fbpx

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Pernah ga sih Anda nonton YouTubers dan berpikir bagaimana ya cara mereka menghasilkan uang? YouTube adalah salah satu platform yang bisa dibilang paling menguntungkan jika Anda berencana untuk mendapatkan uang dari internet. YouTubers terkenal saat ini sudah mendapat keuntungan besar hanya dari pemasukan advertising saja.

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Beberapa sumber pemasukan YouTubers sendiri biasanya adalah advertisers (iklan), sponsor, affiliate marketing, dan kegiatan penjualan. Bagaimana ya cara kerjanya? Yuk, lanjut baca.

Advertising atau Iklan

Pasti Anda pernah dong nonton iklan di YouTube sebelum video yang ingin Anda tonton dimulai? Ini adalah salah satu cara bagi pemilik channel YouTube untuk mendapatkan uang dari YouTube. Jadi Anda perlu membuat akun YouTube dan mengaktifkan fitur monetisasi YouTube. Untuk ini, Anda perlu mengikuti aturan ads YouTube dan Anda perlu menghubungkan akun AdSense Anda untuk menerima pembayaran.

Mengaktifkan iklan di video YouTube Anda membutuhkan persetujuan untuk berbagi pendapatan iklan Google untuk YouTube. Ada pembagian 45/55 untuk semua pembuat konten, jadi Google menyimpan 45 persen dari semua iklan YouTube di video Anda, dan Anda mendapatkan sisa 55 persennya.

Sampai dengan bulan lalu, hampir setiap orang bisa mengaktifkan fitur monetization mereka di settingan akun YouTube-nya. Jika mereka mengaktifkan fitur ini, video mereka akan secara otomatis mendapat ads atau iklan. Ini memperbolehkan mereka untuk mendapatkan uang setiap kali orang menonton atau mengklik ads nya. Tetapi, pada bulan Januari kemarin Google sebagai pemilik YouTube mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan standar agar tidak sembarangan orang bisa mendapatkan uang dari fitur ads yang mereka sediakan.

Sekarang, jika Anda mau menampilkan ads di video Anda, Anda perlu diterima dulu di YouTube Partner Program. Untuk bisa diterima di program ini, Anda memerlukan paling tidak 1000 subscribers dan 4000 jam watch-time dalam 12 bulan terakhir. Selain itu, video Anda akan juga lebih diperhatikan oleh Google agar tidak mengandung konten-konten yang tidak pantas.

Selain itu, YouTube juga memiliki sebuah group yang disebut Google Preferred. Google Preferred adalah group yang berisikan channel-channel YouTube popular yang tergabung dalam top 5% YouTube dan mendapatkan uang lebih banyak dari YouTube karena alasan itu. Dengan adanya aturan baru tentang ads, Google Preferred juga terpengaruh. Member dari Google Preferred akan diseleksi dengan lebih ketat.

Sponsor video

Tentunya penghasilan dari ads tidak terlalu besar. Kebanyakan YouTuber yang memiliki penghasilan besar biasanya suka melakukan video sponsor. Apa itu?

Mungkin Anda pernah menonton video dimana YouTuber tersebut membahas sebuah produk. Nah, ada banyak YouTubers yang sebenarnya disponsori oleh sebuah brand untuk membuat video. Kebanyakan brand tidak mau bekerja sama dengan channel YouTube yang memiliki subscribers hanya sedikit atau views yang sedikit. Biasanya dalam proses tawar-menawar, brand ingin tahu bagaimana produk mereka akan dibahas atau ditunjukkan di video tersebut. Budget video sendiri pastinya tidak murah. Jadi YouTuber-nya sendiri pun harus bisa menghasilkan video dengan kualitas tinggi. Tetapi memang tentunya, dengan melakukan pekerjaan yang lebih berat, Anda juga akan mendapat penghasilan yang lebih banyak.

