fbpx

Mengetahui Berbagai Macam Tugas Manajer Keuangan dan Tanggung Jawabnya

Pada tiap perusahaan maupun perseorangan, dengan adanya seorang manajer keuangan merupakan suatu hal yang wajib. Tugas manajer keuangan memang dinilai sangat vital sekali di dalam mengatur keuangan dari suatu perusahaan. Bahkan pada saat sebuah perusahaan tersebut tidak mempunyai seorang manajer keuangan, maka bisa jadi Anda semua akan mengalami kesulitan di dalam mengatur kebutuhan yang sebaiknya disiapkan untuk sekarang ini maupun digunakan untuk kebutuhan yang akan datang di masa depan baik dalam jangka panjang dan pendek.

Manajer keuangan juga termasuk salah satu jabatan yang dinilai penting sekali dalam sebuah perusahaan. Sebab, seorang manajer keuangan ini akan dijadikan sebagai ujung tombak yang berkaitan dengan masalah keuangan yang ada. Peran manajer keuangan juga sudah cukup beragam. Semua itu disesuaikan pada ukuran dan kompleksitas di dalam suatu perusahaan. Misalnya saja, di perusahaan yang lebih besar, mungkin manajer keuangan bisa melakukan suatu aktivitas yang terfokus seperti analisis strategi. Aktivitas yang dilakukan ini berfungsi untuk membantu para manajer senior menjadikan keputusan terbaik. Hal ini bisa mencakup interpretasi informasi keuangan serta perkiraan dengan banyaknya tren di masa yang akan datang.

Pada sebuah perusahaan yang lebih kecil, manajer keuangan bisa memiliki tanggung jawab yang jauh lebih luas. Atau bisa juga untuk mengelola semua fungsi keuangan. Beberapa manajer keuangan juga ada yang selalu melakukan pengawasan tim silang fungsi (cross-function) bersama departemen TI serta dengan staf administrasi. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan tersebut berskala kecil. Dengan demikian, masih bisa diatasi oleh satu manajer keuangan.

Tugas Manajer Keuangan

Manajer keuangan sendiri juga termasuk salah seseorang yang memiliki hak untuk mengambil keputusan yang vital pada sebuah perusahaan yang dihadapinya. Keputusan  juga berkaitan dengan berbagai macam hal yang pastinya berhubungan dengan pemasukan serta pengeluaran keuangan pada suatu perusahaan. Tugas manajer keuangan yang paling utama diantaranya yaitu bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan juga bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan. Caranya yaitu dengan memberi nasihat keuangan yang sesuai. Sedangkan untuk tugas manajer keuangan yang lainnya yaitu seperti berikut ini:

  1. Seorang manajer memiliki tugas utama, diantaranya yaitu bekerja sama dengan manajer lainnya. Tujuannya yaitu untuk merencanakan dan juga meramalkan beberapa aspek yang ada dalam perusahaan. Diantaranya termasuk perencanaan umum dari keuangan perusahaan.
  2. Tugas yang selanjutnya yaitu menjalankan dan juga mengoperasikan roda kehidupan dari suatu perusahaan se-efisien dan juga se-efektif mungkin, yaitu dengan cara menjalin kerja sama dengan manajer yang lainnya.
  3. Manajer keuangan juga berperan penting di dalam mengambil suatu keputusan penting dalam investasi dan juga berbagai pembiayaan. Kemudian juga semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.
  4. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan juga merupakan tugas dari seorang manajer keuangan disuatu perusahaan. Disitu sebuah perusahaan bisa memperoleh dana dan surat berharga perusahaan bisa diperdagangkan.

Jadi, secara singkat bisa disimpulkan, jika tugas utama dari manajer keuangan diantaranya yaitu berhubungan dengan keputusan investasi dan juga pembiayaan perusahaan yang sangat berpengaruh dalam laju pertumbuhan suatu perusahaan.

Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Berkaitan dengan tugas manajer keuangan, jadi ada beberapa tanggung jawab yang sebaiknya ditanggung oleh seorang manajer keuangan.

  • Mengambil suatu keputusan yang ada kaitannya dengan investasi
  • Mengambil keputusan yang juga ada kaitannya dengan pembelanjaan
  • Tanggung jawab manajer keuangan selanjutnya yaitu mengambil keputusan yang berkaitan dengan deviden
  • Selain itu, tanggung jawabnya juga untuk merencanakan, mengatur, dan juga untuk mengontrol arus kas dari suatu perusahaan
  • Merencanakan, mengatur, serta bertanggung jawab mengontrol pengembangan sistem dan prosedur keuangan dari suatu perusahaan
  • Merencanakan, mengatur, dan mengontrol mengenai analisis keuangan
  • Merencanakan, mengatur serta mengontrol di dalam memaksimalkan nilai perusahaan.

Seorang manajer keuangan yang ada dalam suatu perusahaan sebaiknya harus mengetahui dengan baik seperti apa tugas dan juga tanggungjawabnya untuk bisa mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Beraneka macam tugas dan tanggung jawab manajer keuangan juga tidak lepas dari pembuatan laporan keuangan yang baik. Sekarang ini, Anda yang dijadikan sebagai manajer keuangan bisa menyusun laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi dari manajemen keuangan bisa untuk merencanakan keuangan yang pastinya ada kaitannya dengan pengeluaran dan juga pemasukan uang yang ada dalam perusahaan dalam periode tertentu. Pada perencanaan tersebut pastinya kedepannya seluruh biaya dan juga pemasukan nantinya akan dirinci satu persatu. Kemudian juga diharapkan agar dapat mengelola keuangan di dalam mencapai tujuan dari suatu perusahaan maupun individu. Memang, terkadang perencanaan keuangan tidak dapat memberikan jawaban yang bersifat umum kepada tiap orang maupun dari tiap perusahaan. Hal tersebut terjadi sebab tiap perusahaan atau individu pastinya punya kondisi, tujuan, serta strategi yang berbeda untuk mengembangkan sebuah usaha.

Di dalam menjalankan tugas manajer keuangan, pastinya sebuah perusahaan akan mengharapkan sesuatu yang lebih baik dari pada keadaan atau kondisi yang sebelumnya. Dengan melalui manajemen keuangan yang bisa efektif dan juga bisa efisien, nantinya sebuah perusahaan atau usaha Anda diharapkan bisa mampu untuk diajak bersaing dengan kompetitor atau perusahaan yang lainnya. Tidak hanya itu saja, dengan melalui manajemen perusahaan yang baik maka pengelolaan dana untuk kegiatan operasionalnya pun juga bisa lebih mudah untuk ditentukan. Dengan manajemen keuangan yang baik, pastinya sebuah perusahaan kedepannya bisa berjalan dengan baik dan tambah mengalami peningkatan.

2018-10-23T21:12:49+00:00

Leave A Comment

1 × five =

Tunggu!
Sebelum pergi, daftarkan emailmu terlebih dahulu untuk mendapatkan update terkini artikel kesehatan & pengertian asuransi.
SUBSCRIBE
Don't worry, we won't spam you & you can always unsubscribe anytime
close-link