Asuransi Kesehatan

Setiap orang tentunya tidak berharap akan sakit atau tertimpa musibah. Namun tidak ada yang bisa memprediksi kapan orang akan sakit atau kecelakaan. Dan sakit ini akan terjadi pada semua orang tak hanya orang tertentu. Untuk itu sebagai antisipasi adanya sakit maupun biaya pengobatan yang membengkak, maka muncullah asuransi. Baik untuk Asuransi Jiwa & Asuransi Umum serta asuransi kesehatan yang sangat penting. Berikut ulasannya.

Berkenalan Dengan Asuransi Kesehatan Lebih Dekat dan Manfaatnya

  1. Sekilas Tentang Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan LengkapJika mengutip dari Investopedia pada tahun 2019 lalu, asuransi kesehatan merupakan jenis pertanggungan asuransi yang dibayarkan untuk medis, bedah dan hal hal yang terkait dengan biaya perawatan kesehatan. Sehingga perusahaan asuransi akan menerbitkan polis asuransi kesehatan dan biaya kesehatan akan ditanggung. Hal ini tentunya akan sangat membantu mengingat untuk membayar biaya pengobatan kini tidaklah  murah.

Asuransi kesehatan tidak hanya disediakan oleh pihak swasta namun juga dari pemerintah. Umumnya perusahaan asuransi akan menawarkan beberapa paket asuransi kesehatan ini terutama untuk karyawan. Ada yang ditanggung oleh perusahaan dengan cara potong gaji setiap bulan ada juga yang secara mandiri kita ajukan. Yang jelas keberadaan asuransi kesehatan ini sama pentingnya dengan Asuransi Jiwa & Asuransi Umum lainnya.

Pada dasarnya setiap orang wajib untuk membeli asuransi kesehatan, mengingat biaya kesehatan semakin lama tidak semakin turun. Jangan sampai tagihan rumah sakit menjadikan kita terseret dalam masalah keuangan. Bahkan tak jarang membuat seseorang bangkrut dan menjual semua investasinya. Inilah mengapa setiap individu harus memiliki asuransi kesehatan sebagai perlindungan untuk kesehatan baik karena penyakit atau kecelakaan.

  1. Keuntungan Miliki Asuransi Kesehatan

Kini ada banyak sekali perusahaan swasta yang menyediakan produk asuransi kesehatan. Dan tentunya memiliki asuransi kesehatan ini memiliki keuntungan untuk pemegang polisnya. Asuransi kesehatan bisa menjadi sebuah upaya untuk melakukan pencegahan apabila sesuatu yang buruk terjadi. Sebab sakit yang kita rasakan tidak begitu dirasa, padahal sakit bisa datang dari pola hidup yang tidak baik ataupun istirahat.

Keuntungan selanjutnya untuk menjaga kesehatan keluarga, karena terkadang sakit bisa datang karena riwayat sakit keluarga. Dengan mengetahui hal ini maka anda bisa menjaga pola hidup sehingga penyakit bawaan tersebut tidak menurun pada diri anda. Pola hidup yang berisiko juga bisa dihindari jika kita memiliki asuransi kesehatan. Sebab selain bisa digunakan untuk mengobati, juga bisa untuk check up kesehatan yang dibutuhkan.

Dan keuntungan yang paling terlihat dari Asuransi Jiwa & Asuransi Umum maupun asuransi kesehatan adalah untuk menanggung biaya tak terduga. Jika dalam asuransi kesehatan, anda tentunya tahu jika semakin hari biaya medis semakin meningkat. Asuransi kesehatan sudah memperhitungkan hal satu ini. Ketika anda dalam kondisi sehat, serta tak pernah klaim maka pihak perusahaan asuransi akan memberikan bonus khusus untuk anda.

  1. Manfaat Dari Asuransi Kesehatan

Tidak hanya bisa memperoleh keuntungan, asuransi kesehatan juga akanAsuransi Kesehatan Allianz memberikan anda manfaat. Manfaat ini akan mempermudahkan anda ketika sedang berobat atau perlindungan kesehatan lainnya. Manfaat yang didapatkan pertama adalah cashless. Sehingga jika anda datang berobat ke rumah sakit hanya perlu untuk menunjukkan kartu asuransi anda, kemudian menunggu beberapa saat dan sudah bisa mendapatkan penanganan.

