fbpx
Manfaat Asuransi 2018-10-20T19:28:55+00:00

Manfaat Asuransi

Ketahui berbagai jenis manfaat asuransi yang Anda butuhkan

ISTILAH/ARTI KATA DALAM MANFAAT POLIS ASURANSI

Anda: Pemegang Polis (yang namanya dicantumkan dalam Polis sebagi pihak yang mengadakan pertanggungan dengan penanggung).

Tetanggung: Orang yang jiwanya dipertanggungkan (ditanggung) atas dasar Polis.

Kami/Penanggung: PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Nilai Tunai/Cadangan Dana: Nilai dari saldo Unit atas Polis berdasarkan Harga Unit. Yaitu, bagian dari Premi, yang akan dialokasikan pada Unit berdasarkan Polis setelah dipotong biaya-biaya wajib.

Biaya: Pengeluaran yang dibebankan atas polis termasuk namun tidak terbatas pada, Biaya Akuisisi dan Pemeliharaan, Biaya Asuransi, dan Biaya Administrasi, dengan dimaksud sebagai berikut:
– Biaya Akuisisi dan Pemeliharaan adalah pengeluaran sehubungan dengan permohonan pertanggungan dan penerbitan Polis yang antara lain meliputi pemeriksaan kesehatan, pengadaan Polis dan pencetakan dokumen, pengeluaran lapangan, pengeluaran pos dan telekomunikasi serta remunerasi karyawan dan agen.
– Biaya Asuransi adalah pengeluaran sehubungan dengan pertanggungan yang diberikan.
– Biaya Administrasi adalah pengeluaran sehubungan dengan administrasi Polis.

Uang Pertanggungan: Sejumlah uang yang tercantum dalam Polis yang merupakan nilai dari Pertanggungan.

Manfaat Asuransi: Jenis dan besarnya manfaat asuransi sebagaimana dicantummkan dalam Polis.

Apabila Tetanggung meninggal dalam Masa Asuransi maka Kami akan membayarkan manfaat berupa Uang Pertanggungan sebagaimana tercantum dalam Data Polis atau Endosemen, apabila ada, ditambah Manfaat Nilai Tunai berupa saldo Nilai Tunai dari Polis sampai dengan tanggal disetujuinya klaim dan dikurangi dengan biaya-biaya, apabila ada, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku dalam Polis.

Selama Polis dan Manfaat Tambahan ini berlaku, sepanjang Kami telah menerima dan menyetujui bukti-bukti klaim yang Anda ajukan, Kami akan membayar Uang Pertanggungan ADDB untuk risiko-risiko sebagai berikut:

1. Apabila Tetanggung mengalami Kecelakaan dan dalam jangka waktu 90 hari sejak tanggal terjadinya kecelakaan tersebut Tertanggung meninggal dunia, maka Kami akan membayarkan santunan berupa Uang Pertanggungan ADDB sebagaimana tercantum dalam halaman data Polis/Endosemen.

2. Apabila Tertanggung mengalami Kecelakaan dan menderita:

  • Cacat Tetap Total, yaitu kehilangan atau kehilangan fungsi anggota tubuh yang tidak dapat disembuhkan berupa:
    – kedua tangan pada atau di atas pergelangan tangan (metacarpophalangeal joint), atau
    – kedua kaki pada atau di atas pergelangan/mata kaki (metatarsophalangeal joint), atau
    – kedua mata (penglihatan total kedua mata yang tidak dapat disembuhkan), atau
    – satu tangan pada atau di atas pergelangan tangan (metacarpophalangeal joint) dan satu kaki pada atau di atas pergelangan/mata kaki (metatarsophalangeal joint) dan satu mata, atau
    – satu kaki pada atau di atas pergelangan/mata kaki (metatarsophalangeal joint) dan satu mata, maka Kami akan membayar 100% Uang Pertanggungan ADDB sebagaimana tercantum dalam halaman Data Polis/Endosemen.
  • Cacat Tetap Sebagian, yaitu kehilangan atau kehilangan fungsi salah satu anggota tubuh yang tidak dapat disembuhkan seperti diuraikan di bawah, maka Kami akan membayar Uang Pertanggungan ADDB sesuai persentase sebagai berikut :
    – lengan kanan mulai dari bahu 70% Uang Pertanggungan
    – lengan kiri mulai dari bahu 50% Uang Pertanggungan
    – lengan kanan mulai dari siku 60% Uang Pertanggungan
    – lengan kiri mulai dari siku 50% Uang Pertanggungan
    – tangan kanan mulai dari pergelangan 60% Uang Pertanggungan
    – tangan kiri mulai dari pergelangan 50% Uang Pertanggungan
    – penglihatan sebelah mata 50% Uang Pertanggungan
    – pendengaran kedua belah telinga 50% Uang Pertanggungan
    – pendengaran sebelah telinga 15% Uang Pertanggungan
    – satu kaki mulai dari pergelangan 50% Uang Pertanggungan
    – ibu jari tangan kanan 25% Uang Pertanggungan
    – ibu jari tangan kiri 20% Uang Pertanggungan
    – jari telunjuk tangan kanan 15% Uang Pertanggungan
    – jari telunjuk tangan kiri 10% Uang Pertanggungan
    – jari tengah atau jari manis kanan 6% Uang Pertanggungan
    – jari tengah atau jari manis kiri 5% Uang Pertanggungan
    – jari kelingking tangan kanan 10% Uang Pertanggungan
    – jari kelingking tangan kiri 7% Uang Pertanggungan
    – empat jari-jari tangan tangan kanan 40% Uang Pertanggungan
    – empat jari-jari tangan kiri 35% Uang Pertanggungan
    – empat jari-jari dan ibu jari tangan kanan 60% Uang Pertanggungan
    – empat jari-jari dan ibu jari tangan kiri 50% Uang Pertanggungan
    – seluruh jari-jari kaki dari satu kaki 10% Uang Pertanggungan
    – ibu jari kaki 4% Uang Pertanggungan
    – setiap jari kaki 1% Uang Pertanggungan

