Ingat, Inilah 9 Nutrisi Wajib yang Dibutuhkan Oleh Penderita Tuberkulosis

Setiap penyakit tentu harus diobati, terlebih penyakit yang tergolong berbahaya seperti tuberkulosis. Selain itu, memberikan asupan nutrisi kedalam tubuh juga penting untuk dilakukan. Nutrisi yang baik akan memberikan stimulasi kedalam agar memperkuat sistem kekebalan. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan kuat menghadapi serangan infeksi, sebaliknya jika sistem imun dalam tubuh lemah, maka bisa memperburuk kondisi penderita TBC.

Oleh karena itu, dengan memberikan gizi dan nutrisi yang seimbang kedalam tubuh penderita pasien, diharapkan tubuh mampu melawan infeksi dengan baik, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan pasien. Berikut ini daftar nutrisi penting yang wajib dikonsumsi penderita tuberkulosis agar cepat sembuh.

Protein

Asupan protein yang rutin kedalam tubuh akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa membantu melawan infeksi dengan lebih baik. Protein juga berfungsi dalam memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang telah rusak. Untuk mendapatkan protein yang berkualitas, pasien bisa mengkonsumsi makanan seperti telur, susu, daging tanpa lemak, ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Seng

Seng merupakan salah satu jenis mineral yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Umumnya, pasien penderita TBC mengalami kekurangan kadar Seng dalam tubuhnya dibandingkan dengan orang sehat. Butuh banyak asupan Seng yang berguna dalam melawan infeksi dan radikal bebas. Seng juga berperan dalam metabolisme vitamin A, sehingga apabila tubuh kekurangan Seng, maka bisa mengganggu retina dan mengurangi konsentrasi plasma retina. Sumber makanan yang mengandung Seng bisa didapatkan dari kerang, kepiting, lobster, ayam, daging, kacang mede, jamur, bayam, bawang putih, kale, brokoli dan susu.

Vitamin dan mineral

Tidak bisa dipungkiri bahwa kedua jenis nutrisi ini sangat penting bagi tubuh manusia, terlebih dalam kondisi tubuh sedang sakit. Vitamin dan mineral sangat berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia, apabila tubuh kekurangan vitamin dan mineral, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Berikut ini vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi penderita TBC.

Vitamin C

Vitamin C yang banyak terdapat pada buah-buahan seperti kiwi, jeruk, melon, jambu dan pepaya atau sayur-sayuran seperti brokoli, kale dan tomat mengandung banyak antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita TBC.

Vitamin D

Vitamin D bisa dengan mudah ditemukan pada sumber makanan seperti minyak ikan, jamur, salmon, makerel, kuning telur, susu dan tofu merupakan salah satu faktor penting dalam melawan infeksi TBC. Berdasarkan riset, penderita TBC memiliki kadar vitamin D yang rendah dalam tubuhnya, oleh karena itu diperlukan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup agar tubuh memiliki kemampuan dalam melawan infeksi bakteri penyebab TBC.

Vitamin A

Vitamin A yang banyak dikenal sebagai vitamin untuk mata, ternyata juga bermanfaat dalam fungsi limfosit T dan B, respon antibodi dan aktivitas makrofag (kesemuanya merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia). Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A bisa didapatkan dari tomat, wortel, bayam, asparagus, seledri, mangga, semangka dan telur. Kadar vitamin A yang cukup dalam tubuh akan memberikan stimulus yang bermanfaat dalam melawan infeksi TBC.

Selenium

Selenium adalah jenis mineral yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga bermanfaat bagi pasien penderita TBC. Sumber makanan yang mengandung selenium bisa didapatkan dari ikan, daging, seafood, roti dan jamur.

Zat Besi

Penderita TBC membutuhkan zat besi yang cukup dalam tubuhnya untuk mencegah anemia. Dalam beberapa riset yang dilakukan, pasien TBC memiliki kadar hemoglobin yang lebih rendah daripada orang sehat. Zat besi bisa didapatkan dari jenis makanan seperti sawi, brokoli, kale, daging merah, dan lain-lain.

Energi

Satu jenis asupan nutrisi yang tidak boleh dilewatkan adalah energi. Pasien penderita TBC membutuhkan asupan energi dalam jumlah yang banyak untuk membantu melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penderita TBC yang memiliki berat badan kurang, bisa memperburuk kondisi penyakit. Penting untuk makan dengan teratur dan dengan porsi yang sudah ditentukan agar tubuh mendapatkan asupan energi yang baik agar kuat melawan infeksi TBC dalam tubuh.

2018-10-08T11:46:14+00:00

Leave A Comment

15 − 7 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link