fbpx

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Investasi Saham

Dalam dunia investasi, sebenarnya tak ada batasan mengenai pengetahuan yang bisa dipelajari seseorang di dalam membantu dirinya supaya bisa menjadi investor yang lebih baik. Pada suatu kondisi pasar keuangan yang mengalami perubahan secara konstan, investor baru dimungkinkan akan langsung pergi apabila harus segera mempelajari beraneka macam dari pengetahuan investasi dalam tempo yang dinilai singkat. Investasi memang merupakan salah satu hal yang cukup penting, sebab mempunyai dampak atau pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi finansial anda, terlebih lagi untuk masa yang akan datang.

Dengan adanya investasi ini, maka untuk nilai uang anda akan semakin meningkat di tiap waktunya. Salah satu instrumentasi investasi yang kerap dipilih yaitu investasi saham. Investasi saham ini memang menawarkan banyak sekali keuntungan yang nilainya cukup besar. Bahkan, sampai sekarang ini saham menjadi salah satu investasi yang memberikan hasil relatif tinggi di antara berbgai macam jenis investasi yang lainnya.

Tips Sebelum Sebelum Memulai Investasi Saham

Tahukah anda bahwa proses analisis pada suatu saham bisa dinilai sangat berpengaruh terhadap hasil investasi sebesar 10%. Hasil investasi juga dipengaruhi money management sebesar 30%. Maka sebaiknya anda bisa disiplin dalam mengatur keuangan. Misalnya saja 75% untuk investasi dan 25% lagi untuk trading. Ternyata Psikologis anda untuk tetap independen serta percaya diri dengan analisa yang sudah dibuat memiliki pengaruh 60% terhadap hasil investasimu. Untuk lebih jelasnya berikut ini hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai investasi.

1. Ketahui dan Pahami Lebih Dahulu tentang Saham

Sebelum anda memulai investasi saham, pertama kali yang sebaiknya anda lakukan yaitu dengan mempelajari terlebih dahulu apa itu investasi saham. Terlebih lagi bagi anda yang masih pemula, sebaiknya anda harus banyak mencari referensi terkait hal tersebut. Dengan demikian, anda dapat lebih paham di dalam memilih investasi, pentingnya berinvestasi, serta mengetahui produk investasi lebih detail.

2. Cari Tahu Keuntungan dari Investasi Saham

Kemudian anda harus mengenali keuntungan yang dapat anda peroleh dari investasi tersebut. Harus anda tahu jika ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu capital gain serta pembagian dividen. Capital gain ini merupakan keuntungan yang diperolah dari selisih antara harga beli serta harga jual saham. Capital gain juga dapat diperoleh dari investasi jangka panjang maupun trading.

Kemudian untuk pembagian dividen diperoleh dari perusahaan yang mana Anda bisa menanamkan modal. Dividen merupakan keuntungan yang dibagikan pada investor saham dari perusahaan. Pembagiannya juga sesuai dengan porsi dari besarnya nilai saham masing-masing. Pada umumnya keuntungan yang dibagikan telah berbentuk laba yang bersih.

Namun, dividen ini pastinya saja tidak akan dibagikan apabila kondisi perusahaanmengalami kerugian. Tapi tidak menjamin juga bila perusahaan akan membagikan dividen ketika meraih keuntungan. Tiap-tiap perusahaan punya kebijaknnya masing-masing.oleh sebab itu, sebaiknya anda memahami hal tersebut sebelum memilih tempat anda akan menanamkan modal.

3. Apa yang Ingin Dicapai dari Investasi Saham

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan investasi saham, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu apa tujuan anda melakukan. Hal tersebut tak hanya anda lakukan ketika hendak berinvestasi saham. Namun, sebaiknya juga dilakukan ketika akan melakukan investasi lainnya. Dengan mengetahui tujuan berinvestasi, anda juga dapat tahu langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk dapat memenuhi tujuan tersebut. Sebaiknya, anda jangan lupa untuk menetapkan target yang hendak dicapai.

4. Tetapkan Target yang Diraih

Menetapkan target yang hendak anda capai itu sangatlah penting, terutama ketika akan membeli saham-saham yang ada di pasar modal. Untuk pencapaian target di sini yaitu sebaiknya anda harus mengetahui berapa keuntungan yang hendak anda capai saat return. Dengan menyusun pencapaian target, investasi yang anda jalankan tersebut bisa menjadi semakin terarah lagi.

5. Berapa Lama Ingin Investasi Saham

Terdapat dua jenis investasi yang dapat anda lakukan, diantaranya yaitu investasi jangka pendek serta investasi jangka panjang. Untuk investasi jangka pendek, sebaiknya anda harus bisa memerhatikan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual kembali saham. Kemuduan, untuk investasi jangka panjang, sebaiknya anda lebih memfokuskan pada saham yang hendak anda beli dan dijual dalam kisaran harga berapa saham itu akan dibeli serta dijual kembali. Apabila anda hendak memulai investasi saham, sebainya anda lebih memilih untuk memulai investasi jangka panjang. Dengan demikian, nantinya hasil keuntungan lebih terasa pada saat ditetapkan dalam waktu jangka panjang.

6. Pertimbangkan Kesanggupan dalam Menyediakan Modal

Hukum investasi yaitu jika semakin tinggi keuntungan yang diperoleh, maka akan semakin tinggi pula resikonya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda pandai dalam mengukur kemampuan yang dimiliki. Jika anda masih pemula, mungkin akan lebih aman apabila anda memilih investasi dengan modal yang kecil. Jangan lakukan investasi dengan tergesa-gesa. Sebaiknya investasi harus anda lakukan dengan rencana yang matang serta kuatkan mental.

7. Mulai Siapkan Modal Investasi

Pada saat semua hal detail mengenai investasi saham telah anda ketahui, mulailah untuk menyiapkan modal investasi. Kemudian, banyak modal investasi saham yang anda butuhkan ini pastinya sesuai dari saham apa yang akan anda beli.

8. Siapkan Modal yang Matang Sebelum Memulai Investasi Saham

Sebelum anda mencoba menjalani bisnis investasi saham, terlebih dahulu anda harus persiapkan modal yang matang dalam berinvestasi saham. Mulailah terlebih dahulu dari pengetahuan mengenai masalah saham sampai dengan urusan modal dana yang dibutuhkan. Dengan demikian, investasi saham yang dijalankan kedepannya dapat memberikan keuntungan yang jauh lebih maksimal.

2018-11-08T20:43:47+00:00

Leave A Comment

one + seven =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link