3. Manfaat Tambahan sebagaimana dinyatakan diatas dapat dibayarkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Bagi mereka yang kidal, kata ‘kanan’ berarti ‘kiri’ dan demikian pula sebaliknya.
  • Khusus untuk jari tangan atau jari kaki serta ibu jari tangan atau ibu jari kaki, Kami akan membayarkan Maslahat Pertanggungan Tambahan ini secara proposional sesuai dengan jumlah kehilangan anggota ruas jari/ibu jari tersebut akibat kecelakaan.
  • Untuk tiap-tiap Tahun Polis selama Polis dan Pertanggungan Tambahan ini masih berlaku, jumlah seluruh Maslahat Pertanggungan Tambahan yang dapat Kami bayarkan untuk risiko – risiko tersebut adalah maksimal sebesar 100% (seratus persen) Uang Pertanggungan ADDB sebagaimana tercantum dalam halaman Data Polis/Endosemen.
  • Apabila Tetanggung kehilangan fungsi lebih dari 1 (satu) anggota tubuh dalam 1 (satu) Tahun Polis, baik untuk risiko Cacat Tetap Total maupun Cacat Tetap Sebagian maka Kami akan membayarkan Manfaat Tambahaan ADDB atas masing-masing risiko tersebut, dengan ketentuan total Manfaat Tambahan yang dapat Kami bayarkan untuk seluruh risiko tersebut adalah maksimal sebesar 100% (seratus persen) dari Uang Pertanggungan ADDB sebagaimana tercantum dalam halaman Data Polis/Endosemen.
  • Anda hanya dapat mengajukan 1 (satu) kali klaim Manfaat Tambahan ini untuk masing-masing anggota tubuh sebagaimana dimaksud diatas.
  • Kami tidak akan menanggung risiko Cacat Tetap Total maupun Cacat Tetap Sebagian yang terjadi sebelum atau pada tanggal mulai berlakunya Polis Dasar atau Manfaat Tambahan ini.

Pertanggungan Tambahan Total Permanent Disability (selanjutnya disebut “Manfaat Tambahan TPD”) ini membayarkan kepada Anda Uang Pertanggungan Manfaat Tambahan TPD jika Tertanggung menderita Cacat Tetap Total tergantung dari syarat dan ketentuan yang disebutkan dalam Manfaat Tambahan ini dan Polis Dasar Anda.

ISTILAH MANFAAT TPD

“Cacat Tetap Total” berarti ketidakmampuan Tertanggung untuk ambil bagian dalam pekerjaan untuk mendapatkan suatu penghasilan selama lebih dari 180 hari sebagai akibat dari Kecelakaan, Penyakit atau kehilangan fungsi anggota tubuh seumur hidupnya.

Kehilangan fungsi Anggota Tubuh berarti kehilangan fungsi secara total dan permanen dari anggota-anggota tubuh sebagai berikut:
1. Kedua tangan pada atau di atas pergelangan tangan (metacarpophalangeal joint), atau
2. Kedua kaki pada atau di atas pergelangan/mata kaki (metarsophalangeal joint), atau
3. Kedua mata (penglihatan total kedua mata yang tidak dapat disembuhkan), atau
4. Satu tangan pada atau di atas pergelangan tangan (metacarpophalangeal joint) dan satu kaki pada atau di atas pergelangan/mata kaki (metarsophalangeal joint),
5. Satu tangan pada atau di atas pergelangan tangan (metacarpophalangeal joint) dan satu mata. atau
6. Satu kaki pada atau di atas pergelangann/mata kaki (metatarsophalangeal joint) dan satu mata.

MANFAAT ASURANSI TPD

1. Selama Polis dasar Anda dan Manfaat Tambahan TPD masih berlaku, Kami akan membayarkan Uang Pertanggungan apabila Tetanggung menderita Cacat Tetap Total.

