Manfaat Asuransi yang harus Anda ketahui

Asuransi atau insurance yang mempunyai arti sebagai jaminan dan juga perlindungan merupakan perjanjian antara pihak penanggung dan tertanggung dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada pihak yang tertanggung yang mewajibkan membayar premi asuransi, memberikan penggantian atas kerugian, kerusakan dan juga kehilangan keuntungan yang seharusnya didapatkan karena adanya suatu peristiwa atau kejadian yang tidak terduga. Sehingga, ada banyak sekali Manfaat Asuransi yang bisa didapatkan oleh seseorang yang sudah Sadar Asuransi.

Minat masyarakat terhadap adanya program asuransi masih terbilang rendah. Di era sekarang program asuransi bagi sebagian masyarakat Indonesia masih belum begitu akrab khususnya bagi masyarakat kalangan menengah kebawah, namun di beberapa negara  yang sudah maju, mempunyai asuransi merupakan hal yang wajib dan merupakan hal yang umum bagi semua kalangan.

Semua orang pasti tidak menginginkan yang namanya musibah. Di zaman sekarang, sangatlah disayangkan apabila mengeluarkan uang jutaan rupiah buat biaya ke rumah sakit. Oleh sebab itu dengan adanya asuransi, kita bebas biaya atau setidaknya bisa meringankan biaya apabila kita maupun keluarga kita terjadi hal yang buruk. Jadi sebelum hal yang buruk itu terjadi alangkah baiknya jika kita harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasinya. Asuransi adalah salah satu solusinya dan ketika anda telah memahami pentingnya dan manfaat asuransi, pastilah anda akan bergegas untuk memilikinya.

Manfaat Asuransi Secara Umum

Manfaat Asuransi Secara Umum

Ketika kita mendengar kata asuransi, banyak orang yang akan tertarik untuk memilikinya, namun bagi masyarakat yang awam terhadap asuransi pastinya akan acuh mengenai asuransi. Asuransi sangatlah penting bagi kehidupan kita sehari-hari sebab asuransi mempunyai manfaat yang jika kita berpikir dengan sebenarnya asuransi merupakan salah satu kebutuhan.

Bagi masyarakat kalangan menengah kebawah, banyak yang masih mempercayai bahwa asuransi adalah akal-akalan perusahaan saja. Masyarakat tersebut lebih memilih menabung uangnya di bank atau dirumah dibandingan apabila digunakan untuk membayar premi asuransi.

Padahal menurut negara-negara yang sudah maju, asuransi dijadikan sebagai payung dikala hujan. Sedia payung sebelum hujan ini sangatlah penting sebenarnya untuk melindungi dan juga mempermudah ketika yang kita asuransikan mendapat masalah atau sebuah musibah. Kita sebagai manusia yang awam tidak akan tahu bagaimana kedepannya, oleh sebab itu dengan adanya asuransi bisa kita jadikan penyelamat apabila suatu saat nanti terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Asuransi akan memberikan perlindungan bagi kita terhadap ketidakpastian dimasa depan. Asuransi hendaknya kita punyai sebelum terlambat, terlambat disini dalam artian hal-hal yang tidak diinginkan telah terjadi.

Berikut ini akan dijelaskan manfaat asuransi secara singkat

  1. Asuransi dapat memberikan rasa tenang dan juga aman

Manfaat asuransi yang pertama adalah asuransi dapat memberikan kita rasa tenang dan juga aman. Ketika kita sudah mempunyai asuransi, kita akan dapat merasa lebih tenang dan juga aman akan ketidakpastian yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Kita sebagai manusia tidak pernah tahu kemungkinan yang akan terjadi esok hari. Setiap harinya kita akan melewati kemungkinan peristiwa yang dapat menuntut kita untuk mengeluarkan pengeluaran yang tidak terduga.

Apablia kita sudah mempersiapkan segala sesuatu terhadap resiko kerugian yang diakibatkan dari adanya kejadian yang tidak terduga tersebut, kita dapat minimalisirnya dengan mudah. Kehadiran program asuransi ini dapat menyediakan layanan yang bisa memberikan jawaban dan juga meringankan beban ketika kita mengalami kejadian yang tidak terduga dimasa yang akan datang.

  1. Asuransi sebagai investasi dan tabungan

Manfaat asuransi yang kedua adalah asuransi sebagai investasi dan juga tabungan. Dengan kita mendaftarkan asuransi sebagai nasabah disuatu perusahaan penyedia layanan jasa asuransi, kita akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak anda. Asuransi yang diperuntukkan investasi yang juga memberikan kelonggaran dan juga fleksiblitas dalam hal memilih masa pertanggungan. Nantinya biasanya akan ada tiga macam pilihan waktu masa pertanggungan yakni 5, 7 dan 10 tahun.

