10 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tentunya semua orang akrab dengan buah rambutan. Buah ini marupakan tanaman buah tropis  paling  banyak dijumpai dimanapun, karena mudah ditemukan jika musim telah tiba. Rambutan dapat dengan mudah tumbuh di hampir setiap wilayah di Indonesia. Hampir semua orang menyukainya, karena banyaknya manfaat buah rambutan.

Buah rambutan memiliki rasa unik yaitu perpaduan rasa manis dan asam. Bagi sebagian orang ada yang menganggap bahwa warna rambutan merah menandakan rasa manis tapi nyatanya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, selain merah ada juga rambutan berwarna merah kekuningan yang rasanya tak kalah manis.

Buah Rambutan ini lebih enak jika dikonsumsi langsung karena memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan buah-buahan tropis lainnya. Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan dan manfaat buah rambutan setara dengan apel dan jeruk. Berikut manfaat manfaat dari buah rambutan untuk kesehatan dan kecantikan silahkan Anda perhatikan baik baik.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Kesehatan Ginjal

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan salah satunya adalah untuk ginjal. Ginjal adalah organ penting berfungsi sebagai detoksifikasi. Di dalam ginjal mungkin ada racun yang tertinggal. Karena itu, kandungan fosfor dan mineral dalam rambutan dapat membersihkan racun di dalam ginjal.

2. Mencegah Sel Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan. Penyakit yang satu ini sangat sulit untuk disembuhkan sehingga banyak memakan korban. Sebelum terlambat, Anda harus mencegahnya dengan makan buah rambutan secara teratur. Karena selain enak dan nikmat buah ini juga bisa menjaga kesehatan sebelum terjangkit penyakit mematikan tersebut.

3. Mengobati Hipertensi

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan lainnya adalah mengobati hipertensi. Penyakit ini sering menjadi momok menakutkan terutama bagi orang tua. Jika hipertensi dibiarkan maka akan berdampak pada kesehatan jantung. Jadi, untuk mengurangi penyakit hipertensi Anda bisa mengonsumsi buah rambutan daripada bahan kimia.

4. Mengobati Penyakit Inflamasi

Penyakit radang dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Dapat sakit tenggorokan, radang sendi sampai pneumonia. Penyakit radang tidak bisa dianggap remeh, karena kalau dibiarkan itu akan bertambah parah. Untuk mencegahnya Anda bisa mengonsumsi buah rambutan.

5. Mengobati Anemia

Banyak orang meremehkan penyakit satu ini. Padahal jika tidak segera diatasi maka tubuh akan lebih lemah. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengonsumsi buah rambutan. Dalam buah rambutan ada kandungan zat besi tinggi yang berguna untuk meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol

Usia rata-rata orang tua mengalami masalah kolesterol. Pola makan tidak teratur dan sering makan makanan berlemak dapat menyebabkan kolesterol. Dianjurkan makan buah rambutan, karena buah ini mengandung kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh.

7. Obat Diare

Penyakit diare dapat dianggap sebagai penyakit ringan. Namun, diare akan bertambah buruk jika terus menerus kekurangan cairan yang bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk menyembuhkannya bisa dengan bahan alami seperti mengonsumsi buah rambutan. Dengan mengonsumsi buah rambutan, organ pencernaan akan terlindungi.

8. Mengobati disentri

Disentri adalah penyakit disebabkan oleh infeksi usus yang menyebabkan diare yang disertai lendir dan pendarahan. Untuk mengobati disentri, Anda bisa menggunakan kulit rambutan yang telah dicuci bersih, lalu direbus. Minum air rebusan dua kali sehari agar penyakit disentri bisa sembuh.

9. Turunkan Demam Pada Anak

Jika si kecil demam coba manfaatkan kulit rambutan. Caranya cukup dengan mencuci rambutan kering, lalu direbus dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan rambutan kulit tiga kali sehari sampai demam mulai turun.

10. Mengobati Diabetes

Tidak hanya buah dan kulit yang bermanfaat untuk kesehatan, biji buah rambutan juga terbukti memiliki manfaat untuk mengobati diabetes. Caranya, ambil biji rambutan kemudian dicuci hingga bersih, lalu panggang tanpa minyak dengan api kecil. Biji rambutan tumbuk hingga halus sebelumnya sudah dipanggang, lalu bubuk diseduh dengan air panas.

Semua itu tadi Adalah manfaat dasar dari buah rambutan masih banyak lagi manfaat lain yang tidak mungkin untuk kami sebutkan secara menyeluruh dan detai. Di dalam rambutan mengandung nutrisi dan vitamin dibutuhkan untuk tubuh. Demikian informasi tentang manfaat buah rambutan dari buah hingga daun. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal mengkonsumsi secara teratur tetapi tidak berlebihan.

2018-06-17T17:40:54+00:00

Leave A Comment

9 − 7 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link