fbpx

7 Manfaat Es Batu Untuk Wajah Tetap Kinclong dan Awet Muda

Mempunyai kulit wajah yang halus mulus dan bebas dari berbagai masalah menjadi dambaan setiap wanita. Mereka rela untuk menghabiskan biaya yang tidak sedikit jumlahnya demi melakukan perawatan kecantikan di salon. Dengan tujuan mendapatkan kulit wajah halus dan berseri. Padahal ada cara yang simpel dan relatif murah agar membuat kulit wajah tetap terawat. Dari sekian banyak bahan alami, manfaat es batu untuk wajah menjadi salah satu yang bisa dijadikan sebagai rahasia kecantikan kulit wajah anda.

Bukan cuma dapat memberikan sensasi yang dingin dan menyegarkan di wajah, akan tetapi manfaat es batu untuk wajah juga bisa meredam masalah kulit yang muncul. Dengan demikian penampilan anda bisa terlihat kinclong, awet muda dan lebih menawan. Namun sebelum anda membersihkan wajah dengan es batu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Mengambil Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Sebaiknya anda membersihkan wajah sebelum melakukan terapi dengan es batu ini. Pakailah sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari dinginnya es. Kemudian lapisi es batu menggunakan kantong plastik atau kain. Sebaiknya jangan langsung dioleskan ke wajah anda. Terapi es batu ini jangan dilakukan lebih dari 1 jam. Sebab bisa menimbulkan efek panas di wajah anda. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda buat es batu dari campuran teh hijau, mentimun atau campuran bawang putih.

Di bawah ini merupakan beberapa manfaat penggunaan es batu untuk wajah anda. Diantaranya adalah:

  1. Membuat kulit lebih halus

Setiap malam sebelum anda tidur anda bisa mencoba mencuci muka kemudian mengisi kantong plastik dengan es. Lakukan pijatan lembut pada wajah dan juga leher kurang lebih 3 menit. Anda bisa melakukan ini setiap hari. Dalam beberapa hari saja maka anda bisa melihat hasil yang nyata. Kulit anda bisa menjadi segar dan juga halus. Terapi es batu ini juga bisa mencegah terjadinya kulit keriput dan bisa membantu anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak.

  1. Mengurangi lemak di wajah

Es batu ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi lemak yang ada di wajah. Khususnya jika anda mempunyai banyak lemak di pipi. Caranya mudah, anda cukup mencuci muka dengan es batu setiap seminggu sekali. Hal ini ternyata bisa membantu menjaga sel-sel lemak yang berada di bawah kulit dan bisa membakar lemak yang ada di pipi.

  1. Membantu mengecilkan pori-pori wajah

Jika anda mempunyai masalah dengan pori-pori wajah yang terbuka, maka sensasi dingin dari es batu bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori yang ada di wajah anda. Cara yang anda lakukan cukup mudah. Anda tinggal membungkus es batu menggunakan kapas ataupun kain. Lalu lakukan pijatan secara lembut di bagian wajah dan juga leher. Ini bisa anda lakukan setiap malam sebelum tidur selama 30 hari dan buktikan hasilnya.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat es batu yang baik bagi wajah bisa anda dapatkan dengan melakukan cara berikut. Pemberian es batu di wajah bisa meningkatkan sirkulasi darah. Bila sirkulasi darah anda lancar, maka tanda-tanda penuaan bisa diperlambat. Caranya dengan menggosokkan es batu pada wajah selama 1 menit. Ini bisa anda lakukan setiap 2 kali seminggu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mengurangi bintik wajah dan juga di jerawat

Es batu bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kemerahan yang ada di wajah. Tentu ini sangat efektif untuk jerawat batu, juga bisa menenangkan iritasi. Anda bisa menggunakan es batu setelah melihat jerawat muncul di wajah anda. Dengan demikian anda bisa memperlambat peradangan. Manfaat es batu sendiri untuk wajah sebelum tidur bisa anda dapatkan bila melakukan cara ini dengan rutin setiap malam dan ini adalah cara yang terbaik.