  1. Asuransi dapat membantu mengelola keuangan

Manfaat secara umum dari adanya asuransi adalah untuk membantuk dalam hal mengelola keuangan. Dengan adanya premi asuransi mau tidak mau kita harus cermat dalam hal mengalokasikan penghasilan untuk beberapa pengeluaran sehingga dengan begini kita harus bijak dalam mengelola keuangan kita. Kewajiban membayar premi asuransi ini yang dilakukan secara rutin akan memaksa kita untuk menyediakan dana cadangan yang nantinya kita pakai apabila terjadi peristiwa yang didak terduga dikemudian hari.

Apabila peristiwa yang tidak terduga itu benar-benar terjadi yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya yang lumayan besar, dengan adanya asuransi dapat membantu kita untuk dapat mengurangi pengeluaran kita yang biasanya jumlahnya lebih banyak daripada pengeluaran harian atau bahkan pengeluaran bulanan kita.

Dengan adanya asuransi kita tidak perlu mengeluarkan biaya penuh kerugian anda sebab dari pihak penyedia asuransi akan memberikan penggantian atau ganti rugi akibat adanya peristiwa yang tidak terduga tadi. Oleh sebab itu dengan adanya asuransi sangatlah menguntugkan bagi kita semua, khususnya keuntungan kedepannya.

  1. Asuransi dapat memberikan jaminan dari setiap resiko kerugian nasabah

Manfaat secara umum dari adanya asuransi adalah unutk meminimalkan adanya kerugian. Sesuai dengan dengan jenis dari asuransi, fungsi dari kepemilikan asuransi adalah dapat membantu pihak pemegang polis agar dapat meminimalkan adanya kerugian dari adanya peristiwa yang tidak terduga seperti terjadinya kecelakaan, bencana dan juga biaya rumah sakit.

Setiap asuransi akan memberikan perlindungan nasabahnya terhadap adanya kerugian yang dialami oleh nasabah tersebut asalkan nasabah tersebut membeli asuransi pada perusahaan dengan sistem yang benar dan juga peraturan yang jelas, investasi kita pasti tidak akan sia sia sebab pihak asuransi akan melindungan nasabahnya apabila kelak nasabahnya terkena musibah atau bencana.

Contoh kasus dari meminimalkan kerugian adalah ketika kita mempunyai rumah dengan harga Rp.5 milyar dan juga kita mempunyai investasi berupa bangunan yang dijadikan persewaan kontrakan. Anda hanya memberikan proteksi lebih kepada rumah anda sedangkan pada bangunan yang dijadikan persewaan kontrakan tidak. Apabila terjadi bencana yang menyebabkan rusaknya rumah anda, anda akan mendapatkan penggantian biaya dari pihak penyedia layanan asuransi.

Namun beda lagi dengan bagunan yang dijadikan persewaan kontrakan, apablia nantinya bagunan persewaan kontrakan tersebut rusak akibat suatu bencana kita akan rugi besar sebab bagunan tersebut tidak kita asuransikan. Bukan itu saja, kita juga akan menanggung kerugian akibat kerugian kehilangan barang-barang milik penghuni kontrakan tersebut. Dari contoh kasus diatas dapat kita lihat bagaimana pentingnya adanya asuransi sebagai jaminan perlindungan dan juga jaminan keamanan bagi kita.

  1. Asuransi dapat mempermudahkan mendapatkan pinjaman dari bank

Manfaat asuransi yang kelima adalah mempermudah mendapatkan pinjaman dari bank. Untuk bisa meminjam uang di bank, ada banyak persyaratan yang banyak dan panjang. Namun ketika kita sudah mempunyai asuransi bagi barang jaminan anda, pihak bank tidak akan berpikir panjang lagi untuk menerima pengajuan anda karena asuransi merupakan perlindungan atas barang anda sehingga lebih aman saat terjadi seuatu masalah dikemudian hari.

  1. Asuransi dapat menutup loss of earning power seseorang atau badan usaha saat tidak bekerja.

Manfaat asuransi yang keenam adalah dapat menutup loss of earning power seseorang atau badan usaha saat tidak bekerja. Ketika seseorang atau badan usaha mengalami masalah mengenai keuangan, pihak asuransi akan siap untuk menanggungnya.

