fbpx

Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Lengkap Dengan Manfaatnya

Sedari kecil, saat kita di sekolah kita sudah diajari dengan istilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang menjelaskan berbagai macam kandungan gizi ideal untuk manusia. Makanan 4 sehat terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur-mayur dan juga buah-buahan. Serta untuk 5sempurna nya adalah susu. Nasi adalah sumber karbohidrat, sedangkan lauk pauk menjadi sumber protein. Untuk sayuran dan buah-buahan adalah sumber mineral dan juga vitamin.

Seperti yang kita tahu, bahwa makanan telah menjadi bahan utama yang dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber energi. Serta membantu pertumbuhan semua organ tubuh dan juga otak supaya bisa beraktivitas dengan baik. Makanan 4 sehat 5 sempurna mengandung gizi yang seimbang serta zat yang diperlukan tubuh. Untuk itu, pemenuhan dalam kesehariannya harus diperhatikan dan dijaga.

Contoh dan Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Tujuan dalam menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna yakni tercukupinya nutrisi serta gizi didalam tubuh. Dengan demikian, tubuh selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Bila dilihat dari kandungannya, yang disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin serta lemak tak jenuh. Diantaranya adalah:

Makanan pokok

Kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan pokok berupa karbohidrat. Fungsi dari karbohidrat adalah meningkatkan energi serta menjaga energi di dalam tubuh. Beberapa makanan yang didalamnya mengandung karbohidrat atau zat tepung ini diantaranya adalah: nasi, jagung, singkong, roti, gandum, dan juga kentang.

Nasi sering diandalkan menjadi sumber energi dari segi kandungan karbohidratnya. Karbohidrat berperan penting untuk tubuh manusia sebagai salah satu sumber energi dan tenaga. Namun dewasa ini, banyak orang yang memutuskan untuk mengganti kebiasaan makan nasi putih dengan umbi-umbian atau nasi merah. Hal ini karena sumber energi lain dianggap lebih sehat.

Misalnya saja beras merah, jika dibandingkan dengan nasi putih, maka beras merah mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah. Dengan demikian, jenis padi-padian ini lebih ramah untuk penderita diabetes. Disamping itu, dalam beras merah juga terdapat kandungan serat dan juga vitamin B yang lebih banyak jika dibandingkan nasi putih. Ini menjadikannya lebih ramah ketika dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, atau bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Sayur-sayuran

Di dalam sayur-sayuran terdapat kandungan gizi berupa serat dan vitamin. Serat dan vitamin ini berfungsi untuk membantu melancarkan pembuangan kotoran di dalam tubuh dan menjaga pencernaan. Di samping itu, juga bisa menjaga daya tahan tubuh supaya kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Sayuran yang baik yaitu sayuran yang memiliki warna hijau, misalnya brokoli dan bayam.

Warna hijau pada sayur menandakan didalamnya terdapat kandungan klorofil yang menjadi sumber antioksidan yang diperlukan untuk tubuh supaya terhindar dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas disamping itu sayuran hijau juga kaya dengan kandungan Sulfarophane dan isothiocynate yang mana keduanya memiliki sifat antikanker.

Sayuran lain yang sering dikonsumsi oleh masyarakat yaitu wortel. Dalam wortel, terdapat sumber beta karoten dan juga vitamin C yang bukan hanya baik untuk kesehatan mata. Akan tetapi nutrisinya juga dapat membantu memperlancar proses metabolisme serta menurunkan tekanan darah tinggi. Disamping kaya dengan berbagai macam vitamin, antioksidan dan juga mineral, sayur juga telah menjadi sumber serat yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Yang pasti, jangan sampai anda salah dalam memilih serta mengolah sayur. Jika memungkinkan, sebaiknya anda memilih sayur organik. Sebab sayur organik akan bebas pestisida dan ketika mengolahnya sebaiknya anda hindari memasak sayur terlalu lama. Supaya nutrisi penting nya tidak hilang.