2. Supaya Manfaat Tambahan TPD ini berlaku, Tetanggung harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Cacat Tetap Total terjadi 180 (seratus delapan puluh) hari sejak tanggal terjadinya kecelakaan/penyakit; dan
  • Jika Tertanggung tidak mendapatkan penghasilan dalam waktu 6 (enam) bulan atau pensiun sebelum menderita Cacat Tetap Total maka Tertanggung harus tidak mampu untuk melakukan paling sedikit 3 (tiga) dari 6 (enam) Aktivitas Hidup Sehari-hari, yaitu:
    1. Mandi, diartikan sebagai kemampuan sendiri membersihkan tubuh saat mandi atau menggunakan shower (pancuran) atau membersihkan tubuh menggunakan cara-cara lainnya dengan baik.
    2. Berpakaian, diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk mengenakan, melepaskan, mengencangkan dan melonggarkan segala jenis pakaian.
    3. Menyuap, diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk menyuap makanan yang sudah disiapkan dan terhidang.
    4. Buang Air, diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk buang air di kamar kecil atau jamban, atau setidaknya mampu menahan buang air untuk menjaga tingkat kebersihan diri yang memadai.
    5. Beralih tempat, diartikan sebagai kemampuan sendiri untuk memindahkan tubuh dari tempat tidur ke kursi dengan sAndaran yang tegak.
    6. Berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain pada lantai yang datar tanpa menggunakan kursi roda.
  • Tidak dapat disebut Cacat Tetap Total jika Tertanggung hanya tidak mampu untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti sebelumnya atau jika Tertanggung tidak mampu untuk melakukan pekerjaan dimana latar belakang pelatihan, pendidikan atau pengalaman kerja tidak sesuai; dan
  • Masa Pertanggungan Manfaat TPD ini belum berakhir sesuai dengan Tanggal Akhir Pertanggungan sebagaimana tercantum dalam halaman Data Polis, ketika menderita Cacat Tetap Total.

Pertanggungan Tambahan Critical Illness (selanjutnya disebut “Manfaat Tambahan CI”) ini membayarkan sebesar Uang Pertanggungan Manfaat Tambahan CI jika Tertanggung didiagnosa pertama kali salah satu Penyakit Kritis tergantung dari syarat dan ketentuan yang disebutkan dalam Manfaat Tambahan ini dan Polis Dasar Anda.

1. Selama Polis masih berlaku, Kami akan membayarkan Uang Pertanggungan apabila Tertanggung pertama kali menderita salah satu Penyakit Kritis, dan Penyakit Kritis tersebut terjadi setelah melewati Periode Eliminasi (90 hari sejak tanggal polis mulai berlaku).
2. Pembayaran Maslahat tersebut diatas akan dilakukan setelah diperhitungkan dengan semua pinjaman serta kewajiban-kewajiban lain, apabila ada, dan tidak mengurangi besarnya Uang Pertanggungan.

Pertanggungan Tambahan Payor Benefit (selanjutnya disebut “Manfaat Tambahan Payor Benefit”) ini memungkinkan Anda untuk berhenti membayar Premi Polis Dasar yang akan datang jika Anda menderita Cacat Tetap Total (sebelum mencapai usia 65 tahun) atau didiagnosis pertama kali menderita salah satu Penyakit Kritis tergantung dari syarat dan ketentuan yang disebutkan dalam Manfaat Tambahan ini dan Polis Dasar Anda.

1. Selama Polis dasar Anda dan Manfaat Tambahan ini masih berlaku, apabila Anda menderita Cacat Tetap Total atau didiagnosa pertama kali menderita salah satu Penyakit Kritis, Anda tidak harus membayarkan Premi Polis Dasar:

  • Mulai tanggal jatuh tempo berikutnya setelah klaim berdasarkan Manfaat Tambahan ini disetujui oleh Kami sampai Anda berulang tahun yang ke 65 tahun, tanpa memperhatikan bahwa Anda meninggal dunia sebelum mencapai 65 tahun, dan
  • Premi Polis Dasar yang jatuh tempo akan Kami bayarkan dan Premi Polis Dasar akan digunakan untuk membeli Unit dan alokasi Premi akan berdasarkan alokasi Premi berikutnya dari pembayaran Premi Polis Dasar Anda yang terakhir.

2. Supaya Manfaat Tambahan ini berlaku, Anda harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Cacat Tetap Total atau Penyakit Kritis Anda terjadi setelah melewati Periode Eliminasi; dan
  • Jika Anda tidak mendapatkan penghasilan dalam waktu 6 (enam) bulan atau Anda pensiun sebelum menderita Cacat Tetap Total maka Anda harus tidak mampu untuk melakukan paling sedikit 3 (tiga) dari 6 (enam) Aktivitas Hidup Sehari-hari; dan
  • Tidak dapat disebut Cacat Tetap Total jika Anda hanya tidak mampu untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti sebelumnya atau jika Anda tidak mampu untuk melakukan pekerjaan dimana latar belakang pelatihan, pendidikan atau pengalaman kerja tidak sesuai; dan Anda belum mencapai usia 65 tahun ketika Anda menderita Cacat Tetap Total atau didiagnosa menderita salah satu Penyakit Kritis;
  • Anda harus melanjutkan pembayaran Premi Polis Dasar selama masa tunggu dimana Kami akan membayarkan kembali setelah Kami menyetujui klaim Manfaat Tambahan ini.

Konsultasi Gratis

Dapatkan konsultasi terpercaya sesuai kebutuhan Anda

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link