Affiliate Marketing

Selain sponsorship, jenis pemasukan lain yang banyak dilakukan oleh YouTuber adalah dengan melakukan affiliate marketing. Pasti Anda sudah pernah dengar kan? Jenis marketing yang satu ini memang sangat popular di Internet. Anda hanya perlu menggunakan link yang disediakan untuk mengarahkan orang-orang ke product page. Jika orang tersebut melakukan transaksi dengan menggunakan link yang Anda berikan, Anda akan mendapatkan komisi. Kalau Anda tertarik untuk melakukan ini, pastikan kalau video Anda benar-benar menarik dan bisa mendorong viewer Anda untuk mengakses affiliate link yang Anda sediakan.

Menjual produk

Tidak hanya produk orang lain, Anda juga bisa mempromosikan produk Anda sendiri di YouTube. Jika Anda memiliki bisnis Anda sendiri, pasti ingin meningkatkan penjualan kan? Nah, Anda bisa memanfaatkan YouTube untuk itu. Orang-orang sekarang lebih banyak yang visual, jadi kalau Anda bisa membuat video yang keren dan membuat viewernya tertarik untuk membeli produk Anda. Dengan video-video ini, YouTube bisa membantu Anda meningkatkan brand awareness Anda. Selain itu, Anda juga bisa memperdekat hubungan Anda dengan customer Anda.

sadar asuransi cara menghasilkan uang youtube

Cara Menjual Tanpa Mengganggu Viewer Anda

Dari tips yang dibagikan di atas, Anda perlu melakukan sales. Tapi pasti mengganggu juga kan kalau video-nya terlalu terdengar seperti iklan? Nah, beriktu ini adalah tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk mencegah hal itu.

Gunakan call-to-actions yang jelas di video

“Jika Anda menyukai video ini, jangan lupa klik like dan subscribe ya.”

Banyak YouTubers menyertakan action call diatas di akhir video mereka untuk menumbuhkan subscribers mereka. Dengan memberitahu viewer Anda actionyang Anda ingin mereka ambil, audiens Anda lebih mungkin untuk benar-benar melakukannya.

Tambahkan YouTube Card di momen yang tepat di video Anda

Baik itu bagian dari kesepakatan Anda dengan brand atau Anda mempromosikan produk Anda sendiri, YouTube Card menawarkan cara yang menarik untuk mendapatkan perhatian viewer. Anda dapat mengaturnya untuk muncul pada saat yang tepat ketika mereka paling relevan dan paling tidak mengganggu agar orang mau melihat dan mengklik YouTube Card Anda.

Tambahkan Link di Deskripsi Video Anda

Anda dapat mengantar viewer ke toko Anda, halaman Patreon, kampanye Kickstarter, atau bagian lain yang berfokus pada pendapatan dari keberadaan online Anda dengan menambahkan link ke deskripsi video Anda.

Promosikan Penawaran Anda di Platform Lain

Hanya karena konten Anda dihosting di YouTube, bukan berarti Anda tidak boleh memanfaatkan semua saluran lain di luar sana untuk distribusi. Sebarkan berita tentang sebuah campaign atau diskon baru di Twitter, Facebook, dan profil lain yang mungkin Anda miliki. Semakin banyak Anda menyebarkannya, semakin besar kemungkinan itu akan terlihat. Jadi selalu ide yang bagus untuk mengembangkan social media Anda di luar YouTube.

Simpulan

Bagaimana? Ada yang sudah tertarik jadi YouTuber? Nah kalau Anda ingin menghasilkan uang dari YouTube, Anda pasti juga ingin menabungnya kan? Sudah ada plan belum untuk keuangan Anda? Jika belum, agen kami bisa membantu Anda. Jadi jangan sungkan ya untuk menghubungi kami!

Konsultasi Gratis

Dapatkan konsultasi terpercaya sesuai kebutuhan Anda

2018-09-13T21:31:26+00:00

Leave A Comment

eight + two =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link