fbpx

5 Ciri Nyamuk Demam Berdarah yang Perlu Anda Waspadai

Salah satu penyakit mematikan yang masih menjadi momok bagi masyarakat Indonesia adalah penyakit demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk demam berdarah. Penyakit yini biasanya akan muncul ketika musim penghujan tiba. Nyamuk DBD yang merupakan pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah, menyukai daerah-daerah yang banyak genangan air untuk berkembang biak. Agar terhindar dari ancaman nyamuk berbahaya tersebut, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengenali ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri nyamuk demam berdarah yang wajib Anda waspadai.

  1. Jenis nyamuk demam berdarah

Di Indonesia, virus dengue penyebab penyakit demam berdarah ditularkan oleh dua jenis nyamuk, yakni Aedes aegypti sebagai vektor utama dan Aedes albopictus sebagai vektor sekunder. Jenis nyamuk pembawa virus ini memiliki sifat anthropofilik yang artinya mereka lebih menyukai menghisap darah manusia. Nyamuk demam berdarah ini juga memiliki sifat multiple feeding, dimana mereka akan menghisap darah beberapa kali hingga mereka merasa kenyang untuk memenuhi kebutuhan darahnya. Sifat inilah yang menjadikan perumahan dengan jumlah penduduk yang padat lebih beresiko terserang demam berdarah. Satu nyamuk demam berdarah yang infektif dalam periode menggigit bisa menularkan lebih dari satu orang.

  1. Warna dan bentuk tubuh nyamuk

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengenali nyamuk demam berdarah adalah dengan melihat warna dan bentuknya. Jika Anda menemukan nyamuk dengan ciri berukuran kecil, berwarna hitam dengan belang putih diseluruh tubuh, maka bisa dipastikan bahwa nyamuk tersebut  adalah nyamuk demam berdarah. Dibekali dengan kemampuan terbang sejauh 100 meter, nyamuk ini memiliki daya jangkau penularan yang cukup jauh.

  1. Tempat perkembangbiakan

Jenis nyamuk demam berdarah akan mudah untuk ditemui di area pemukiman. Mereka sangat menyukai wadah atau tempat penampungan air yang jernih untuk menempatkan telur-telurnya. Nyamuk-nyamuk ini tidak hanya memilih tempat didalam rumah, tetapi juga diluar rumah. Oleh karena itu, kadangkala kita kecolongan karena hanya fokus membersihkan wadah air yang berada di dalam rumah saja.

Jenis nyamuk Aedes aegypti menyukai tempat yang lembap dan agak gelap. Mereka banyak ditemukan di area tempat penampungan air buatan, seperti ember, vas bunga, bak mandi, tempat minum burung, kaleng-kaleng bekas dan tempat-tempat yang serupa.

Sedangkan untuk jenis nyamuk Aedes albopictus, mereka banyak ditemukan di area penampungan air alami diluar ruangan, seperti misalnya lubang pohon, ketiak daun dan potongan bambu. Sering-seringlah untuk mengecek gantungan baju di dalam lemari Anda, karena tempat tersebut menjadi area yang disenangi oleh nyamuk demam berdarah.

  1. Waktu gigit

Nyamuk demam berdarah aktif menggigit pada waktu pagi hingga sore hari. Biasanya mereka akan aktif saat dua jam setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam. Hal penting yang perlu Anda waspadai, nyamuk ini bisa saja menggigit tanpa sepengetahun Anda, dimana mereka bisa menggigit dari bagian belakang tubuh atau pergelangan kaki dan area siku. Gigitan nyamuk demam berdarah seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga kita mungkin tidak sadar saat terkena gigitan nyamuk ini.  

  1. Pola jentik nyamuk demam berdarah

Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah, rasanya belum cukup jika kita hanya mengetahui bentuk dan warna nyamuk. Kita juga perlu membekali diri dengan mengetahui jentik mana yang merupakan jentik nyamuk demam berdarah. Untuk membedakan jenis jentik nyamuk demam berdarah dengan jentik nyamuk yang lain adalah jentik nyamuk demam berdarah biasanya bergerak aktif dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang. Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan jika menemukan hal ini adalah sesegera mungkin menguras dan membersihkan tempat penampungan air tersebut.

Cara mencegah gigitan nyamuk demam berdarah

Dengan mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah, sebenarnya kita sudah satu langkah lebih baik dalam upaya pemberantasan nyamuk tersebut. Namun, ada baiknya Anda melakukan pencegahan, dengan melakukan beberapa langkah yang telah kami rangkum di bawah ini agar terhindar dari gigitan nyamuk demam berdarah.

  1. Tutup, kuras, kubur dan daur ulang barang-barang bekas yang ada disekitar Anda yang bisa berpotensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk
  2. Gunakan lotion anti nyamuk, khususnya di jam-jam saat nyamuk demam berdarah aktif menggigit
  3. Gunakan baju lengan panjang, celana panjang dan kaos kaki agar lebih aman dari ancaman gigitan nyamuk
  4. Pasang kelambu atau gunakan selimut ketika untuk bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk saat mereka tidur.
  5. Gunakan obat nyamuk yang efektif untuk membunuh nyamuk dan ramah lingkungan.

 

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri nyamuk demam berdarah. Anda harus berhati-hati karena nyamuk demam berdarah membawa penyakit yang cukup fatal. Disarankan Anda untuk memiliki Asuransi yang tepat agar terlindung dari bencana keuangan yang disebabkan oleh penyakit tak terduga. Anda dapat menghubungi Agen Asuransi kami untuk konsultasi secara gratis.

2018-08-23T21:19:41+00:00

One Comment

  1. […] Demam berdarah dengue atau masyarakat lebih sering mengenalnya dengan nama demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dengan perantara nyamuk Aedes aegypti. Umumnya untuk mencegah terjadinya serangan nyamuk ini, biasanya dilakukan fogging atau penyemprotan untuk mencegah jentik-jentik nyamuk muncul dan berkembang biak. Namun, pencegahan lebih dini sebenarnya bisa Anda lakukan di rumah sendiri. Berikut adalah 5 langkah ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit akibat nyamuk demam berdarah. […]

Leave A Comment

7 + 12 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link