fbpx

5 Manfaat Asuransi Jiwa dan Jenis-jenisnya

Apakah Anda sudah memiliki Asuransi Jiwa? Apakah Anda sudah memahami Manfaat Asuransi Jiwa sebagai salah satu Manfaat Asuransi yang perlu anda ketahui? Sudahkah anda mengetahui informasinya dengan benar dan telah Sadar Asuransi? Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk Anda renungkan supaya Anda dapat melakukan antisipasi sejak dini.

Asuransi sendiri merupakan perjanjian bersama antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang ingin mengurangi resiko kehilangan. Namun, karena kurangnya pemahaman atas perjanjian dan manfaat yang ada pada prolis asuransi tersebut, mengakibatkan beberapa orang menjadi kecewa sehingga merasa dirugikan setelah memanfaatkannya.

Manfaat Asuransi Jiwa - Sadar Asuransi

Hal seperti ini bisa saja dicegah dan dihindari, jika sejak awal Anda meluangkan waktu dan mempelajari polis asuransi yang akan Anda gunakan tersebut secara seksama dan memahami betul setiap perjanjian di dalamnya.

Apakah asuransi jiwa itu?

Asuransi jiwa memiliki artian yaitu sebagai bentuk pelayanan asuransi yang bisa memiliki manfaat dikemudian hari sebagai perlindungan atas kerugian finansial maupun hilangnya penghasilan seseorang karena kematian salah satu anggota keluarganya yang umumnya menjadi sumber nafkah bagi keluarga.

Pada saat salah satu anggota keluarga meninggal, terutama yang menjadi sumber nafkah bagi keluarga, maka dapat dipastikan keuangan keluarga akan mengalami goncangan dan bahkan hal ini bisa berlangsung dalam waktu yang panjang (selamanya). Untuk mengantisipasinya, maka aan sangat bijak bila sejak awal Anda menggunakan asuransi jiwa. Hal ini bertujuan untuk menjamin kelangsungan keuangan keluarga, pendidikan anak, kesehatan dan kelayakan hidup anggota keluarga yang ditinggalkan.

Selain bisa dibel ntuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung, asuransi jiwa juga dapat dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Seperti halnya suami bisa membeli asuransi jiwa serta dengan istri sebagai tertanggung, atau bisa juga orangtua membeli asuransi jiwa serta dengan anaknya sebagai tertanggung.

Apa saja Manfaat Asuransi Jiwa itu?

Keuntungan Asuransi Jiwa Allianz

1. Investasi masa depan
Dengan adanya asuransi ini akan menjadikan anda lebih mudah mendapatkan investasi di masa yang akan datang. Jadi, suatu saat pasti bermanfaat untuk kebutuhan di masa depan

2. Menentramkan fikiran
Meninggalnya tulang punggung keluarga tentunya tidak hanya membawa duka untuk keluarga yang di tinggal. Hal tersebut juga akan menjadi beban fikiran untuk mencari nafkah. Risiko tersebut pasti dapat terhindar dengan membeli polis asuransi, yang mana nantinya kehidupan keluarga dan keuangan keluarga masih tetap berjalan setelah menghadapi musibah kematian anggota keluarganya.

3. Bisa untuk tabungan
Menabung di asuransi jiwa merupakan pilihan alternatif terbaik untuk kebutuhan jangka panjang Anda karena sifat pembayaran premi yang teratur, wajib, dan tidak mudah diambil sewaktu-waktu.

4. Perlindungan aset
Saat tertanggung meninggal dunia, sesuai kesepakatan atas perjanjian, asuransi jiwa akan menawarkan uang pertanggungan langsung kepada penerima manfaat. Uang ini bisa digunakan untuk membayar biaya pajak saat proses pewarisan aset lain (seperti pajak untuk balik nama properti, biaya notaris untuk mencairkan deposito, dll). Uang pertanggungan dari asuransi jiwa memastikan anggota keluarga yang ditinggalkan mampu membayar semua biaya.

