fbpx

6 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Tanpa Ribet

Mempunyai jerawat di wajah pasti akan membuat penampilan anda kurang keren. Apalagi jika ada bekas jerawat yang menghitam di kulit wajah anda. Tentu saja rasa percaya diri anda akan menurun. Untuk itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Supaya wajah anda kembali mulus tanpa noda hitam bekas jerawat. Meskipun tidak membahayakan jiwa, tetapi jerawat memang menyebalkan sebab bisa merusak penampilan. Terlebih jika anda sedang mempunyai jadwal penting dan harus bertatap muka dan bertemu dengan banyak orang.

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa anda lakukan. Seperti dengan menggunakan cara alami maupun dengan menggunakan produk perawatan dermatologi. Penanganan untuk jerawat dan bekasnya memang berbeda-beda. Tergantung dari jenis jerawat serta jenis kulit yang anda miliki. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui jenis jerawat yang anda miliki sebelum melakukan penanganan. Agar anda lebih mengerti jenis jerawat serta penanganannya, anda bisa membaca uraian selengkapnya di sini.

Jenis Serta Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Kebanyakan orang beranggapan semua jenis jerawat itu sama. Padahal penyakit kulit di wajah yang sering disebut dengan istilah acne ini mempunyai jenis yang berbeda. Tergantung dari tingkat keparahannya. Berbeda jenis jerawat, berbeda pula penyebab dan penanganannya. Untuk itu, anda perlu menjaga serta merawat kesehatan kulit wajah supaya tidak muncul jerawat.

Papula: Jenis jerawat ini muncul bergerombol dan bisa menyebabkan wajah kemerahan. Disebabkan oleh komedo yang tidak segera diobati. Sehingga menimbulkan peradangan dan berkembang lah komedo menjadi acne yang bergerombol.

Pustula: Penyakit kulit di wajah ini lebih parah dibanding dengan papula. Pustula merupakan jerawat yang terinfeksi, didalamnya terdapat nanah karena sebum dan sel kulit mati memicu pertumbuhan bakteri.

Nodul: Jika anda merasa sakit ketika berjerawat dan memiliki ukuran yang besar, itu tandanya acne jenis nodul sedang melanda. Nodul terjadi sebab folikel tersumbat mengalami infeksi. Jerawat nodul sering juga disebut dengan jerawat batu.

Kistik: Merupakan jenis jerawat terparah. Ini merupakan pengembangan dari modul yang tidak segera mendapat penanganan. Bentuknya sangat besar dan berisi cairan nanah. Saat disentuh, akan menimbulkan rasa nyeri bahkan sampai sakit kepala.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Dengan Mudah

Setelah mengetahui berbagai macam jenis jerawat yang sering melanda, maka sekarang kita akan membahas tentang cara alami untuk menghilangkan jerawat dan juga bekasnya. Supaya noda hitam karena bekas jerawat di wajah tidak tampak dan anda akan semakin tampil percaya diri karena wajah anda halus dan mulus.

  1. Gunakan Bawang Putih

Untuk menghilangkan jerawat dan juga bekasnya bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih bisa dengan mudah didapatkan. Bahkan kita sering menemui sehari-hari di dapur. Di dalam bawang putih, terdapat kandungan antibakteri dan juga antibiotik yang bisa mengusir jerawat dan bekasnya. Bahkan bawang putih juga bisa menghilangkan jerawat batu. Disamping harganya murah, menghilangkan jerawat dengan bawang putih sangat mudah caranya.

Siapkan bawang putih secukupnya, kemudian dikupas sampai bersih. Setelah itu, bawang putih ditumbuk sampai halus kemudian dioleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan hingga mengering selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Pakailah cara ini seminggu 3 kali supaya jerawat tidak muncul lagi di wajah.

