas batangan itu lewat situs/website resmi dari PT Antam.

Jika Anda berinvestasi emas batangan dengan metode brankas, Anda bisa ambil emas batangannya setelah tiga bulan penyimpanan. Anda juga bisa menjual emas batangan Anda ke PT Antam. Langkah konkrit apa saja yang harus dilakukan oleh Anda yang ingin menggunakan jasa brankas di PT Antam? Simak poin berikut!

  • Kunjungi situs resmi Antam
  • Isilah formulir yang telah disediakan oleh Antam dan setujui berbagai persyaratan serta ketentuan yang ditetapkan oleh PT Antam
  • Lakukanlah pengisian saldo minimal sesuai ketentuan Antam, hal ini memungkinkan Anda untuk mendapat user name dan kode aktivasi. Melalui user name dan kode itu, Anda bisa mengetahui berapa saldo Anda, bagaimana aktivitas jual beli emas dan penarikan fisik emas Anda.

Cara Investasi Emas di Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan jumlah pendanaan investor yang besar. Jadi, tak salah jika Bukalapak kemudian membuat layanan BukaEmas.  Anda bisa membeli lewat aplikasi dengan cara sangat mudah, menjual atau juga menariknya kapan saja. Bahkan hasil tarikan emas itu bisa langsung dikirim ke alamat Anda. Mari simak langkah-langkah investasi emas dengan aplikasi di Android berikut ini!

  • Buka aplikasi BukaLapak di handphone, lalu tap pilihan menu BukaEmas
  • Lalu Anda akan mendapat beberapa informasi dasar semacam harga terkini, perubahan, grafik harga dan juga unit yang ingin dibeli
  • Tentukanlah lebih dahulu unit yang ingin Anda beli, mulai dari 0.005 gram hingga 5 gram. Untuk pilihan jumlah/berat lainnya Anda bisa tap pilihan menu “Pilih Unit Pembelian Lainnya”
  • Tahap selanjutnya adalah pilih jenis pembayaran yang Anda ingin lakukan. Pilihannya sebenarnya ada banyak sesuai kebutuhan Anda, bahkan bisa lewat supermarket mini terdekat semacam Alfamart. Jika sudah pilih, silakan tap tombol “Bayar”
  • Jika poin sebelumnya sudah selesai, berarti transaksi telah dicatat Bukalapak. Langkah yang selanjutnya yaitu melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih. Misal Anda pakai metode transfer ATM BCA, maka silakan ke ATM terdekat dan lakukan transfer sesuai petunjuk cara pembayaran
  • Anda juga nantinya akan menerima rekap pesanan serta status transaksi lewat email yang sebelumnya sudah Anda daftarkan saat login aplikasi
  • Terakhir, Anda juga bisa lihat status transaksi emas Anda di menu “Transaksi”. Hingga pembayaran telah diverifikasi, transaksi emas masih dalam status menunggu. Jika verifikasinya sudah beres, berat emas akan ditampilkan pada saldo Anda.

Panduan Investasi Emas Lengkap 1

Tips Investasi Emas

Berikut adalah tips yang bisa Anda simak agar investasi emas Anda berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan!

  • Tetapkan Tujuan Jelas

Sebelum Anda mulai melakukan investasi emas, ada baiknya Anda tentukan terlebih dulu apa tujuan Anda dalam berinvestasi emas dan mau di mana Anda berinvestasi. Misalnya, Anda ingin berinvestasi emas di Pegadaian dan tujuannya sebagai simpanan selama berapa tahun.

Tujuan berinvestasi ini sangat penting agar Anda bisa menetapkan target pengumpulan emas dan mengukur seberapa besar risiko investasi Anda. Menabung dana masa depan memakai emas untuk kebutuhn 10 tahun lagi atau untuk kebutuhan 2 tahun lagi tentu berbeda strateginya.

Misal, Anda ingin mengumpulkan uang untuk pendidikan anak dengan investasi emas. Coba tentukan dulu target berapa besar dana yang ingin Anda kumpul, kapan target waktu pemakaian dananya itu, dan bagaimana cara yang tepat buat investasi sesuai target yang telah ditetapkan.

  • Pikirkan Perhitungannya

Perhitungannya tak terlalu sulit. Berikut adalah triknya. Untuk meminimalisasi fluktuasi dari harga emas, ada baiknya Anda memilih investasi emas sebagai pilihan metode investasi dengan tujuan keuangan jangka menengah panjang, yaitu diatas 3 tahun. Lalu, ketika Anda menetapkan target waktu penggunaan, berilah jeda antara target pemakaian dan pencairan dana yang akan Anda lakukan.

Jadi, sederhananya, setidaknya 6 bulan sebelum target pemakaian dana, Anda harus mengonversi simpanan emas ke dalam Rupiah dan masukkan ke deposito. Dengan begitu, ketika waktu penggunaan dana itu tiba (ketika Anda sudah butuh uangnya), Anda bisa terhindar dari risiko fluktuasi harga emas yang ada.

  • Lakukan Investasi Tanpa Campur Tangan Investor Lain

Sebenarnya wajar saja, jika ini adalah kepentingan Anda pribadi jadi sebaiknya tak usag melibatkan orang lain yang kemungkinan akan menimbulkan rasa iri dan bisa berdampak negatif bagi Anda sendiri. Meski ada teman atau anggota keluarga menawarkan bantuan, selalu pantau dan jangan sembarangan mempercayakan investasi emas Anda ke pihak ketiga.

Pilihlah yang sudah terpercaya dengan track record baik. Sama seperti berinvestasi dengan asuransi, ada nama-nama besar yang sudah mendunia dan diketahui bagaimana profesionalitasnya dan ada juga yang tidak. Percayakan investasi Anda pada jasa yang kredibel tapi peganglah kendali penuh atas investasi itu. Bagaimanapun juga, Anda harus cerdas dalam berinvestasi.

Sebagai contoh saja, kini sudah banyak MLM yang ikut menawarkan emas dengan harga murah atau kasih cashback berjumlah besar. Memang tawaran itu terdengar menarik, namun Anda mungkin tidak yakin apakah investasi sejenis itu bodong atau tidak. Sebaiknya jangan ambil risiko besar itu, kalau Anda tertipu, apa yang telah Anda tabung bisa hangus. Andalkan insting dan wawasan Anda sendiri. Berinvestasi emas itu tergolong mudah, Anda pasti bisa melakukannya sendiri.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap berinvestasi emas? Investasi emas hanya salah satu cara diantara sekian banyak metode investasi yang bisa Anda lakukan. Berinvestasilah secara cerdas di tempat terpercaya. Mari berkonsultasi dengan kami, kami akan membantu Anda menyiapkan masa depan Anda.

2018-07-12T09:16:39+00:00

Leave A Comment

seventeen − nine =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link