17 Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan Anda. Apa saja manfaat daun sirsak dan kandungan apa saja yang membuatnya begitu berkhasiat? Mari baca panduan lengkap dari kami berikut ini!

Kandungan Gizi dari Daun Sirsak

Antioksidan

Daun sirsak ternyata mengandung banyak unsur antioksidan. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan adanya berbagai senyawa penting semacam polifenol, saponin, dan bioflavonoid di dalamnya. Antioksidan ini punya banyak manfaat, terutama bisa melindungi badan Anda dari ancaman kesehatan yaitu radikal bebas dan banyaknya bahaya penyakit lain yang bisa juga menyerang kesehatan Anda.

Acetogenin

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jerry McLaughlin dari Amerika Serikat, ternyata terdapat kandungan acetogenin di daun sirsak. Zat ini sebenarnya memiliki sifat antikanker yang amat kuat. Acetogenin itu sendiri merupakan kumpulan senyawa aktif yang bisa beraktivitas sitotoksik dalam tubuh Anda. Bagaimana caranya? Dengan menghambat transportasi Adenosina Trifosfat (ATP). ATP itu merupakan energi yang dibutuhkan sel kanker agar bisa berkembang. Jadinya, produksi energi di dalam sel kanker ataupun tumor di dalam tubuh Anda akan berhenti dan sel kanker tersebut mati.

Adriamycin

Daun sirsak juga mengandung Adriamycin. Senyawa ini sanggup menghambat proses pembelahan DNA yang ada pada sel kanker, sehingga sel kanker itu jadi sulit untuk tumbuh ataupun berkembang. Adriamycin juga bisa kasih perlindungan lebih bagi sistem imun tubuh Anda sekaligus mencegah timbulnya infeksi mematikan di tubuh Anda jika ada luka.

Berikut, kami akan membahas lebih lanjut berbagai manfaat daun sirsak yang bisa peroleh sebagai khasiat daun sirsak. Simak lebih lanjut!

Manfaat Daun Sirsak bagi Tubuh

1.Mencegah dan Mengobati Kanker

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya pada bagian Kandungan Gizi dari Daun Sirsak. Daun sirsak ini memang memiliki kandungan antikanker yang sangat kuat sehingga bisa mematikan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh Anda.

2.Mengobati Diabetes

Batas kadar gula normal di dalam darah Anda seharusnya kisaran 70 mg hingga 120 mg. Nah, nutrisi dalam daun sirsak juga diyakini mampu menstabilkan kadar gula darah Anda sehingga tak terlalu tinggi dan Anda tidak mengidap diabetes.

3.Mengobati Asam Urat

Konsumsi daun sirsak juga ternyata bisa bantu Anda dalam mengobati asam urat yang diderita. Di pasaran memang sudah banyak obat-obatan dijual yang terbuat dari kandungan daun sirsak untuk dijadikan obat asam urat.

4.Meredakan Nyeri Punggung

Sakit di bagian punggung sering dialami terutama pada saat sedang berolahraga. Atau, bisa juga kerap terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia Anda mungkin saja terkena efek sampingnya, inilah mengapa daun sirsak sebagai obat alami menjadi pilihan lebih baik.

5.Meningkatkan Sistem Kekebalan pada Tubuh

Kandungan nutrisi dari daun sirsak ini diyakini mampu tingkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda terhindar dari infeksi ketika terjadi luka pada tubuh Anda.

6.Membasmi Kutu dan Hilangkan Ketombe di Kepala

Daun sirsak ternyata bisa jadi amat beracun bagi serangga atau parasit, berbeda dengan manusia jika mengkonsumsinya. Jika Anda ingin basmi kutu dan menghilangkan ketombe, Anda bisa oleskan tumbukkan daun sirsak ke kulit kepala Anda.

7.Mengatasi Rematik

Penyakit rematik kerap dialami oleh orang yang berusia lanjut, rematik ini sebabkan rasa nyeri yang hebat di bagian tubuh tertentu. Daun sirsak bisa jadi obat herbal yang bagus untuk meredakan nyeri itu.

8.Mencegah Berkembangnya Tumor

Daun sirsak juga tergolong efektif dalam menghambat pertumbuhan/perkembangan tumor.

9.Mengobati Bisul

Anda bisa saja mengalami bisulan pada area kulit tertentu di tubuh Anda, nah daun sisrsak ternyata juga bisa mengobatinya. Caranya cukup mudah, ambillah beberapa helai daun sirsak yang masih berusia muda sebanyak 5 hingga 10 lembar, haluskan secukupnya, lalu Anda tempel di tempat yang terkena bisul sampai bisul itu kempes dan pelan-pelan mengering.