  1. Menghilangkan Jerawat Dengan Lemon

Buah yang satu ini kaya sekali kandungan vitamin C. Lemon juga mampu membasmi jerawat yang timbul dan bentuknya besar. Jus lemon terbukti ampuh dalam mengecilkan jerawat dengan proses yang cepat. Sebaiknya anda membuat jus lemon sendiri, jangan beli jus yang ada di dalam botol. Sebab kandungan bahan kimianya bisa merusak wajah.

Cara pemakaiannya sangat mudah, sediakan 1 hingga 2 buah lemon. Pperas air lemon, kemudian usapkan ke kapas, lalu letakkan pada jerawat sebelum anda tidur. Selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih keesokan harinya.

Masih ada satu cara lagi dengan menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan mencampurkan satu sendok kayu manis bubuk dan juga 1 sendok air lemon. Kemudian diaduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada jerawat sebelum anda tidur. Keesokan harinya anda bisa membilas menggunakan air bersih dan juga suam-suam kuku.

  1. Oatmeal

Di samping enak untuk dikonsumsi secara langsung, ternyata oatmeal juga sering dipakai sebagai salah satu cara dalam membersihkan wajah dari gangguan jerawat. Didalam oatmeal, memiliki kandungan yang dipercaya bisa mengusir nodul pada wajah. Cara untuk menghilangkan jerawat batu dan juga bekasnya dengan menggunakan oatmeal sangat mudah. Yang pertama anda harus mencampurkan oatmeal dengan air putih sampai mengental.

Kemudian setelah itu anda oleskan campuran oatmeal pada kulit yang ada jerawatnya. Selama kurang lebih 30 menit, anda diamkan olesan tersebut. Kemudian bisa dibilas dengan air hangat. Perawatan ini bisa anda ulangi sebanyak tiga kali seminggu untuk memperoleh hasil yang lebih efektif.

  1. Mentimun

Di samping enak dijadikan sebagai lalapan, mentimun bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Timun memiliki kandungan vitamin B1 dan B12, Potasium, vitamin C, kalium dan juga magnesium. Oleh sebab itu, mentimun efektif dalam mengurangi pembengkakan jerawat serta menghilangkan bekasnya.

Penggunaannya sangat sederhana. Siapkan mentimun yang telah dicuci bersih. Kemudian diiris jadi potongan tipis-tipis lalu ditempel pada seluruh wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan sekitar 30 menit lalu dibilas dengan air hangat sampai bersih. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

  1. Menggunakan produk perawatan untuk wajah berjerawat

Banyak produk yang populer dengan sebutan acne-care. Ini bisa ditemukan di toko-toko terdekat ataupun online shop. Acne care umumnya terdiri dari sabun, pembersih wajah, toner ,susu pembersih dan juga krim pagi dan malam. Langkah menggunakan acne care sebaiknya terlebih dahulu di bersihkan wajah anda dengan sabun pembersih wajah. Supaya bersih dan segar bisa dibersihkan menggunakan susu pembersih dan juga toner. Kemudian anda oles krim pagi atau malam di wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap pagi dan juga malam hari.

  1. Penggunaan tomat dan madu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya

Cara pembuatannya sangat mudah. Anda siapkan 1 sampai 2 buah tomat yang sudah dicuci bersih. Kemudian diblender hingga menjadi pasta atau benar-benar sudah berada dalam keadaan yang lembut. Tuang dalam wadah, kemudian campur dengan satu sendok makan madu. Aduk sampai rata, oleskan campuran tersebut secara merata ke semua bagian kulit wajah. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih dan dikeringkan menggunakan waslap yang lembut. Perawatan ini baik untuk dilakukan setiap hari sehingga jerawat yang membandel dan juga bekasnya bisa hilang dengan cepat.

Beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan bahan-bahan alami mudah sekali untuk dibuat dan diaplikasikan. Untuk mencegah terjadinya jerawat, sebaiknya bersihkan wajah anda dari make up setiap malam sebelum tidur. Wajah anda akan bersih dan bebas dari jerawat yang membandel.

2018-09-20T12:35:52+00:00

Leave A Comment

11 + eleven =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link