fbpx

Mengenal Pasar Modal dan Pasar Uang

Istilah pasar modal dan pasar uang mungin sudah tak asing lagi bagi Anda para pebisnis atau mahasiswa yang belajar di bidang ilmu ekonomi. Bagi Anda yang belum mengenalnya dengan baik dan ingin tahu apa sebenarnya manfaat dari keduanya, silakan baca penjelasan kami berikut ini!

Pasar Modal Panduan dari SadarAsuransi

Apa itu Pasar Modal?

Pasar modal adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan yang tergolong jangka panjang. Instrumen keuangan itu adalah yang bisa diperjual-belikan, baik itu dengan bentuk hutang atau juga modal Anda sendiri, baik yang resmi diterbitkan pemerintah atau juga dari perusahaan swasta yang ada. Pasar modal ini menjadi penghubung antara pihak investor (pihak yang punya sejumlah dana) dengan pihak perusahaan (pihak yang dalam pasar modal membutuhkan pinjaman dana untuk jangka panjang). Jadi, intinya pasar modal ini menjadi salah satu cara bagi perusahaan/pebisnis untuk mendapatkan dana, dengan menjual hak kepemilikan perusahaanya ke publik.

Jenis Instrumen Pasar Modal

Ada beberapa jenis instrumen dari pasar modal yang umumnya dikenali masyarakat, didasarkan pada waktu dan proses perdagangannya. Berikut adalah penjelasan dari keempat instrumen pasar modal!

  • Primary Market

Yang dimaksud dengan Primary Market adalah penawaran saham yang dilakukan oleh emiten. Penawaran tersebut dilakukan sebelum terjadi perdagangan di Secondary Market (pada tahapan berikutnya).

  • Secondary Market

Secondary Market ini berupa perdagangan saham yang sudah berhasil melewati masa penawaran di Primary Market (pada tahap sebelumnya). Saham di pasar pada tahap  ini sudah dijual luas sewaktu melewati masa penjualan dari tahap pertama tadi.

  • Third Market

Third Market menjadi tahap selanjutnya yang berupa tempat perdagangan saham di luar bursa yang ada. Biasanya Third Market ini dikordinasikan oleh pihak Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek. Perdagangannya juga diawasi ketat dan dibina oleh lembaga keuangan resmi dari pemerintah.

  • Fourth Market

Fourth market menjadi tahap terakhir, yaitu perdagangan efek di antara pemegang saham yang ada. Bisa jadi juga merupakan proses pemindahan saham dari pemegang saham ke pemegang saham lainnya, yang biasanya punya nominal besar.

Manfaat Pasar Modal

Menurut Tjiptono dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2006, Pasar Modal punya banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa di antaranya!

  • Memberikan medium untuk investasi buat para investor sekaligus memungkinkan juga adanya upaya diversifikasi
  • Membuat suatu indikator utama untuk tren ekonomi dunia atau negara
  • Memungkinkan adanya alokasi sumber dana dengan maksimal
  • Menjadi alternatif investasi yang bisa memberi potensi keuntungan/benefit dengan resiko yang dapat dikatakan kecil karena bisa diperhitungkan lewat keterbukaan, likuiditas, serta diversifikasi dari investasi yang ada

Pasar Modal Panduan Mendasar dari SadarAsuransi

Apa itu Pasar Uang?

Pasar uang adalah tempat atau medium untuk bertemunya para pemilik dana dengan calon konsumennya yang butuh dana itu. Kegiatannya dilakukan baik bertemu langsung maupun juga lewat perantara (biasanya disebut dengan Broker). Ini dilakukan atas transaksi permintaan atau penawaran (disebut juga Demand/Supply) dana maupun surat-surat yang berharga dengan jangka waktu yang pendek, yaitu umumnya dibawah 270 hari lamanya.  

Ingin tahu bagaimana cara berinvestasi dengan emas terkini? Silakan baca:

Panduan Cara Investasi Emas

Jenis Instrumen Pasar Uang

Ada beberapa jenis instrumen surat berharga yang diperdagangkan di pasar uang, umumnya yang beredar antara lain:

  • Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
  • Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  • Deposito
  • Promissory Notes
  • Treasury Bills
  • Banker’s Acceptance
  • Commercial Paper
  • Call Money

Manfaat Pasar Uang

Berikut adalah manfaat dari pasar uang!

  • Sebagai suatu sumber untuk biaya modal kerja atau juga menjadi suatu investasi jangka pendek buat perusahan/pebisnis. Biasanya dilakukan demi ekspansi usahanya
  • Sebagai suatu fasilitator untuk investor-investor dari luar negeri yang ingin kasih pinjaman untuk jangka pendek ke pengusaha yang ada di dalam negeri
  • Sebagai penghimpun dana dari masyarakat. Bentuknya adalah transaksi perdagangan surat-surat berharga dengan jangka waktu pendek
  • Sebagai penawaran terbuka buat masyarakat dalam ambil andil. Cara berpartisipasinya adalah dengan pembelian Sertifikat Bank Indonesia (BI) dan Surat Berharga Pasar Uang itu sendiri

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Ada banyak perbedaan diantara kedua jenis pasar di atas. Pertama, dari segi waktu, penawaran surat berharga yang dilakuka dalam pasar uang itu dilakukan hanya dengan jangka waktu pendek. Sementara dalam pasar modal, karena yang diperjualbelikan adalah surat berharga yang isinya berupa obligasi atau juga equitas saham, maka penggunaannya untuk jangka waktu yang panjang. Soal tempat juga berbeda. Di Indonesia sendiri, transaksi pasar modal hanya bisa dilakukan di Bursa Efek Jakarta atau bisa juga di Bursa Efek Surabaya. Sedangkan bagi pasar uang sebenarnya tidak ada lokasi transaksi khusus, dan proses transaksinya juga dilakukan hanya memakai alat komunikasi diantara Bank yang ada.

Catatan:

Apakah artikel ini membantu Anda dalam memahami istilah-istilah dalam keuangan atau ekonomi yang ada? Manajemen keuangan memang sangat penting bagi keberlangsungan ekonomi dunia. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memanajemen keuangan Anda dengan baik? Konsultasikan dengan kami untuk mengetahui cara investasi terbaik bagi masa depan Anda!

2018-08-09T16:19:02+00:00

Leave A Comment

2 × two =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link