10.Mengobati Penyakit Eksim

Eczema atau bahasa umumnya Eksim, adalah kelainan/penyakit kulit. Eksim ini berupa kelainan kulit yang jadi basah atau kelainan kulit yang terlalu kering. Anda bisa manfaatkan khasiat daun sirsak sebagai masker. Caranya? Haluskan terlebih dahulu dan oleskan pada bagian kulit itu. Lakukan dua kali sehari dengan rutin. Olesan ini juga bisa mengurangi rasa sakit yang timbul dari Eksim itu sendiri.

11.Membersihkan Komedo di Wajah

Oleskan daun sirsak yang sudah ditumbuk halus ke bagian tertentu di wajah Anda yang ada komedonya.

12.Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol sebaiknya tidak tinggi karena bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh Anda. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, turunkan dengan mengkonsumsi sari daun sirsak. Ketahui cara mengolahnya di bagian berikutnya.

13.Mengobati Kista di Ovarium

Kista ini biasanya dialami oleh kaum perempuan. Kista pada ovarium berupa tumor jinak yang muncul di ovarium. Jika tidak segera diobati, kista sebenarnya bisa berkembang sebagai kanker.

14.Meningkatkan Kesuburan Pria dan Menguatkan Rahim Wanita

Daun sirsak juga bisa meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria, sementara untuk wanita bisa memperkuat rahim.

15.Meredakan Sakit Maag

Ekstrak dari daun sirsak mengandung senyawa aktif α-copaene dan caryophyllene yang berperan dalam mengobati maag. Caryophyllene ini fungsinya untuk anti-inflamasi dan analgesik sementara α-copaene sebagai antioksidasi.

16.Mengobati Diare

Diare ini salah satu masalah gangguan pencernaan yang sering dialami oleh orang – oran, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rebusan daun sirsak terbukti ampuh bisa mengobati diare.

17.Menurunkan Tekanan Darah yang Tinggi

Daun sirsak juga punya kemampuan menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah yang juga berdampak ke penurunan tekanan darah yang tinggi.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak Lengkap

Sebenarnya cara untuk megolah daun sirsak cukup mudah walau harus menghabiskan waktu dan tenaga lebih dibanding dengan minum suplemennya yang dijual di pasaran. Namun Anda tentu akan mendapati khasiatnya lebih terasa dengan meminum sarinya langsung. Berikut adalah caranya!

  • Coba rebus 10 lembar daun sirsak dengan campuran 3 gelas air mineral.
  • Rebuslah hingga air rebusan yang tersisa hanya 1/2 nya dari volume awal sebelum direbus.
  • Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat/dingin. Minumlah secara rutin.

Ciri Daun Sirsak dan Cara Mendapatkannya

Sirsak dengan bahasa ilmiah latinnya Annona Muricata, adalah tanaman yang tinggin pohonnya dapat mencapai 15 m dan diameter pohonnya bisa sebesar 15 cm. Nah berikut ini adalah ciri-ciri daun dari tanaman sirsak yang bisa Anda olah dan ambil manfaatnya bagi kesehatan!

  • Bentuk daunnya bulat telur dengan panjang daun sekitar 7 hingga 15 cm dan lebar daunnya sekitar 2 hingga 7 cm.
  • Untuk tekstur, di bagian permukaan daun sirsak biasanya terasa halus, lalu daging daunnya agak tebal dan warna dari bagian atas daun sirsak adalah hijau tua sedang pada bagian bawahnya memiliki warna hijau yang lebih muda.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan daun sirsak? Saat ini sudah banyak bentuk suplemen berupa obat atau bahkan teh instan yang dijual secara online dengan kandungan daun sirsak. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukannya di pekarangan rumah Anda atau tetangga dan saudara. Anda tentunya perlu membersihkannya terlebih dahulu dan berusaha untuk mengolahnya sesuai panduan seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya di bagian Cara Mengolah Daun Sirsak.

Jadi silakan sesuaikan dengan keinginan Anda, jika Anda tak ingin menghabiskan waktu dan tenaga cukup beli suplemen yang dijual di pasaran dan konsumsi secara rutin. Merawat kesehatan tubuh memang bukan perkara mudah. Sudahkah Anda berinvestasi dengan tepat bagi kesehatan Anda di masa depan? Mari berkonsultasi dengan kami, kami siap membantu Anda.

2018-07-01T19:09:23+00:00

Leave A Comment

seventeen + 14 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link