Kondisi yang Menjadi Ciri Ciri Hamil Anak Perempuan

Usia kehamilan yang sudah mulai menginjak trimester 2 memang sudah membuat penasaran. Tentu banyak dari keluarga sampai tetangga yang sering menebak soal jenis kelamin bayi yang ada didalam kandungan. Terkadang tebak-tebakan itu seringkali dikaitkan dengan kondisi tubuh kita. Misalnya jika kita ngidam makan manis, itu menjadi ciri ciri hamil anak perempuan. Apakah anda juga pernah mengalaminya?  Sebelum teknologi medis canggih seperti sekarang ini, banyak cara yang dilakukan untuk menentukan ciri hamil anak perempuan ataupun laki-laki.

Namun diantara cara tersebut, ada cara yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang berada di dalam kandungan. Tentunya setelah bayi tersebut lahir. Bahkan untuk pemeriksaan USG pun belum tentu 100% akurat dalam memprediksi jenis kelamin bayi. Karena terdapat beberapa faktor yang dapat membuat prediksi jenis kelamin melalui USG bisa saja salah. Kondisi saat hamil yang diyakini sebagai ciri ciri hamil anak perempuan yang banyak beredar di lingkungan masyarakat, diantaranya akan kita bahas disini.

Mitos dan Fakta Ciri Ciri Hamil Anak Perempuan

Di masyarakat banyak beredar beberapa mitos tentang ciri hamil anak perempuan. Mitos ini sebenarnya belum tentu benar secara ilmiah. Oleh sebab itu, jangan buru-buru untuk percaya. Sebenarnya mempercayai mitos memang tidak berbahaya. Akan tetapi, bisa menjadikan pikiran anda fokus pada hal tersebut dan membuat anda menjadi berharap lebih. Khususnya jika anda menginginkan anak perempuan.

Bentuk perut ibu hamil

Dari zaman dulu hingga sekarang masih banyak orang yang percaya bahwa bentuk perut ibu hamil bisa menentukan jenis kelamin bayi yang sedang dikandungnya. Jika perut ibu hamil membuncit agak tinggi, maka itu merupakan ciri dari hamil anak perempuan. Namun sebenarnya bentuk perut ibu hamil ditentukan dari bentuk tubuh, usia kehamilan, bentuk rahim, otot perut dan juga berat badan selama kehamilan. Dengan demikian, bentuk perut tidak bisa mencirikan apakah bayi yang sedang dikandung oleh ibu hamil itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Detak jantung yang lebih kuat

Dizaman dahulu, orang mempercayai bila detak jantung janin begitu cepat atau lebih dari 140 detakan tiap menitnya, maka itu merupakan janin perempuan. Padahal nyatanya, belum tentu ini menjadi tanda bahwa bayi yang ada di dalam kandungan adalah bayi perempuan. Faktanya adalah, usia kehamilan ikut mempengaruhi detak jantung bayi. Misalnya detak jantung bayi ketika usia kehamilan 5 minggu berkisar antara 80-85 kali/menit. Sedangkan saat usia kehamilan masuk ke minggu 9 akan meningkat menjadi 170-200 kali/menit.

Ibu hamil suka makanan manis

Ada mitos yang beredar bahwa ibu hamil yang suka dengan makanan manis itu menjadi tanda bahwa dia sedang mengandung anak perempuan. Hal tersebut tentu tidak benar, sebab selera makan ibu hamil dapat berubah karena pengaruh hormon yang mempengaruhi indera pengecap nya. Sehingga tidak bisa dipastikan bahwa ibu yang suka makan makanan manis saat hamil dirinya sedang hamil anak perempuan.

Kulit penuh jerawat dan berminyak

Sebuah kepercayaan kuno menyatakan bahwa janin perempuan yang ada di dalam kandungan akan mencuri kecantikan ibu yang mengandung nya. Oleh karena itulah, jika wajah ibu hamil tampak lebih kusam, jerawatan dan juga berminyak, itu menjadi ciri ibu hamil anak perempuan. Namun sekarang, kita mengetahui bahwa masalah kulit yang dialami saat ibu hamil muncul karena perubahan hormon. Sehingga meskipun bayi yang dikandung adalah bayi laki-laki ibu hamil bisa saja tetap jerawatan.