5. Pendidikan anak terjamin
Asuransi jiwa cocok untuk anda yang masih memiliki tanggungan membiayai anak sekolah. Jika anda sudah mempersiapkan sejak dini, anda tidak akan terlalu berat utuk melanjutkan pendidikan selanjutnya. Anda bisa mendapatkan Asuransi Jiwa Dengan Premi Termurah dengan bergabung menjadi mitra yang terpercaya

Selain memahami manfaat asuransi jiwa di atas, anda juga perlu mempertimbangkan biaya premi yang mesti anda keluarkan secara berkala, pada umumnya dibayar setiap bulan atau tahun dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini harus anda perhitungkan dalam khas pengeluaran anda. Jangan sampai anda gagal membayar yang bisa mengakibatkan berhentinya polis dan hilangnya uang anda.

Besarnya premi sangat bergantung pada usia, hobi dan kebiasaan, riwayat kesehatan, serta uang pertanggungjawaban yang ingin anda dapatkan. Biasanya semakin tua anda, semakin banyak riwayat penyakit anda, atau jika anda memiliki hobi yang berbahaya yang bisa meningkatkan resiko, anda harus membayar premi yang lebih besar pula. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memiliki Asuransi Jiwa sejak usia dini.

Jenis-jenis polis asuransi jiwa

Jenis-jenis Polis Asuransi Jiwa - Sadar Asuransi Allianz

Asuransi jiwa memiliki beberapa jenis produk, yang masing-masing jenis produknya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berbagai jenis produk asuransi jiwa ini mempunyai tujuan untuk melayani macam-macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat.

1. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
Ialah suatu jenis dari asuransi jiwa yang memberikan dua keuntungan sekaligus. Pada manfaat yang pertama dalam periode waktu tertentu sesuai atas kebijakan polis asuransi yang anda beli, anda akan menerima sejumlah uang pertanggungan kalau tertanggung meninggal dunia/mati. Manfaat yang kedua, apabila tertanggung masih hidup hingga saat jangka waktu berakhir, maka tertanggung berhak akan mendapatkan semua uang pertanggungan.

2. Asuransi Jiwa Berjangka (Term)
Adalah suatu kebijakan yang paling sederhana dan yang paling murah. Polis ini biasanya diambil untuk jangka waktu tertentu, misalnya antara 5, 10, 20 atau 30 tahun. Tujuannya yaitu untuk menyediakan kebutuhan temporer, misalnya seperti rumah, pendidikan anak, pembayaran hipotek, dan lain sebagainya. Pada jenis produk seerti ini, sangat cocok bagi anda yang mempunyai kebutuhan untuk asuransi yang besar, namun juga memiliki daya beli yang terbatas.

3. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Yaitu jenis dasar Asuransi Jiwa bersifat permanen dengan memberikan perlindungan asuransi seumur hidup. Jika anda ingin manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, ataupun anda yang menyukai ide tabungan jangka panjang. Jika anda menginginkan proteksi jiwa sekaligus memiliki tabungan untuk kebutuhan darurat, misalnya seperti biaya tagihan rumah sakit. Ataupun, jika anda ingin mendapatkan pertumbuhan modal investasi anda, anda dapat mempertimbangkan membeli polis asuransi ini. Tetapi anda harus bersiap untuk membayar premi yang lebih besar, dari pada Asuransi Jiwa Berjangka.

Lindungi Anda dan Keluarga Anda dengan Asuransi jiwa yang merupakan bentuk perlindungan dan kepedulian Anda kepada keluarga dan orang-orang yang Anda cintai, tidak ada salahnya jika anda memilikinya sebagai sebuah bentuk antisipasi dan jaga-jaga pada hal buruk yang kemungkinan bisa saja terjadi, terutama bagi Anda yang memiliki tanggungan. Pertimbangkanlah pentingnya nilai dari suatu asuransi jiwa agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Sekian pembahasan mengenai Manfaat Asuransi Jiwa yang merupakan salah satu unsur terpenting dari Manfaat Asuransi secara keseluruhan.

2018-04-11T22:41:21+00:00

Leave A Comment

seventeen + 7 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link