Cara Cerdas Menciptakan Rencana Keuangan Yang Bisa Dicoba

Sebelum kami akan membahas lebih detail tentang cara cerdas menciptakan rencana keuangan pada sebuah bisnis, jika menurut Anda kira – kira seberapa pentingnya sih sebuah perencanaan keuangan pada sebuah bisnis itu?

Perlu Anda tahu nih, bahwa memiliki sebuah perencanaan keuangan pada sebuah bisnis, baik itu untuk jenis bisnis berskala kecil atau pun besar, bahkan bagi pebisnis pemula atau pebisnis profesional tentu saja memiliki peranan yang cukup penting sekali. Alasannya adalah dikarenakan sebuah perencanaan keuangan bisnis dibuat untuk menghindari adanya faktor kerugian yang tak diinginkan. Ada beberapa cara cerdas menciptakan rencana keuangan bisnis yang harus Anda tahu. Apa saja? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Cerdas Menciptakan Rencana Keuangan Yang Bisa Dicoba!

Menghitung biaya setup atau setup cost

Tahukah Anda apa itu setup cost pada sebuah bisnis, baik itu untuk bisnis online maupun offline? Ini merupakan biaya yang digunakan untuk mempersiapkan mesin maupun proses produksi untuk buat suatu pesanan, maupun biaya – biaya yang diperlukan untuk lakukan penyesuaikan pada saat bahan atau barang diproses.

Perlu Anda tahu juga bahwasannya pembuatan perencanaan keuangan pada sebuah bisnis ini biasanya dimulai dengan cara membanding – bandingkan jumlah biaya setup dan jumlah modal investasi untuk jenis bisnis startup. Silakan Anda coba menentukan berapa banyaknya uang yang nanti akan dialokasikan sebagai modal berbisnis, atau pun seberapa besarnya Anda membutuhkan pinjaman uang untuk memulai bisnis?

Biaya setup di awal ini nanti akan mencakup biaya administrasi serta pemasaran bisnis awal, lisensi, biaya pendaftaran, serta legal yang lainnya, biaya peralatan yang dibutuhkan, biaya kebutuhan aset, maupun modal awal bisnis.

Proyeksi laba – rugi dalam berbisnis

Selain hal di atas, buat sebuah proyeksi atau pun jumlah ramalan hasil penjualan serta beban operasi ternyata juga memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk dilakukan para pebisnis. Kami sarankan agar Anda buat proyeksi bisnis untuk 12 bulan ke depannya sejak kali pertama bisnis Anda dijalankan atau beroperasi.

Cara untuk membuat proyeksi pada sebuah bisnis ini sebetulnya cukup mudah sekali, yakni dengan membandingkan potensi pendapatan hasil penjualan atau omzet dan harga pokok penjualan atau cost of goods sold, juga biaya tetap operasional. Tak hanya itu saja, silakan Anda tetapkan pula prakiraan harga penjualan supaya Anda nanti bisa dengan mudah menghitung potensi laba yang didapatkan.

Prakiraan arus kas atau cash flow

Pada sebuah bisnis baru pada dasarnya memang jauh lebih sering membutuhkan uang tunai untuk sekadar membangun kapasitas yang dibutuhkan untuk melayani para konsumen dan pelanggan. Punya prakiraan arus kas pendanaan pastinya penting sekali untuk menghindarkan kekurangan pendaaan di awal berbisnis.

Aktifitas pendanaan dalam arus kas bisnis ini meliputi kegiatan untuk mendapatkan kas dari para investor atau pun kreditor yang dibutuhkan untuk jalankan serta melanjutkan kegiatan perusahaan. Kegiataan pendanaan tersebut diantaranya pengeluaran saham, pinjaman obligasi, pinjaman uang dengan mengeluarkan wesel bayar, penjualan saham perbendaharaan, dan pembayaran terhadap pemegang saham, seperti halnya dividen dan juga pembelian saham perbendaharaan.

Prakiraan neraca saldo pada sebuah bisnis

Tak hanya hal di atas, Anda juga perlu, atau harus banget membuat prakiraan neraca saldo pada sebuah bisnis. Silakan Anda buat prakiraan neraca saldo setelah 12 bulan bisnis Anda tersebut berjalan berdasarkan prakiraan hasil penjualan dan juga prakiraan biaya operasi. Perlu Anda tahu bahwa yang dimaksud dengan prakiraan neraca saldo pada sebuah bisnis ini diantaranya aset, modal, dan saldo pinjaman.

Analisa titik impas atau breakeven point

Pada saat Anda menjalankan bisnis pasti saja Anda harus mengeluarkan biaya untuk produksi. Dengan analisis titik impas ini maka bisa diketahui dengan jelas waktu serta tingkatan harga penjualan yang dilakukan, tidak membuat kerugian, dan pastinya bisa menetapkan penjualan dengan harga bersaing tanpa harus melupakan laba yang ingin dicapai.

Biasanya titip impas pada sebuah bisnis tersebut dibedakan berdasarkan jenis bisnis itu sendiri. Untuk jenis bisnis jasa biasanya menetapkan patokan berdasarkan jumlah rata – rata jam kerja per minggunya. Asumsi yang digunakan biasanya biaya operasi yang memakan sekitar 60 – 70 persen dari keseluruhan pendapatan.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cerdas menciptakan rencana keuangan yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

2018-10-11T09:41:53+00:00

Leave A Comment

1 × 2 =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link