Hal ini tentunya sangat memudahkan pasien, dikarenakan umumnya proses cashless ini akan lebih cepat serta aman dalam penanganannya. Apabila anda berobat tanpa asuransi, maka harus menyiapkan sejumlah dana terlebih dahulu barulah bisa mendapatkan perawatan. Namun tidak semua asuransi kesehatan menerapkan sistem ini, sehingga ketikan menentukan asuransi kesehatan anda harus memperhatikan manfaat satu ini.

Jika pada Asuransi Jiwa & Asuransi Umum atau lainnya akan mendapatkan uang pertanggungan, maka untuk asuransi kesehatan anda akan mendapatkan perawatan. Karena perawatan yang masuk dalam asuransi ini meliputi, rawat jalan, operasi, rawat inap, hingga manfaat lainnya. Seperti misalnya melahirkan ataupun penyakit kritis yang juga membutuhkan tindakan medis juga bisa tercover dengan asuransi kesehatan yang dimiliki.

Manfaat lainnya adalah mendapatkan jaringan rumah sakit yang luas. Tidak hanya rumah sakit dalam negeri namun juga hingga rumah sakit luar negeri. Jaringan rumah sakit yang luas akan memudahkan anda ketika akan berobat di manapun berada. Sehingga alangkah baiknya jika selalu memperhatikan jaringan rumah sakitnya. Semakin luas, maka semakin mudah anda untuk mengambil serta merasakan manfaat dari asuransi kesehatan yang anda miliki.

  1. Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Jika anda memang masih aktif bekerja dan di usia yang masih muda, maka sebaiknya segera memiliki asuransi kesehatan. Hanya saja untuk mendapatkan kesehatan terbaik haruslah jeli dan teliti. Dengan begitu anda bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal jika berhati hati. Hal pertama yang harus anda perhatikan baik untuk Asuransi Jiwa & Asuransi Umum maupun kesehatan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda harus penuhi.

Asuransi merupakan produk jangka panjang, sehingga anda benar benar harus memperhatikannya. Jika anda memiliki hobi ekstrim atau riwayat kesehatan yang cukup berisiko, maka sebaiknya membeli asuransi dengan tambahan. Selain itu anda juga harus memilih premi yang sesuai dengan kemampuan anda. Sebaiknya tidak begitu saja tergiur dengan premi yang murah begitu saja, terutama untuk asuransi kesehatan yang sangat penting ini.

Akan lebih baik jika anda memilih asuransi kesehatan yang memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan anda dan juga memiliki premi yang mampu anda penuhi. Akan percuma jika preminya murah namun ternyata tidak bisa memenuhi kebutuhan anda, atau bahkan ketika dibutuhkan tak bisa mengcover semuanya. Maka lebih baik sebelum memutuskan anda pahami produk asuransi dengan detail dan jangan sampai ada yang terlewat.

Jika memang tidak mengerti anda bisa menanyakan pada pihak yang berkaitan. Jangan sampai nantinya menyesal hanya karena tidak memperhatikan produk yang anda pilih dengan baik. Tanyakan apa saja yang membuat anda penasaran, lebih baik menjadi calon nasabah yang aktif namun tidak terjerumus. Untuk tips selanjutnya yang harus dilakukan dalam memilih asuransi kesehatan adalah sistem klaim yang diberlakukan.

Sebenarnya sistem klaim ini juga berlaku pada Asuransi Jiwa & Asuransi Umum dan lainnya. Karena jika sistem klaimnya rumit akan membuat anda susah. Ada dua sistem yang biasanya diterapkan dalam asuransi kesehatan, yakni reimbursement dan cashless. Sistem reimbursement sama dengan penggantian. Sehingga anda harus membayar semua tagihan terlebih dahulu, barulah nantinya mengajukan penggantian pada perusahaan asuransi anda.

Mungkin anda akrab dengan BPJS yang juga merupakan asuransi kesehatan. Namun masih banyak juga yang menggunakan asuransi kesehatan milik swasta. Gunanya sama, yakni untuk memberikan perlindungan di bidang kesehatan. Mengingat harga pengobatan tidaklah murah dan butuh biaya sedikit. Selain asuransi, menabung dan menerapkan pola hidup yang sehat juga bisa menjadi solusi untuk menghadapi masa depan dalam bidang kesehatan kita.