fbpx

7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Perawatan Kecantikan Wanita

Popularitas buah manggis semakin meningkat karena kandungannya yang sehat secara luas dilaporkan pada iklan dan tayangan komersial di televisi. Buah yang dikenal sebagai nama ilmiah Garcinia mangostana disebutkan endemik di Asia Tenggara, yang meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia dan di beberapa daerah di Afrika.

Sebuah kabar baik juga untuk para wanita kalau buah satu ini bukan hanya untuk menjaga kesehatan , namun bisa menjaga kecantikan terutama untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terluhat awet muda terus.. Kekayaannya akan menjadi mafaat yang membuat buah manggis dijuluki The Queen of Tropical Fruits. Nah, apa saja manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh dan wajah?

Mari kita lihat penjelasan lengkap tentang manfaat manggis untuk kesehatan berikut:

1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat buah manggis untuk kesehatan pertama adalah melancarkan peredaran darah di tubuh. Pasalnya, kandungan xanthones dalam buah manggis dapat membantu tubuh Anda dalam menghambat agregasi trombosit – yang bisa menyumbat pembuluh darah. Inilah sebab kemudian memperlancar sirkulasi darah Anda. Tidak hanya itu, kelancaran sirkulasi juga bisa mencegah terjadinya katarak di mata.

2. Menurunkan tekanan darah

Tidak hanya itu, kandungan xanthone dalam buah manggis juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Karena itu, buah dari manfaat buah manggis untuk kesehatan juga bisa dikatakan baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Tidak hanya itu, kandungan xanthone juga baik untuk trombosis Anda.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah manggis untuk kesehatan berikutnya adalah menangkal radikal bebas sebagai penyebab dapat merusak sel-sel tubuh Anda. Kandungan antioksidan – santon – dapat menangkal radikal bebas tersebut, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan xanthone juga dapat membantu memperlambat penuaan, menangkal penyakit, dan mengendalikan penyakit degeneratif, seperti radang sendi atau radang sendi. Hebat, bukan?

4. Mencegah penyebaran kanker

Para peniliti ahli buah juga pernah menyatakan bahwa buah manggis bisa mencegah dan menghancurkan penyebaran kanker, termasuk kanker hati dan payudara. Kandungan xanthone telah terbukti efektif dalam mencegah pembelahan sel kanker payudara sehingga mempercepat kepunahan pada tubuh Anda.

Sebagai penguat fakta ini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada Januari 2004, menyatakan bahwa ekstrak buah manggis memang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dengan mengubah DNA sel kanker tersebut.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan kelima adalah menurunkan berat badan. Alasannya, buah manggis mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 63 kalori dalam setiap 100 gramnya. Buah manggis sangat kaya akan kandungan serta namun tidak  mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga baik untuk diet Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Mengatasi masalah kulit

Tahukah Anda bahwa buah manggis memiliki sifat anti-mikroba dan antibakteri? Kedua sifat ini dikatakan efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, kulit berminyak, dan kulit kering. Tidak hanya itu, buah manggis juga kaya senyawa saton yang dapat memperbaiki sel yang rusak dan menyembuhkan penyakit kulit. Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya juga baik untuk mencegah penuaan dini, lho!

7. Mencegah dan mengobati penyakit jantung

Manfaat buah manggis untuk kesehatan terakhir adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Seperti pada penyebutan sebelumnya jika manfaat dari  xanthone pada buah manggis adalah untuk menghancurkan kotoran penyumbat pada  sirkulasi darah. Nah, penyumbatan adalah penyebab paling umum penyakit jantung. Karena itu, jika peredaran darah Anda lancar, akan lebih sedikit risiko Anda terkena penyakit jantung.

Perhatian!

Efek samping buah manggis

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa xanthone dapat mengganggu pembekuan darah normal. Tidak terjelaskan tentang substansi xanthones di manggis apakah dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah (seperti warfarin) atau tidak, juga dapat menyebabkan perdarahan.

Studi ini juga mempublikasikan penggunaan xanthone dalam dosis tinggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi. Xanthone dapat menyebabkan kelebihan sedasi ketika dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainnya. Selain itu ada juga potensi keracunan dalam dosis yang lebih tinggi, objek penelitian ini masih ada hewan, tidak dilakukan pada manusia.

Selain buah asam manis, manggis juga memiliki banyak sifat yang dapat memaksa Anda menjadikannya salah satu obat pilihan untuk penyakit Anda. Tetapi apa pun itu pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter yang terkait sebelum mencoba menggabungkannya dengan penyakit Anda.

2018-06-17T17:39:19+00:00

Leave A Comment

three × one =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link