Pihak asuransi akan bersedia untuk menutup semua kerugian yang telah dialami perusahan tersebut ketika perusahaan tersebut tidak lagi berjalan atau berfungsi lagi. Namun tetap menurut peraturan pihak penyedia asuransi yang telah disepakati bersama.

Jenis-Jenis dan Manfaat Asuransi Yang Bisa Anda Gunakan

Jenis-Jenis dan Manfaat Asuransi Yang Bisa Anda Gunakan

  1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini diperuntukkan bagi orang yang menanggung kerugian finansial tidak terduga yang disebabkan oleh resiko kematian atau resiko hidup terlalau lama. Penggunaan asuransi jiwa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pemegang polis untuk mengganti program Jaringan Pengamanan Sosial pemerintah (JSP), ini dikarenakan turut membantu menjaga stabilitas masyarakat dan bukan itu saja ini juga menjadi salah satu sumber keuangan.

Jika sewaktu waktu dalam perjalanan hidup kita mengalami musibah yang fatal yang orang tidak inginkan, misalkan terjadinya kecelakaan dijalan yang berakibat kematian, cacat permanen yang membutuhkan biaya yang besar, disinilah manfaat asuransi jiwa yang kita punyai, karena dengan begitu fokus dari keluarga adalah pada perawatan atau kesembuhan bukan tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar rumah sakit.

  1. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi yang kedua adalah asuransi pendidikan. Asuransi ini juga dikenal sebagai alternatif tabungan pendidikan bagi anak yang direncanakan akan menjadlani masa sekolah di tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. Asuransi pendidikan akan memberikan jaminan biaya pendidikan bagi kita maupun bagi anak kita nantinya. Asuransi ini sangatlah membantu dikarenakan pihak asuransi akan menanggung biaya dalam menempuh pendidikan tertentu.

  1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang ketiga adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini memberikan manfaat bagi pemegang polis atas jaminan biaya kesehatan atau perawatan ketika terjadi kecelakaan atau tertimba musibah. Asuransi ini menjamin ketersediaan dana yang dibutuhkan untuk membiayai kebutuhan kesehatan kita selaku pemegang polis. Setiap musibah seperti kecelakaan, sakit merupakan hal yang tidak direncanakan.

Namun kita juga tidak bisa menebak apa yang akan terjadi dikemudian hari dan juga dampak yang ditimbulkan dari kejadian tersebut. Oleh sebab itulah penyedia layanan asuransi sangatlah penting karena dapat membantu kita dalam menjamin kesehatan seperti biaya rawat inap dan juga biaya operasi. Dengan mempunyai asuransi kita sudah tidak perlu risau maupun bingung lagi soal biaya kesehatan, cukup dengan klaim dan menunjukkan bukti-bukti yang ontentik maka perusahaan asuransi akan membayar biaya rumah sakit tersebut.

  1. Asuransi Properti dan Harta Benda

Jenis asuransi yang keempat adalah asuransi properti dan harta benda. Asuransi ini merupakan asuransi yang  kurang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Asuransi ini memberikan jaminan kepada para nasabah untuk menjaminkan rumah mapun bisnis yang menjadi sub bisnis asuransi properti. Aset seperti rumah, gedung maupun rumah ini dinilai perlu untuk mendapatkan proteksi yang lebih. Harta benda seperti aset diatas tersebut atau yang berhubungan langsung dengan sumber penghasilan kehidupan kita haruslah diamankan.

Dengan kita mendaftarkan asuransi untuk aset tersebut, kita akan mendapat jaminan dari pihak penyedia layanan asuransi apabila suatu saat nanti aset tersebut mengalami kerusakan atau kehilangan. Pihak penyedia layanan asuransi akan memberikan penggantian atau ganti rugi yang dialami pemagang polis terhadap aset tersebut sesuai dengan aturan perusahaan penyedia layanan asuransi.

  1. Asuransi perjalanan

Jenis asuransi kelima adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan kepada para pemegang polis apabila mereka sedang melakukan perjalanan seperti perlindungan biaya medis, kehilangan barang di bagasi, dan juga kehilangan dokumen perjalanan dan masih banyak lainnya.

