7 Manfaat Asuransi Kesehatan dan Jenis-jenisnya

Manfaat Asuransi Kesehatan

Jaman sekarang banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi secara mendesak, oleh karena itu kita harus pintar-pintar mensiasati kebutuhan yang mendadak. Salah satunya adalah dengan memahami manfaat asuransi kesehatan dan memilikinya. Asuransi kesehatan tidak hanya menguntungkan ketika kita sakit tetapi juga dapat memberikan perlindungan keuangan anda. Anda tidak perlu lagi kebingungan dana karena semua sudah di tanggung oleh asuransi, kapanpun dana itu dibutuhkan ketika anda maupun keluarga anda sakit. Sehingga, asuransi kesehatan juga menambah nilai berbagai manfaat asuransi yang ada.

Asuransi kesehatan cara tepat investasi masa depan

Asuransi adalah perjanjian bersama antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang ingin mengurangi resiko kehilangan. Resiko kehilangan disini  seperti harta, kesehatan, dan lain sebagainya.  Asuransi kesehatan adalah pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dengan sistem berjalan dan sesuai dengan konsep dari resiko. Anda dapat menyisihkan sebagian penghasilan anda secara berkala, dan dapat digunakan jika ada kebutuhan yang mendadak dan tidak terduga. Jadi di masa depan anda tidak perlu bingung untuk biaya pengobatan dan perawatan kesehatan anda.

Jika Anda ingin merasa aman dengan mendapat jaminan untuk kejadian tak terduga yang mungkin terjadi, ubah sudut pandang dan pola pikir Anda bahwa asuransi tidak memiliki manfaat atau hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Asuransi tidak hanya mengenai jaminan terhadap aset, penyakit,  tetapi juga bisa sebagai investasi jangka panjang yang sangat baik untuk nada dan keluarga jika hal-hal tidak di inginkan melanda.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

Setiap PT atau perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawanya, sudah jelas akan menyatakan produk asuransi yang dipilih adalah asuransi yang paling bagus. Apabila secara garis besar, maka ada dua jenis perawatan yang diberikan perusahaan asuransi yaitu jenis asuransi rawat inap dan asuransi rawat jalan.

Sebelum memilih asuransi mana yang cocok untuk Anda, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang asuransi kesehatan tersebut.

  1. Asuransi kesehatan komersial

Asuransi kesehatan komersial yang merupakan asuransi bersifatnya sukarela atau tidak wajib. Asuransi kesehatan komersial ini bisa sesuai dengan keinginan pribadi perseorangan, dengan untuk mendapatkan perlindungan diri dari semua resiko yang mungkin akan diterima. Pada saat sekarang ini, sudah banyak perusahaan swasta yang menerbitkan produk asuransi kesehatan komersial. Peminat  asuransi dari asuransi kesehatan perusahaan komersial swasta ini sangat banyak, karena setiap orang bisa mengasuransikan kesehatannya sesuai dengan keinginannya.

  1. Asuransi kesehatan sosial

Asuransi kesehatan sosial merupakan salah satu cara untuk bisa mengurangi resiko diri sendiri. Asuransi kesehatan sosial ditujukan kepada semua  masyarakat, baik itu yang mampu ataupun yang tidak mampu. Asuransi kesehatan sosial bagi masyarakat yang tidak mampu, akan di bantu secara langsung oleh pemerintah yang sifatnya menjamin kebutuhan kesehatan masyarakat. Untuk menjadi peserta asuransi kesehatan sosial adalah wajib bagi setiap masyarakat.

Pembayaran premi yang dibayarkan, berdasarkan penghasilan yang diperoleh perorangan dalam setiap bulannya. Selain dari pembayaran premi berdasarkan penghasilan dari perorangan, pembayaran premi juga bisa ditanggung secara bersama oleh perusahaan. Penerima jaminan kesehatan dari asuransi kesehatan sosial tidak hanya perorangan atau diri sendiri, tetapi juga keluarga akan mendapat jaminan kesehatan. Setiap peserta yang sedang mengalami resiko sakit, maka akan mendapatkan kompensasi.

Contoh perusahaan asuransi kesehatan yang ada di negara Indonesia diataranya ialah Allianz, Cigna, prudential,dan AIA

7 manfaat asuransi kesehatan

Sesudah anda mengetahui jenis dari asuransi kesehatan dan berniat untuk mulai menjadi peserta dari asuransi, maka ada baiknya anda juga mengetahui manfaat asuransi kesehatan yang paling bagus dan terpercaya. Berikut ini adalah beberapa manfaat asuransi kesehatan untuk menyakinkan anda memilih asuransi kesehatan yang paling tepat.