Lauk pauk

Kandungan gizi yang ada di dalam lauk pauk berupa protein. Protein memiliki fungsi dalam membangun jaringan tubuh yang baru dan mengganti jaringan tubuh yang telah rusak. Melarutkan berbagai vitamin, menjaga keseimbangan asam basa dan juga membangun bagian-bagian sel tertentu dalam tubuh. Beberapa contoh lauk pauk yang didalamnya terdapat kandungan protein diantaranya adalah tempe, ikan, tahu, ayam dan telur.

Jika karbohidrat bisa didapat dari umbi dan juga padi-padian, dalam istilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Maka lauk pauk menjadi sumber protein nya. Kita bisa memperoleh nutrisi protein dari berbagai macam jenis lauk pauk. Sumber protein sendiri dibedakan dalam dua jenis. Yaitu protein nabati dan hewani. Untuk protein nabati di antaranya bisa didapatkan dari biji-bijian, kacang-kacangan, tempe, tahu. Sedangkan untuk protein hewani bisa didapatkan dari sumber makanan berupa bebek, kambing, ikan, sapi, ayam, seafood dan juga telur.

Disamping protein, saat anda mengkonsumsi daging, maka tubuh bisa mendapatkan asupan lemak. Karena tidak semua lemak baik untuk kesehatan tubuh, maka dari itu sebaiknya anda harus pandai ketika memilih dan mengolah lauk pauk. Pastikan anda tidak mengkonsumsi lemak jenuh terlalu banyak yang sering menyertai makanan berminyak seperti gorengan. Sebab bisa membahayakan kesehatan.

Buah-buahan

Jika kandungan gizi yang terdapat didalam sayur adalah vitamin dan juga mineral, maka hampir sama dengan sayuran buah-buahan juga memiliki fungsi bagi kesehatan pencernaan. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tubuh anda. Adapun contoh buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral diantaranya adalah strawberry, jambu biji, alpukat, rambutan, apel, sirsak, anggur, jambu air, jeruk, semangka, melon, kelengkeng, mangga, salak, nanas, pepaya dan pisang.

Anda mungkin tak menyangka, jika dibalik warna buah ternyata tersimpan kandungan nutrisi yang berbeda. Buah yang memiliki warna hijau bukan hanya kaya dengan vitamin C. Tapi juga betakaroten, kalsium, dan juga folat. Sehingga baik sekali bagi penderita kolesterol, pencernaan, kesehatan mata, serta menangkal radikal bebas.

Beda lagi dengan buah yang memiliki warna kuning. Artinya buah tersebut kaya betakaroten, kalium dan vitamin C. Kalium sendiri mempunyai peran aktif dalam menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker dan memperlancar sistem metabolisme.

Sedangkan untuk buah yang berwarna ungu, kandungan magnesium yang ada di dalamnya terbukti baik sekali untuk pencernaan, sistem imun tubuh, mencegah kolesterol dan sebagai antiradang. Sementara untuk buah yang berwarna merah, digadang-gadang bisa membuat asam ellagic dan hesperidin yang bersifat antikanker, sebab dapat menangkal radikal bebas.

Susu

Susu merupakan penyempurna atau pelengkap dari daftar menu makanan 4 sehat yang telah disebutkan di atas tadi. Sebagai penyempurna untuk melengkapi kebutuhan gizi, maka susu wajib dimasukkan di dalam menu makanan sehari-hari. Kandungan gizi yang ada pada susu berupa kalsium, vitamin A, vitamin D, vitamin B12 dan juga fosfor. Manfaat baik yang dapat anda peroleh dari konsumsi susu adalah:

Susu dapat mencegah kanker usus, melancarkan pencernaan, mencegah kerusakan gigi, membentuk otot, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah osteoporosis bagi orang dewasa, melancarkan pencernaan dan menghaluskan kulit.

Dengan kita mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, maka kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh kita akan selalu terjaga. Sehingga kita bisa beraktivitas dan selalu sehat dalam menjalani kehidupan.

2018-09-19T13:59:14+00:00

Leave A Comment

2 × 5 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link