Penyakit Meningitis: Penyebab dan Cara Pencegahannya

Apakah Anda pernah tiba-tiba merasakan sakit kepala yang hebat, lalu tubuh Anda juga didera rasa lelah, otot-otot yang terasa kaku disertai dengan demam maupun muntah-muntah? Bila Anda merasakan gejala tersebut, maka jangan pernah Anda abaikan. Sebab bisa jadi hal tersebut adalah suatu pertanda virus atau pun bakteri penyakit radang otak atau pun meningitis menyerang Anda.

Perlu Anda tahu bahwasannya penyakit meningitis ini adalah infeksi yang terjadi pada selaput pelindung otak. Yang mana virus dan juga bakteri ini merupakan dua hal yang sebabkan penyakit radang otak. Dua sumber penyakit itu juga mempunyai kadar yang berbeda-beda. Penyakit meningitis atau radang otak ini yang disebabkan bakteri lebih parah bila dibandingkan dengan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Faktor penyebab dan penangangan penyakit meningitis

Bakteri penyebab penyakit meningitis atau radang otak ini biasanya menyerang selaput pelindung otal yang dinamai Neiseeria meningitis. Ia menyebar dengan melalui kontak jarak dekat. Virus meningitis ini umumnya menyebar melalui bersin, batuk, dan juga lingkungan kotor. Biasanya penyakit radang otak pada orang dewasa ini akan sangat sulit untuk dideteksi. Penyakit ini baru akan diketahui setelah dilakukan chech up medis yang berupa pemeriksaan dokter serta pemeriksaan laboratorium, yang meliputi pemeriksaan darah, rontgen, serta pemeriksaan cairan selaput otak. Pengobatan baru dapat dilakukan setelah adanya kepastian dari pihak dokter.

Jika memang terindikasi terserang penyakit radang otak, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memerisakan diri ke dokter. Serangkaian pemeriksaan fisik nantinya akan dilakukan untuk bisa memastikan apakah ada bakteri atau pun virus yang menyerang. Tanda-tanda fisik yang dijadikan sebagai acuan umumnya terdapat ruam di selaput pelindung otak yang jadi pertanda terjadinya infeksi darah.

Pemeriksaan dokter ini nantinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga berjam-jam untuk bisa memastikannya. Mendiagnosa sendiri penyakit radang otak ini akan sangat sulit dilakukan, sebab dari gejalanya saja mirip sekali dengang orang yang sedang terkena flu. Untuk itulah, bila merasakan gejala meningitis, ada baiknya Anda langsung ke instalasi gawat darurat untuk bisa mendapatkan penanganan cepat. Gejala yang harus Anda waspadai diantaranya :

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala secara tiba-tiba
  • Otot leher yang kaku
  • Muntah-muntah
  • Tampak bingung dan kurang respon
  • Sesak napas
  • Sensitif terhadap cahaya

Pencegahan penyakit meningitis

Sekarang ini, perkembangan ilmu dunia kedokteran memang sudah menemukan vaksin untuk mencegah penyakit radang otak atau meningitis tersebut. Vaksin itu bernamakan vaksin meningokokus polysakarida, bisa yang diberikan untuk semua umur serta mampu memberikan perlindugan sekitar 90 hingga 95 %. Akan tetapi, pemberian vaksin ini pun juga tidak bisa bertahan lama. Itu artinya pada rentang waktu tertentu, pemberikan vaksin haruslah diulang lagi. Untuk anak yang masih berusia sekitar 5 tahun ke bawah, vaksin ini dapat memberikan perlindungan paling lama 3 tahun. Sedangkan vaksin pada penyakit meningitis pada orang dewasa dapat lebih lama lagi, yakni 5 tahun.

Walaupun vaksin meningitis atau radang otak ini masih belum dikategorikan sebagai vaksin wajib, akan tetapi ada baiknya setiap individu yang berusia 11 hingga 15 tahun mendapatkan vaksin ini untuk antisipasi pencegahan penyakit radang otak. Disamping itu juga pencegahan personal juga dapat dilakukan sendri dengan cara selalu mnjaga kebersihan lingkungan dan juga badan Anda.

Demikianlah tadi faktor penyebab radang otak atau meningitis dan cara pencegahannya. Semoga bisa bermanfaat.

2018-08-04T21:23:19+00:00

Leave A Comment

two × one =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link