  1. Bisa menjadi tabungan kesehatan

Karena kebutuhan yang sangat tinggi, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal menabung. Sehingga hanya terfokus kepada kebutuhan pada saat ini saja, dan kebutuhan untuk kesehatan menjadi terlupakan. Akan tetapi dengan mengikuti asuransi kesehatan, Anda hanya membayar permi saja untuk tabungan kesehatan Anda.

Asuransi kesehatan, bisa menjadi tabungan kesehatan untuk Anda atau pun keluarga Anda. Dengan rutin membayar premi yang sudah disepakati dalam suatu periode, asuransi kesehatan akan sangat berguna atau bermanfaat untuk Anda dimasa sekarang atau nanti.

  1. Memberikan Ketenangan

Bila Anda termasuk golongan orang yang sangat siap terhadap sesuatu yang beresiko kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan mudah. Kehadiran penyedia jasa asuransi bisa memberikan jawaban dan meringankan beban kejadian tak terduga saat dating dengan tiba-tiba.

Asuransi ini memiliki manfaat untuk memberikan proteksi dari risiko yang tidak terduga dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi pemegangnya. Penggantian yang diberikan dari pihak penyedia layanan jasa asuransi kesehatan ini setidaknya akan menjaga sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran Anda atas suatu kejadian. Asuransi kesehatan juga dikenal sebagai alternatif pengendalian kerugian dengan melakukan survei lapangan serta memberikan rekomendasi kepada pemegang  asuransi untuk melakukan tindakan preventif dan penjagaan kerugian.

  1. Bisa meringankan beban

Dengan cara mengikuti asuransi kesehatan, maka beban Anda dalam memenuhi kebutuhan pokok Anda sedikit berkurang. Karena Anda hanya membayar premi yang sudah disepakati saja, sehingga kebutuhan pokok yang lainnya masih bisa Anda penuhi.

  1. Bisa mendapatkan perawatan kesehatan yang layak

Jika Anda belum bergabung dengan asuransi kesehatan, Anda akan merasa berat untuk membayar biaya pengobatan dan juga perawatan atas penyakit tertentu yang datang secara tiba-tiba sehingga kerugian lebih banyak hanya untuk mendapatkan pelayanan yang bagus. Dengan cara bergabung menjadi nasabah asuransi, maka pihak asuransilah yang akan menanggung biaya kesehatan tersebut.

  1. Meningkatkan efisiensi

Apabila Anda bergabung dengan pihak asuransi, maka waktu dan juga pengamanan Anda terhadap seluruh kesehatan anggota keluarga akan menjadi lebih efisien karena pihak asuransi akan melindungi secara menyeluruh dan bergerak cepat apabila ada resiko.

  1. Transfer resiko

Apabila kalian bergabung menjadi nasabah asuransi kesehatan, maka secara otomatis akan terjadi sebuah transfer resiko yang akan ditanggung oleh pihak asuransi sebagai pihak penanggung. Sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas dengan sebuah resiko yang mungkin menimpa Anda dan keluarga.

  1. Membantu mengatur keuangan

Kewajiban Anda untuk membayar premi secara rutin, untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan ketika terjadi kejadian tak terduga. Meski begitu, ketika ada kejadian tak terduga benar-benar terjadi pada Anda dan mengharuskan Anda mengeluarkan kocek yang cukup banyak untuk menanggulangi hal tersebut, adanya asuransi akan membantu  Anda untuk mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan Anda.

Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi ini akan menyediakan ganti rugi.

Asuransi adalah cara untuk setiap orang, agar bisa mendapatkan perlindungan dari suatu masalah yang mungkin akan diterima. Asuransi kesehatan adalah cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perlindungan kesehatan, bisa secara asuransi kesehatan sosial ataupun asuransi kesehatan komersial.

Demikian ulasan diatas mengenai asuransi kesehatan, jeni-jenis asuransi kesehatan dan juga manfaat dari asuransi kesehatan. Semoga ulasan diatas bisa membantu dan menambah referensi Anda dalam memahami berbagai jenis manfaat asuransi.

2018-04-11T22:45:13+00:00

Leave A Comment

13 + 4 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link