fbpx

Kanker: Pengertian, Pencegahan, dan Jenis-Jenisnya

Kanker adalah salah satu penyebab kematian utama di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah penyakit kanker juga cukup tinggi dan meningkat setiap tahunnya. Mungkin Anda sudah tahu bahwa ada banyak sekali jenis-jenisnya di luar sana. Di artikel kali ini, kami ingin membahas lebih dalam tentang penyakit kanker; penyebab, cara-cara mencegahnya, dan juga jenis-jenisnya yang sering ditemui.

Sebenarnya, apa itu kanker?

Kanker sendiri adalah penyakit yang dikategorikan sebagai pertumbuhan sel yang tidak dapat dikontrol. Di luar sana ada lebih dari 100 jenis kanker dan setiap jenisnya diklasifikasikan sesuai dengan tipe sel yang terpengaruh.

Kanker merusak tubuh ketika sel-sel yang berubah membelah tak terkendali untuk membentuk benjolan atau massa jaringan yang disebut tumor (kecuali dalam kasus leukemia di mana kanker melarang fungsi darah normal oleh pembelahan sel abnormal dalam aliran darah). Tumor dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, saraf, dan peredaran darah, dan mereka dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang tinggal di satu titik dan menunjukkan pertumbuhan terbatas umumnya dianggap jinak.

Tumor yang dianggap berbahaya atau ganas (malignant) biasanya terdeteksi jika dua hal berikut ini terjadi:

  • Sel kanker masuk ke bagian tubuh lain melalui darah atau sistem limfati dan membunuh tissue-tissue yang sehat dalam sebuah proses yang disebut dengan nama invasi.
  • Sel tersebut terbelah dan terus bertumbuh, kemudan membuat pembuluh darah baru agar tumor bisa terus bertumbuh. Proses ini dikenal dengan nama angiogenesis.

Ketika tumor menyebar ke bagian tubuh Anda yang lain dan terus bertumbuh, menghancurkan tissue sehat yang ada di tubuh, tumor Anda bisa dibilang sudah melalui proses metastasis. Jika tumor sudah mencapai tahap ini, ini sudah menjadi kondisi yang serius dan susah untuk disembuhkan.

Menurut data dari World Health Organization (WHO), kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia. Di tahun 2015, ada 8,8 just orang meninggal akibat kanker dan merupakan penyebab 1 dari 6 kematian di dunia.

Pencegahan Kanker

Walaupun masih ada perdebatan mengenai pencegahan kanker, para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker. Misalnya, dengan tidak merokok atau meminum alcohol Anda dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit Kanker. Kanker kulit bisa Anda hindari dengan melindungi tubuh Anda dari matahari. Ini bisa dilakukan dengan memakai sunscreen.

 

sayur buah kanker rahim kanker payudara kanker otak sadar asuransi

Tidak hanya itu, pola makan Anda juga dapat membantu Anda mencegah kanker. Ini dikarenakan apa yang kita konsumsi memiliki kaitan dengan penyakitnya. Dokter menyarankan untuk mencegah kanker Anda perlu mengurangi makanan berlemak dan banyak makan sayur dan buah.

3 Jenis Kanker yang Sering Terjadi

Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang banyak terjadi. Meskipun lebih banyak dialami wanita, kanker payudara dapat terjadi pada wanita maupun pria. Banyak orang mengatakan bahwa kanker payudara bisa terjadi karena faktor keturunan. Padahal, hanya 10% kasus kanker payudara bisa dibilang terjadi karena faktor keturunan. Untuk mengantisipasi kanker payudara, perempuan disarankan untuk melakukan mammogram setiap tahunnya. Memang mammogram sendiri tidak mengurangi jumlah kasus tersebut, namun, jika terdeteksi lebih cepat maka kemungkinan Anda untuk sembuh dari kanker payudara juga akan lebih besar.

Kanker Otak

Kanker otak bisa berupa tumor utama. Tumor ini biasa ditemukan di bagian otak dan jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, ada juga jenis tumor sekunder atau juga disebut dengan nama metastases. Jenis tumor ini biasa ditemukan sebagai akibat dari kanker di bagian tubuh lainnya.

Untuk jenis tumor utama, ada 40 lebih jenis dan biasanya dikelompokkan menjadi dua tipe utama:

Jinak (benign). Pertumbuhan tumor ini lambat dan tidak mungkin menyebar. Jenis yang umum adalah meningioma, neuroma, tumor hipofisis, dan craniopharyngioma.

Ganas (malignant). Ini adalah tumor kanker dan mampu menyebar ke bagian lain otak atau sumsum tulang belakang. Jenis umum termasuk astrocytomas, oligodendrogliomas, glioblastomas dan glioma campuran.

Kanker Rahim

Sesuai dengan namanya, kanker rahim adalah jenis kanker yang menyerang rahim atau system reproduksi wanita. Kanker ini juga dikenal dengan nama kanker endometrium karena biasanya kanker ini muncul dengan menyerang sel-sel dinding rahim. Dinding rahim sendiri memiliki nama medis endometrium. Tidak hanya itu, kanker rahim juga bisa menyerang otot-otot di sekitar rahim. Ini bisa menyebabkan terbentuknya sakoma uteri meskipun jarang terjadi.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk tahu lebih banyak tentang penyakit kanker serta bisa memperhatikan kesehatan Anda untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Apakah Anda sudah menjaga tubuh Anda dengan baik? Anda dapat mencegah terjadinya kanker dengan memanfaatkan daun sirsak. Kemudian, apakah Anda sudah memiliki rencana untuk kesehatan Anda ke depan? Jika belum, Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami untuk mendapatkan perlindungan kesehatan terbaik.

2018-09-13T21:24:02+00:00

Leave A Comment

four × 4 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link