  1. Menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Mata panda biasanya dialami bagi anda yang mempunyai pola tidur kurang teratur. Dengan kurangnya jam istirahat, dapat memicu kelelahan dan juga stres. Sehingga bisa menyebabkan masalah berupa mata panda. Untuk mengatasinya, anda bisa menyeduh teh hijau lalu dibekukan hingga menjadi es batu. Bungkus es batu teh hijau di dalam kain bersih. Lalu usapkan perlahan ke area kantung mata anda, niscaya lingkaran bawah mata bisa memudar.

  1. Mengatasi kulit terbakar matahari

Bila kulit anda mudah terbakar sinar matahari, anda dapat mengatasinya menggunakan es batu. Dingin yang dikeluarkan dari es batu dapat membuat kulit yang terbakar matahari bisa terasa lebih segar dan juga nyaman. Untuk melakukan pertolongan pertama pada kulit yang terbakar matahari sebaiknya anda oleskan air mawar di kulit yang terbakar matahari. Selanjutnya lakukan pengompresan dengan es batu kurang lebih 2 sampai 3 menit.

Bahaya Es Batu Pada Wajah Yang Harus Dihindari

Selain ada banyak manfaat es batu untuk wajah, akan tetapi juga ada bahaya yang ditimbulkan. Dengan demikian, anda harus mewaspadainya. Apa saja itu?

Terlalu sering menggunakan es batu bisa memecahkan kapiler bawah kulit

Pemakaian es batu yang digunakan secara langsung di bagian permukaan kulit dianggap memberikan efek buruk. Salah satunya menyebabkan kapiler bahwa kulit mudah pecah. Hal ini karena permukaan kapiler memiliki lapisan yang cukup sensitif. Sehingga saat es batu menempel pada kulit wajah dalam waktu lama bisa menyebabkan pembengkakan yang serius pada kulit, dan lama-kelamaan bagian kapiler bisa pecah.

Peradangan kulit yang berlebihan

Masalah selanjutnya yang ditimbulkan dari penggunaan es batu pada wajah yang terlalu lama adalah peradangan kulit wajah yang berlebihan. Anda harus mengetahui bahwa es batu dapat membuat kulit meradang. Ini terjadi melalui perubahan warna kulit sehingga akan berakhir dengan kondisi bengkak yang serius. Terlebih lagi bagian kulit bisa saja mengalami pengerasan. Sehingga permukaan kulit menjadi terasa sangat beku. Penggunaan es batu pada kulit wajah juga perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab masing-masing kulit memiliki kondisi yang berbeda. Disamping itu, jika anda mempunyai jerawat kemudian menggunakan es batu, maka kondisi jerawat bisa saja memburuk untuk kulit yang sensitif.

Kulit terasa sangat kering

Untuk jenis kulit normal, masalah seperti ini sering terjadi saat memanfaatkan es batu sebagai cara untuk mengembalikan kelembaban wajah. Penggunaan es batu yang berlebihan malah menimbulkan dampak buruk. Hal ini karena kulit yang sangat kering dan jika terlalu lama dibiarkan bisa membuat permukaan kulit mengelupas. Sehingga permukaan nya terlihat bersisik. Sebaiknya hindari penggunaan es batu secara langsung atau kulit anda bisa terkena iritasi.

Manfaat es batu untuk wajah dan juga bahayanya jika digunakan secara berlebihan tentunya menjadi pelajaran bagi anda untuk menggunakan es batu ini sebagai cara membuat wajah bersih dan awet muda dengan bijak. Gunakan es batu secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan digunakan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan. Untuk itu, gunakanlah segala sesuatu dengan seimbang, dengan demikian anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal.

2018-09-20T13:51:11+00:00

Leave A Comment

3 × three =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link