Membandingkan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Kita semua ketahui pada saat ini biaya untuk pendidikan tidaklah murah bahkan semakin ganti tahun semakin besar biaya yang dibutuhkan. Meskipun akhir-akhir ini pemerintah telah mencanangkan pendidikan gratis untuk anak sekolah, tapi pada kenyataannya pendidikan untuk anak usia sekolah masih cukup mahal apalagi pada jenjang-jenjang tertentu seperti sMA dan kuliah. Oleh karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi pendidikan menjadi salah satu alternatif yang digunakan oleh orang tua untuk kelangsungan sekolah anak mereka.

asuransi pendidikan


Lalu apa sih sebenarnya asuransi pendidikan? Benarkah orang tua perlu untuk jadi nasabah asuransi bagi anak-anak mereka? Apa perbedaannya dengan menabung untuk pendidikan anak?. Mana yang lebih baik mengangsur rasimcan pendidikan anak atau menabung untuk anak di masa mendatang.


Jika dilihat sekilas cara menabung untuk sekolah anak dan asuransi sekolah anak hampir sama karena keduanya bertujuan untuk menyiapkan dana atau uang sekolah anak. Namun pada dasarnya keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mencolok.
Misalnya pada tingkat resiko dan juga karakteristik antara tabungan sekolah dengan asuransi pendidikan.
Berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua jenis tabungan dan asuransi.

Perbedaan bunga
Untuk tabungan pendidikan bunga yang diberikan lebih sedikit, sedangkan untuk asuransi pendidikan pengumpulan dana bisa dibilang lebih besar dari tabungan sekolah dan dana dijadikan stasi misalnya saham.

Tingkat resiko
Untuk tingkat risiko tabungan sekolah dibilang lebih aman karena mempunyai Resiko yang lebih kecil dibanding dengan asuransi pendidikan yang mana Dana nya kau diinvestasikan hingga mempunyai Resiko yang lebih tinggi.

Jaminan pendidikan anak
Pada asuransi pendidikan yang diberikan untuk sekolah anak lebih bagus dan terproteksi misalnya pada jika nasabah meninggal maka ahli waris akan mendapatkan dana tanggungan ditambah dengan hasil investasi dari asuransi tersebut. Nah diatas adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara tabungan dan asuransi diatas.

Artikel ini bisa menjadikan anda mampu memilih mana yang tepat dan mana yang lebih baik yang akan anda ikuti fungsi pendidikan untuk anak atau pendidikan untuk anak. Pastikan anda mendapatkan yang terbaik untuk masa depan pendidikan anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *