8 Manfaat Asuransi Pendidikan dan Tips-tipsnya

Manfaat Asuransi Pendidikan dan Perbedaannya dengan Tabungan Pendidikan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatanan dan jiwa, Asuransi juga memiliki Manfaat Asuransi Pendidikan loh. Kita semua tahu bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk didapatkan. Dengan adanya pendidikan kita akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai banyak hal. Pendidikan identik dengan sekolah yang ada di lembaga pendidikan dengan adanya staf pengajar. Biaya untuk mendapatkan pengetahuan di lembaga pendidikan tergantung pada jenis sekolah yang Anda pilih. Ada sekolah yang menetapkan biaya yang mahal dan ada pula sekolah yang menetapkan biaya standar. Namun untuk mendapatkan layanan serta lembaga pendidikan yang terbaik biasanya akan dikenakan biaya pendidikan yang relatif lebih mahal.

Sebagai orang tua kita pasti ingin anak kita mendapatkan pendidikan yang ada di sekolah terbaik atau terfavorit yang ada di daerah Anda masing-masing. Namun, keinginan tersebut sering terkendala dengan biaya pendidikan yang mahal. Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menggunakan asuransi pendidikan agar buah hati Anda mendapatkan pelayanan dan lembaga pendidikan yang terbaik yang ada di daerah Anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lebih detail mengenai berbagai manfaat asuransi pendidikan didalam program asuransi tersebut. Penasaran kan apa saja manfaat asuransi pendidikan yang bisa Anda dapatkan? Yuk segera simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya Menggunakan Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan menurut saya pribadi sangatlah pentng untuk kelangsungan pendidikan anak-anak Anda di masa mendatang jikalau ada hal yang membuat ekonomi Anda berada di titik terendah, Maka dari itu menggunakan asuransi pendidikan sangat di anjurkan untuk kalangan pembisnis yang sedang berkembang karena kita tidak akan pernah tahu ada apa di depan sana, untuk menjamin pendidikan anak Anda, alangkah baiknya Anda menggunakan asuransi pendidikan.

Untuk jenis-jenis lain dari asuransi pendidikan Anda bisa membaca ulasan di bawah ini mengenai 2 macam asuransi pendidikan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Jenis-jenis Asuransi Pendidikan

  • Asuransi Pendidikan Dwiguna atau Endowment (Berjangka)

Asuransi jenis ini memberikan program di mana Anda akan di bantu untuk menyiakan dana saat anak Anda mulai masuk perguruan tinggi sampai anak Anda lulus di usia 23 Tahun dengan aturan ini anak Anda pastinya akan berlajar dengan giat agar bisa mencapai umur di mana umur sekian sudah bisa lulus tanpa memutus asuransi di tengah jalan.

Dengan ketentuan pembayaran dengan tunai sebagai dana pendidikan dengan nilai totalnya sampai sebesar 250% dari uang pertanggungan yang Anda bayarkan saat mengangur, dan masa pembayaran premi ini bersifat fleksibel yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan anak Anda maupun kondisi keuangan Anda saat ini, setidaknya 5, 10 dan 15 tahun.

  • Asuransi Pendidikan Unitlink

Asuransi pendidikan untuk jenis Unitink ini semacam deposito yang bisa di bagi per unit di mana Anak Anda saat nanti memasuki jenjang-jenjang tertentu baru bisa di cairkan misalnya SD, SMP dan SMA. Dengan ketentuan dana yang masuk akan di kelulo oleh perusahaan sebagai investasi dengan menggunakan reksa dana.

Manfaat Asuransi Pendidikan Yang Harus Anda Ketahui

Adapun manfaat dan aa yang harus Anda ketahui tentang asurans pendidikan dan dari adanya asuransi pendidikan ini akan di bawah di bawah ini.

  1. Menjamin Kepastian Pendidikan Anak

Bagi Anda yang mengikuti asuransi pendidikan bagi anak Anda maka Anda secara tidak langusung meminta bantuan dari jasa asuransi untuk menjamin adanya biaya pendidikan anak hingga mereka dapat menyelesaikan pendidikannya. Dengan adanya dan Anda bisa memanfaatkan asuransi pendidikan ini, Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir akan kelangsungan pendidikan anak Anda karena biaya pendidikan akan dijamin oleh jasa asuransi pendidikan yang Anda ikuti.

  1. Melindungi Orang Tua

Asuransi pendidikan juga berperan penting bagi Anda orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Manfaat asuransi pendidikan adalah melindungi Anda sebagai orangtua yang menanggung beban keuangan keluarga. Misalnya saja pada saat Anda sebagai orang tua mengalami sakit parah, cacat atau yang terburuk adalah meninggal dunia.

Pada kondisi ini, Anda tidak dapat membiayai pendidikan anak Anda, maka perusahaan asuransi akan tetap mencairkan dana bagi pendidikan anak Anda sesuai dengan kesepakatan di awal perjanjian yang sudah Anda dan pihak asuransi lakukan. Hal ini merupakan manfaat asuransi pendidikan yang dapat Anda rasakan dan akan sangat melegakan sekali bukan. Jadi, Anda sebagai orangtua tidak perlu khawatir jika anak Anda akan putus sekolah.

  1. Dapat Mengatur Keuangan dengan Lebih Baik

Manfaat asuransi pendidikan selanjutnya adalah secara tidak langsung jika Anda mengikuti asuransi pendidikan Anda juga akan dapat mengatur dan mengalokasikan dana keuangan yang Anda miliki.

Adanya sistem pembayaran premi atau angsuran yang dibayarkan per bulan atau per tahun secara teratur Anda akan menyisikan untuk keperluan asuransi pendidikan anak Anda yang lebih penting sehingga uang Anda tidak akan habis dengan hal-hal lain yang tidak cukup penting.

  1. Sebagai Tabungan Pendidikan Anak

Walaupun asuransi pendidikan berbeda denga tabungan pendidikan namun asuransi pendidikan dapat dikatakan sebagai tabungan untuk pendidikan masa depan anak Anda. Dengan mengikuti asuransi pendidikan, Anda dapat mencicil biaya pendidikan anak anda mulai dari anak anda masih kecil. Sehingga, pada saat anak anda sudah besar dan sipa mengenyam pendidikan, anda sebagai orangtua tidak akan terlalu pusing memikirkan biaya pendidikan anak anda karena pihak asuransi akan mengcover semua biaya pendidikan yang dibutuhkan.

  1. Sebagai Sarana Berinvestasi

Manfaat asuransi pendidikan yang selanjutnya adalah secara tidak langsung anda juga akan berinvestasi pada perusahaan asuransi pendidikan yang anda pilih. Investasi sendiri dapat dikatakan sebagai gaya hidup bagi masyarakat pada saat ini, banyak orang yang mengakui bahwa investasi merupakan suatu hal yang penting. Hal ini karena seperti yang kita tahu, biaya hidup semakin lama semakin mahal dan nilai mata uang semakin lama juga semakin turun sehingga kita tidak dapat hanya mengandalkan penghasilan murni anda untuk menjaga keuangan anda tetap stabil.

Ditambah lagi kita tidak selamanya mampu mendapatkan penghasilan uang seperti pada saat ini, oleh karena itu investasi merupakan cara terbaik untuk menjaga kestabilan keuangan anda baik pada saat ini dan masa mendatang. Produk asuransi pendidikan yang ditawarkan pada saat ini kebanyakan sudah termasuk  ke dalam fitur asuransi sehingga kita tidak hanya mengasuransikan pendidikan anak namun juga dapat sekaligus berinvestasi.

  1. Memberi Rasa Tenang

Tujuan dari adanya asuransi yang dilakukan oleh orang-orang yang mengikuti program asuransi pada saat ini tidak lain adalah untuk memberikan rasa tenang akan adanya risiko atau kemungkinan terburuk yang akan terjadi.  Misalnya saja jika terjadi sesuatu yang tidak anda inginkan, dengan ikut asuransi maka akan membuat anda menjadi tidak terlalu kesulitan dan kekhawatiran mengenai dampak dari risiko yang mungkin akan terjadi.

Begitu juga bagi anda yang mengikuti program asuransi pendidikan. Manfaat asuransi pendidikan yang anda dapatkan adalah anda akan merasa tenang dan terjamin akan kelangsungan pendidikan anak anda meski nantinya terjadi sesuau yang tidak anda inginkan.

  1. Pembayaran Premi yang Fleksibel

Manfaat asuransi pendidikan berikutnya adalah anda bisa membayar premi secara fleksibel. Maksud dari kata fleksibel disini adalah sebagai nasabah anda tidak hanya dapat membayar premi setiap satu bulan sekali namun juga bisa membayar premi dalam waktu 3 bulan sekali, 6 bulan sekali atau bahkan setahun sekali.

Jadi, hal ini akan memudahkan anda jika anda malas untuk pergi ke bank selama satu bulan sekali, anda bisa memilih pembayaran premi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

  1. Pembayaran Premi Sesuai dengan Keuangan

Pembayaran premi yang disesuaikan dengan keadaan finansial atau keuangan anda juga dapat dikatakan sebagai manfaat asuransi pendidukan yang akan anda dapatkan. Hal ini karena anda akan diuntungkan dengan pembayaran premi yang sesuai dengan keinginan dan kondisi keuangan atau finansial anda.

Keunggulan Asuransi Pendidikan Dibandingkan Tabungan Pendidikan - SadarAsuransi.ID

Keunggulan Asuransi Pendidikan Dibandingkan Tabungan Pendidikan

Pada umumnya masyarakat terkadang masih kurang paham mengenai perbedaan dari asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, bahkan mungkin anda menganggap keduanya sama saja. Kedua produk ini memang terlihat sangat mirip sekali, namun sebenarnya kedua produk tersebut memiliki perbedaan diantara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan yang cukup mencolok. Berikut perbedaan dari asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan.

  1. Pemilik Produk

Jika dilihat dari pemilik produk keduanya, tabungan pendidikan merupakan produk yang dikeluarkan oleh pihak bank sehingga biasanya untuk bisa mengikuti program tabungan pendidikan ini, anda akan mendapatkan jaminan dari LPS pada saat bank mengalami kesulitan keuangan. Hal ini berbeda dengan asuransi pendidikan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, jadi dalam program asuransi pendidikan tidak ada pihak perantara seperti LPS.

Pada saat anda berada di bank mungkin anda akan menemui 2 petugas yang bertugas melayani tabungan pendidikan sedangkan yang lainnya melayani masalah asuransi pendidikan. Namun, hal ini bukan berarti bank juga mengeluarkan produk asuransi pendidikan. Namun, bank hanya berperan sebagai agen penjual saja.

Petugas asuransi yang ada di bank tersebut juga bukan pegawai bank, namun merupakan pegawai dari perusahaan asuransi yang ditugaskan untuk memasarkan produknya dengan perantara pihak bank.

  1. Nilai Perlindungan

Jika anda mengikuti program tabungan pendidikan, biasanya anda tidak wajib untuk membayarkan premi alias akan mendapatkan dana tanggunggan secara gratis yang dapat diberikan oleh pihak bank namun dana yang diberikan biasanya relatif lebih kecil atau sangat sedikit sekali.

Dengan alasan ini manfaat asuransi pendidikan dirasa lebih baik jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan buah hati anda. Hal ini berbeda dengan asuransi pendidikan yang memiliki jumlah pertanggungannya yang jauh lebih besar karena anda wajib membayar premi.

Apabila anda menanyakan mana yang lebih unggul antara keduanya, anda bisa mempertimbangkannya dengan memperhatikan beberapa hal berikut mengenai tabungan pendidikan dan asuransi pendidkan:

  1. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan cocok digunakan bagi anda yang ingin menginvestasikan dana anda jangka pendek yakni pada umumnya hanya dalam wakti 2 hingga 5 tahun. Tabungan penidikan tidak memberikan bunga yang besar, namun anda hanya akan dikenakan biaya administrasi. Namun, walaupun basicnya adalah produk tabungan, dalam produk ini juga ada kombinasi manfaat asuransi didalamnya misalnya asuransi jiwa atau asuransi kesehatan.