  1. Asuransi jaminan hari tua

Jenis asuransi yang ke enam adalah asuransi jaminan hari tua. Asuransi ini akan memberikan  kepastian pendapatan setelah nasabah menjalani masa pensiun maupun keluarga nasabah apabila nasabah telah meninggal dunia. Asuransi ini dapat digunakan sebagai pendapatan untuk berbagai macam keperluan dimasa yang akan datang apabila sudah pensiun dari pekerjaan. Asuransi ini juga dapat membantu nasabahnya untuk mewujudkan keinginannya setelah ia memasuki mas tua, sebab dananya tersebut dapat digunakan untuk masa yang akan datang

  1. Asuransi kendaraan bermotor

Jenis asuransi yang ke tujuh adalah asuransi kendaraan bermotor. Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan dari kerugian maaupun kerusakan sepeda motor bagi pemegang polis apabila dikemudian hari kendaraan bermotor tersebut mengalami kecelakaan lalu lintas seperti benturan, tabrakan hingga terperosok, perbuatan jahat dari orang lain, kebakaran maupun pencurian yang menyebabkan  kehilangan.

Hal yang wajib diperhatikan saat membaca polis asuransi

Hal yang wajib diperhatiakan saat membaca polis asuransi

Di dalam program asuransi terdapat yang namanya polis asuransi. Nah disini akan dijelaskan apa itu polis asuransi dan juga hal hal apa saja yang harus di perhatikan saat kita membaca polis asuransi. Polis asuransi merupakan dokumen asuransi yang berisikan kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (pihak apenyedia asuransi).

Polis ini bisa dikatakan sebagai kontrak perjanjian bahwa pihak penyedia layanan asuransi menanggung beberapa kerugian pada nasabah untuk masa yang akan datang apabila suatu saat nanti nasabah tersebut mengalami suatu musibah atau hal yang tidak diinginkan. Saat membaca sebuah polis asuransi, pihak tertanggung (nasabah) harus membacanya dengan teliti dan juga paham akan isi yang ada didalamnya.

Ada beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan oleh nasabah saat membaca polis asuransi tersebut, yaitu sebagai berikut :

  1. Halaman pernyataan

Saat kita sudah membuka polis asuransi tersebut, hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari halaman info pernyataan, sebab halaman ini berisikan info dasar tertanggung dan juga berisi informasi seputar produk yang dipilih, berbagai manfaat utama serta terdapat tambahan dan juga cara mengklaim nilai pertanggungan yang diberikan.

  1. Nama penanggung

Hal kedua yang harus kita perhatiakan adalah terkait nama penanggung. Nama penanggung harus dipastikan bahwa datanya benar dan juga akurat, sebab seringkali pihak yang membayarkan premi bukan yang menjadi pihak tertanggung. Apabila terjadi musibah pada nasabah maka data inilah yang akan menjadi patokan utama pihak asuransi, apabila terjadi kesalahan pada data tertanggung maka klaim akan di persulit untuk dibayarkan.

  1. Konteks pengecualian

Hal ketiga yang harus diperhatiakan adalah konteks pengecualian. Konteks pengecualian ini berisi hal dimana terjadi resiko tertentu sehingga mengakibatkan pihak layanan asuransi tidak akan menanggung kerugian nasabahnya. Contohnya kecelakaan akibat sesuatu yang diluar tanggungan seperti bunuh diri, merusak properti secara sengaja dan  melakukan hal yang melanggar hukum.

  1. Premi

Hal keempat yang harus diperhatikan adalah premi. Nasabah harus memperhatikan ketentuan premi saat pembayaran nantinya yang menyangkut jumlah, waktu, mata uang dan cara pembayarannya. Disini jangan sampai kita melakukan kesalahan. Tetapi apabila nasabah terlambat dalam membayar premi, nasabah akan diberi tenggang waktu selama 1 bulan dari waktu pembayaran.

  1. Prosedur klaim

Hal kelima yang harus diperhatikan adalah prosedur klaim. Hendaknya para nasabah meminta pihak layanan asuransi untuk menjelaskan supaya lebih rinci dan juga lebih jelas. Nasabah juga bisa menanyakan batas waktu dan juga berapa bayak jumlah klaim yang bisa diambil dan juga apakah ada denda atu tidak, dan juga tanyakan berkas-berkas atau dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan klaim.

  1. Potongan biaya

Hal keenam yang perlu diperhatikan adalah biaya. Ini merupakan hal yang penting. Potongan biaya biasa dikenal dengan biaya pemeliharaan yang besarnya tidak tentu. Potongan biaya ini merupakan komisi agen dan juga perusahaan asuransi tersebut.

Sekian dulu pembahasan kali ini tetang manfaat asuransi yang mungkin bisa menjelaskan secara singkat seluk beluk asuransi, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

2018-04-05T12:06:12+00:00

Leave A Comment

one × 1 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link