fbpx

Tips Mengatur Keuangan Milenial Di Zaman Modern

Generasi Milenial merupakan salah satu generasi yang paling tau mengenai teknologi, cepat belajar, serta mempunyai gaya hidup dinamis. Akan tetapi, ada yang sudah paham mengenai edukasi finansial namun ada juga yang tidak. Milenial ini termasuk generasi yang lahir serta dibesarkan di tengah maraknya perkembangan teknologi informasi. Tidak bisa dipungkiri apabila keseharian generasi milenial ini tidak jauh dari smartphone, termasuk dengan berbagai macam aplikasi canggih yang ada di dalamnya. Memang, di bidang teknologi generasi ini dinyatakan lebih unggul.

Generasi milenial ini memang tumbuh besar di zaman teknologi yang sudah serba maju seperti ini. Anda bisa melihat saat ini, anak-anak atau balita sudah pandai sekali dalam memainkan gadget. Akan tetapi, selain menjadi kelebihan, keadaan yang seperti ini juga menjadi kekurangan bahkan memiliki dampak yang besar untuk hampir semua generasi. Di mana setiap orang pasti memiliki gadget lebih dari satu. Dari mulai smartphone, tablet, sampai dengan laptop. Jika alat-alat tersebut dijadikan sebagai sarana penunjang dalam bekerja, pastinya ini bisa menjadi hal yang wajar dan dinilai sangat baik. Akan tetapi, pada kenyataan banyak sekali yang memiliki teknologi yang canggih tersebut hanya untuk gaya atau masalah gengsi saja.

Dampak Kemudahan Teknologi Untuk Generasi Milenial

Perlu anda ketahui, jika kemudahan teknologi juga memiliki dampak yang dinilai kurang baik, salah satunya yaitu untuk memicu perilaku hidup konsumtif yang mengakibatkan pada memburuknya kondisi finansial pada masa yang akan datang. Perlu sekali untuk mengatur keuangan milenial. Sebagian milenial mengatur keuangannya yang sesuai dengan prioritas. Dan di sisi lainnya tidak memiliki kemampuan di dalam mengatur keuangannya dengan baik. Banyak para generasi milenial yang semaunya sendiri menghabiskan uang mereka untuk traveling, belanja, dan juga hangout.

Cara Mengatur Keuangan Milenial

Sebagai generasi Millenials, tentunya anda memiliki aset berharga dimana generasi diatas anda berharap mereka punya, yaitu WAKTU. Nah, bagaimana sih tips mengatur keuangan bulanan untuk milenial?

Plan to Succeed

Sebagian besar dari generasi millenial zaman sekarang ini sudah memiliki financial goals, akan tetapi apakah Millenial sudah memiliki perencanaan untuk day-to-day cash flow? Pastikan kegiatan keuangan milenial tersebut bisa tercatat dengan sebaik mungkin.

Be Done with Debt Sooner

Hutang merupakan salah satu hal yang sebaiknya dihindari oleh generasi Millenial. Apabila anda sudah memiliki hutang pastikan anda selesaikan itu secara tepat dan cepat. Terdapat banyak metode dalam menyelesaikan hutang bisa dengan metode Tsunami atau Snow-ball method.

Put Some Away

Sesudah anda mempersiapkan emergency fund, sebaiknya anda mulai berinvestasi. Berapapun itu gajimu, anda harus bisa selalu sisakan sebagian untuk berinvestasi. Saat ini sudah banyak fintech P2P lending yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk investasi jangka pendek atau panjang, Semakin awal anda mempunyai investasi, maka semakin besar kemungkinan anda bisa mencapai nilai yang anda inginkan pada masa depan. Sebab, untuk salah satu prioritas Milenial jaman sekarang yaitu membeli hal yang berhubungan dengan experience. Oleh sebab itu, sebaiknya, jangan habiskan semua uang yang anda miliki seperti itu, the experience of not having enough to live on in your later years won’t be very satisfying at all.

Pakai Kartu Kredit atau Tidak

Kartu kredit memang bisa menjadikan segala macam transaksi belanja anda bisa menjadi semakin mudah. Termasuk juga anda mendapat tawaran diskon-diskon menarik yang ada di dalamnya. Semua itu tidak menjadi masalah selama anda dapat mengontrol diri pada saat menggunakannya. Akan tetapi, harus anda ingat, selalu bayar tagihan tepat waktu supaya tak menemui masalah di kemudian hari.

Jangan Habiskan Gaji di Awal Bulan

Kebanyakan generasi milenial kurang cerdas di dalam mengalokasikan gaji bulanannya. Dengan demikian, tak jarang mereka akan mengalami kesulitan keuangan bahkan pada waktu masih berada di pertengahan bulan. Salah satu tips keuangan untuk milenial yaitu jangan habiskan semua gaji di awal bulan. Anda harus bisa menyisakan sebagian untuk kebutuhan pada saat akhir bulan.

Kontrol Gaya Hidup

Pada umumnya generasi milenial memang banyak yang lebih memilih membeli barang yang bermerek. Terkadang juga suka makan di restoran keren, atau hanya sekadar ngopi di tempat yang mahal. Apabila mempunyai gaji yang mumpuni, mungkin ini tidak menjadi bermasalah. Akan tetapi, apabila gaji yang anda miliki kecil dan anda punya kemauan yang banyak, tentu saja itu tidak dianjurkan. Sehingga, anda harus bisa control gaya hidup.

Batasi Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

Hindari hidup boros dengan membatasi pengeluaran. Pastikan dana di setiap pos-pos pengeluaran serta disesuaikan dengan kebutuhan saja. Anda bisa menghindari untuk membeli hal-hal yang tidak penting.

Manfaatkan Aplikasi Pengatur Keuangan

Banyak sekali generasi milenial yang sudah mengatur keuangan milenial mereka, akan tetapi tidak mencatat transaksi pengeluaran. Sehingga, di pertengahan bulan dana pun jadi menipis tanpa tahu kemana saja uang tersebut digunakan. Oleh sebab itu, anda harus bisa melakukan pencatatan, atau ada banyak aplikasi yang dapat anda unduh secara gratis guna mencatat pengeluaran dan juga pemasukan.

Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Hal yang Tak Terduga

Walaupun anda masih muda, anda juga harus memperhatikan masa depan anda. Sudah sepatutnya anda mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga di kemudian hari. Jangan sampai, aset anda tidak terproteksi dengan baik. Anda bisa konsultasi gratis dengan Tim BUSS dalam hal mempersiapkan diri dan melindungi aset untuk menghadapi hal yang tak terduga.

2018-11-08T20:49:53+00:00

Leave A Comment

4 × five =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link