Mual saat pagi hari

Munculnya mitos yang mengatakan bahwa mual ketika hamil anak perempuan lebih parah, tetapi itu hampir mendekati kebenaran. Sebab para ahli juga mendapatkan fakta bahwa morning sickness dalam ibu hamil yang mengandung janin perempuan cenderung lebih parah jika dibandingkan ibu hamil yang mengandung janin laki-laki. Namun beberapa kondisi seperti hyperemesis gravidarum  juga dapat menjadi penyebabnya. Kondisi mual yang parah selama kehamilan bisa saja terjadi bahkan sampai sebelum bayi lahir. Jadi kesimpulannya intensitas mual di pagi hari tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi yang sedang dalam kandungan.

Linea nigra

Ini merupakan garis hitam yang melintang mulai dari pusar ke pelvis yang tampak saat ibu hamil. Orang zaman dulu percaya jika garis hitamnya tampak putus putus ataupun berliku-liku, itu tandanya ibu sedang hamil anak perempuan. Akan tetapi, sebenarnya linea nigra memang terkadang bisa tampak jelas dan terkadang terlihat samar-samar. Semakin dekat dengan waktu kelahiran, maka garis hitamnya bisa terlihat semakin jelas.

Ukuran payudara

Menurut mitos yang beredar, ukuran payudara ibu hamil bahkan juga bisa dikatakan dapat memprediksi jenis kelamin bayi yang sedang ada dalam kandungan. Orang zaman dulu mempercayai bahwa saat hamil, payudara sebelah kiri lebih besar dari sebelah kanan, maka janin yang dikandung merupakan janin perempuan.

Seorang jurnalis dalam bidang sains memberikan data lebih rinci. Dirinya mengatakan bahwa ibu hamil bayi perempuan maka payudaranya akan membesar sebanyak 8 cm. Sedangkan jika di yang dikandung merupakan bayi laki-laki, maka payudaranya akan membesar hingga 6,3 cm.

Posisi tidur

Jika saat hamil anda lebih suka tidur dengan menghadap ke arah kanan, maka di percaya bahwa janin yang berada dalam kandungan anda merupakan bayi perempuan. Nyatanya ini hanya masalah faktor kenyamanan serta kebiasaan tidur saja.

Kondisi rambut

Ibu hamil yang memiliki kondisi rambut kusam selama kehamilan juga dipercaya bahwa dirinya sedang mengandung anak perempuan. Akan tetapi mengenai hal ini belum ada analisis ilmiah yang jelas.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan

Bila mengetahui jenis kelamin bayi adalah sebuah hal penting bagi anda, maka sebaiknya anda jangan percaya dengan mitos. Anda disarankan untuk melakukan USG kehamilan guna mengetahui jenis kelamin bayi anda. USG dilakukan dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang bisa memberi gambaran bayi didalam rahim. Umumnya USG bisa dilakukan antara minggu ke-18 sampai dengan minggu ke-20 di usia kehamilan. Untuk menilai kondisi janin serta menentukan jenis kelaminnya.

Di samping dengan menggunakan cara USG, ciri ciri hamil anak perempuan juga dapat dideteksi dengan tes darah dan juga cairan ketuban ibu hamil. Akan tetapi tes ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, prosedur ini hanya bisa dilakukan di laboratorium khusus bukan digunakan secara komersial. Sehingga anda perlu mempersiapkan dana yang besar untuk melakukan tes ini.

Kesimpulannya sebelum anda mempercayai ciri ciri hamil anak perempuan. Sebaiknya anda periksa lagi kebenarannya dari di sisi medis agar lebih pasti. Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk menjalani pemeriksaan USG kehamilan. Anda juga jangan terburu-buru untuk mempersiapkan perlengkapan buah hati sebelum anda benar-benar mengetahui secara pasti jenis kelaminnya. Dengan demikian, anda akan mempersiapkan kebutuhan bayi dengan tepat.

2018-09-20T15:03:17+00:00

Leave A Comment

nineteen + 9 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link