10 Manfaat Buah Delima dan Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah delima adalah salah satu buah yang sangat terkenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buahnya berasal dari Pakistan, Iran, Afghanistan, dan India Utara. Selain itu, buah delima juga dapat ditemukan di California, Afrika, Asia Selatan, Malaysia dan lain-lain. Buah ini memiliki warna oranye kekuningan, ungu atau merah. Isinya juga berwarna merah muda dan memiliki biji kecil dan balapan manis yang halus.

Buah delima sangat populer di bidang perawatan dan kecantikan karena ia memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Ini sudah didapat sejak ribuan tahun lalu. Mungkin banyak dari kita yang masih belum tahu apa manfaat buah delima. Buah delima adalah salah satu buah yang berasal dari timur tengah, yang biasanya tumbuh di tanah yang gembur tetapi tidak memiliki banyak air. Buah ini memiliki tiga jenis, beberapa berwarna hijau, merah dan putih.

Manfaat buah delima juga sering digunakan untuk salad pada makanan diet atau digunakan sebagai sirup. Seperti makanan alami pada umumnya, manfaat buah delima juga sangat melimpah karena mengandung zat-zat terbaik di dalamnya. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya memberi efek positif pada kesehatan tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan ”

Manfaat Buah Delima dan Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Perawatan Gigi

Salah satu manfaat terbaik delima adalah delima memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu mengurangi efek plak gigi dan melindungi berbagai jenis penyakit mulut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian sudah dilakukan semenjak 2005 silam dan sudah terbukti sampai sekarang jika penderita penyakit jantung koroner bisa rutin mengkonsumsi buah ini dengan sendirinya aliran daran menjadi lancer dan terhindar dari serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa hasil yang dimaksudkan untuk kondisi seperti serangan jantung, sehingga hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

  1. Mengatasi Stenosis Arteri Karotis

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 pada pasien yang terkena stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menunjukkan bahwa segelas jus delima setiap hari selama 50 tahun akan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol pada atherer, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak dipahami dengan jelas untuk kondisi seperti stroke.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Penelitian pada tahun 2006 menemukan bahwa makan 227 jus buah delima setiap hari secara signifikan mengurangi perkembangan kanker prostat pada pria pada pria dengan kanker prostat berulang. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung temuan

  1. Mengatasi Gangguan Perut

Kupas buah delima dan gunakan untuk meredakan sakit perut atau diare yang disebabkan oleh masalah sistem pencernaan apa pun. Minum teh yang terbuat dari daun delima juga dapat membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk mengatasi masalah seperti kolera dan disentri.

  1. Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan di dalam tubuh dengan memakan buah ini dalam bentuk apa pun. Kandungan besi yang ditemukan di delima akan membantu mengurangi gejala anemia seperti pusing, lemah, kehilangan pendengaran dan kelelahan.

  1. Mencegah Osteoarthritis

Buah delima dapat membantu mengurangi penyakit berbagai bentuk termasuk osteoarthritis dan atherosclerosis. Kerusakan pada penebalan atau pengerasan pada dinding arteri sering sekali mengakibatkan tulang rawan seperti persendian bisa pulih dengan rutin mengkonsumsi buah ini. Buah delima dapat mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab yang terkait dengan jaringan ikat di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Dengan tingginya jumlah zat antioksidan, vitamin C, vitamin A dan zat besi yang terkandung dalam buah delima sangat berguna untuk dapat memerangi efek radikal bebas. Dengan demikian, makan buah delima dapat menghentikan kerusakan sel-sel yang pada akhirnya dapat mencegah kanker, terutama pada kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker payudara.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Antioksidan dalam buah delima dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, buah delima akan meningkatkan aliran darah ke jantung, membuat jantung sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

olagen adalah komponen dasar kulit, yang memastikan kulit tetap lembut, halus dan kencang. Senyawa tertentu dalam buah delima akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Ini juga membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel yang menghasilkan elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. Selain itu, buah ini juga menstimulasi proliferasi keratinosit, sel-sel yang membentuk lapisan terluar kulit. Peningkatan jumlah sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik.

Demikian informasi tentang manfaat buah delima dan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat buah delima.

2018-05-24T22:37:11+00:00

Leave A Comment

four + 12 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link