Dalam hal ini, apabila anda sebagai nasabah meninggal dunia, ahli waris anda akan mendapatkan dana sebesar nominal yang tercantum di dalam kontrak yang anda. Selain itu, hal ini juga akan melindungi agar risiko kematian yang mengakibatkan berhentinya setoran rutin tabungan anda dapat diantisipasi. Bunga yang diberikan dalam tabungan pendidikan biasanya berkisar antara 3% hinga 6%.

  1.   Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sering dikatakan sebagai tabungan jangka panjang karena pada umumnya asuransi pendidikan memiliki jangka waktu menabung sekitar 10 tahun. Produk asuransi pendidikan memiliki lebih banyak manfaat proteksi dibandingkan tabungan pendidikan. Anda tidak hanya akan mendapatkan asuransi jiwa, namun anda juga akan mendapatkan asuransi kesehatan.

Hal ini akan bermanfaat apabla terjadi risiko sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya rumah sakit karena biaya rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Hal ini karena alokasi dananya sebagian digunakan untuk investasi maka bunga yang didapatkan lebih besar dibandingkan dengan tabungan pendidikan yakni sekitar 15 hingga 23 persen setiap tahunnya.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

      • Melihat Sesuai Kebutuhan

Memilih jasa asuransi pendidikan sesuai kebutuhan untuk jenis asuransi pendidikan yang sudah anda baca di atas, apakah anda ingin menggunkan asuransi Unit Link atau asuransi pendidikan Dwiguna. Dengan meihat masing-masing keunggulan dan kekurangan dari masing-masing jenis produk, Anda akan bisa memilih asuransi pendidikan mana yang pas untuk anda.

      • Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat

Jangan mudah termakan dengan iklan yang serng anda jumpai di internet, Anda juga harus memperhatikan testimoni perusahaan yang akan anda pilih setelah tahu produk asuransi mana yang ingin anda gunakan. Lihat apakah perusahaan asuransi ini mempunyai feedback buruk, dan apa feedback buruk itu. Anda harus mengetahuinya, agar anda tidak kecewa dengan perusahaan asuransi yang menggembar gemborkan janji manis.

      • Pilih Produk Asuransi yang Tidak Dijamin Bank

Hal terpenting yang harus anda tanyakan untuk memastikan apakah produk tersebut termasuk tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Pastikan anda menanyakan apakah produk ini dijamin oelh pihak bank atau tidak. jika petugas menjawab tidak, sudah dapat dipastikan bahwa produk ini bukan merupakan produk tabungan pendidikan.

Kemungkinan produk ini merupakan produk asuransi pendidikan yang termasuk jenis asuransi pendidikan unit link. Namun sebaliknya jika produk tersebut merupakan produk yang dijamin oleh bank, maka dapat dipastikan produk ini merupakan produk tabungan pendidikan.

      • Tingkat Keuntungan yang Diberikan

Hal lainnya yang harus anda perhatikan sebelum memilih produk asuransi pendidikan adalah mengenai tingkat return yang akan diberikan oleh pihak asuransi. Setelah anda mengetahui mengenai manfaat asuransi pendidikan, selanjutnya anda bisa menanyakan mengenai return atau tingkat pengembalian yang akan diberikan sudah pasti atau tidak.

Jika pihak penyedia produk menjawab return yang akan diberikan sudah pasti, maka sudah dapat dipastikan itu merupakan produk tabungan pendidikan. Hal ini karena produk asuransi pendidikan tidak memberikan return atau tingkat pengembalian secara pasti. Produk asuransi pendidikan seperti unit link menawarkan hasil return yang tidak pasti, hal ini tergantung pada kinerja dari investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi.

Nah, sekarang sudah mengerti kan mengenai manfaat asuransi pendidikan apa saja yang akan anda dapatkan saat anda memutuskan untuk mengikuti program ini. Tertarik untuk berinvestasi pada produk asuransi pendidikan? Semua tergantung pada keputusan anda. Sekian informasi mengenai manfaat asuransi pendidikan yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

2018-04-11T00:57:20+00:00

Leave A Comment

seven + one =

Tunggu !
Sebelum pergi, Daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can unsubscribe anytime
close-link